Silabus Training :
MANAGEMENT EXPORT – IMPORT
PENDAHULUAN
Kegiatan ekspor-impor adalah kegiatan bisnis yang melibatkan banyak pihak baik dari isntansi pemerintah dan pelaku bisnis dari berbagai sektor , seperti Direktorat Jenderal Bea & Cukai, Direktorat Perdagangang Luar Negeri, Depperindag, Surveyor eksportir, importir, bank,perusahaan perngeluaran barang di pelabuhan, perusahan angkutan, asuransi, , dan lain-lain. Dengan demikian maka banyak peraturan dan prosedur yang harus dilaksanakan oleh eksportir dan importir. Selain itu adanya perbedaan interpretasi bisnis dengan pihak-pihak di luar negeri juga seringkali menjadikan satu hal yang bisa menghambat dalam melakukan kegiatan transaksi ekspor impor yang akhirnya membuat kegiatan ekspor impor menjadi lebih rumit.
TUJUAN TRAINING :
Pelatihan yang akan memberikan ketrampilan serta pemahaman yang mendalam mengenai eskpor impor, memaksimalkan pemanfaatan fasilitas dan kemudahan yang disediakan Pemerintah serta mengupas tuntas prosedur penyelesaian berbagai dokumen commercial, transportasi maupun kepabeanan yang sangat berkait erat dengan besarnya Bea Masuk dan Pajak guna meminimalisir High Cost, resiko serta Biaya tak terduga dalam setiap pengurusan dokumen dan transaksi ekspor impor.
PESERTA YANG MENGIKUTI :
Pelatihan ini sangat dianjurkan untuk diikuti oleh para eksekutif, supervisor, senior staf di bidang ekspor impor dari perusahaan-perusahaan yang melakukan ekspor dan/atau impor, perusahaan pelayaran, pengusaha jasa titipan (ekspedisi), bank, lembaga pembiayaan ekspor impor, Perusahaan Pengurusan Jasa Kepabeanan (PPJK),
CAKUPAN MATERI TRAINING :
1. Kepabeanan (Custom Facility)
• Kemudahan Impor Tujuan Ekspor Pembngkaran/penimbunan di luar kawasan berikat Fasilitas Vooruitslag
• Pelayanan Segera (Rush Handling)
• Fasilitas Jalur Prioritas
• Fasilitas Pemberitahuan Pendahuluan (Prenotification) Fasilitas Fiskal Kepabeanan
• Pembebasan / Keringanan Bea Masuk
• Pengembalian Bea Masuk
• Perlakuan Tarif Preferensi (AFTA), (ACFTA), (AKFTA), (AIFTA)
2. New Incoterms 2010 (Syarat Penyerahan Barang)
• EX Works
• FCA, FAS, FOB CFR, CIP, CPT, CIP
• DAF, DES, DEQ, DDU, DDP
3. Metode Pembayaran Internasional
• Advance Payment Open Account Consignment Collection
• L/C
4. International Transportation
• Shipping Company
• Reguler Liner Service Tramper Service Charter Party
• Shipment ( Pengapalan ) Pengertian dari Shipment
• Pihak yang terlibat dlm shipment
• Tanggung Jawab Dan Kewajiban
5. Transport Documents
• Pengertian
• Bill of Lading (B/L) Master Dan House B/L AWB
• Master Dan House AWB
6. Bill of Lading (B/L)
• Fungsi dari B/L
• Hal yg perlu diperhatikan dalam B/L Cara peralihan / endorsement B/L Pengertian – pengertian :
o Received for Shipment
o Shipped on Board Clean on Board Dirty / Foul (B/L) Shipped on Deck
7. Dokumen Ekspor – Impor
• Dokumen Finansial (Financial Documents) Shipping Documents
• Commercial Invoice
• Packing / Weight List
• Bill of Lading (B/L) Air Way Bill / AWB Marine Insurance
• Certificate of Origin (SKA)
8. Letter Of Credit
• Manfaat Dan Fungsi L/C
• Media atau Sarana yang Dipakai Dalam Penerbitan L/C Dasar Hukum L/C
• Pihak-pihak yang Terkait
• Jenis-Jenis L/C :
o Revocable >< Irrevocable o Sight >< Usance Confirm o >< Unconfirm Restricted o >< Unrestricted o Transferable >< Back to Back L/C Revolvng L/C >< Standby L/C
o Red Clause L/C
9. Prosedur Ekspor Dengan L/C
• Pengertian Dan Persyaratan Ekspor Pajak Dan Pungutan Ekspor
• Tata Cara Perhitungan Pajak Ekspor
• Harga Patokan Ekspor Surat Tanda Bukti Setoran Surat Sanggup Bayar
• Memahami syarat Dan kondisi L/C
• Tata cara memeriksa Dokumen Discrepancies Dan Penanganannya Negosiasi Dokumen Ekspor Collection Basis Diskonto
10. Prosedur Impor Dengan L/C Pengertian Dan Persyaratan Impor Pungutan Negara Dalam Rangka Impor Nilai Dasar Perhitungan Bea Masuk Surat Setoran Pabean Cukai Pajak
• Cara Perhitungan Dan Pembayaran Bea Masuk, Cukai, PPn, PPnBm, PPH 22
• Sales Contract
• Permohonan Pembukaan Dan Perubahan L/C Latihan pengisian pembukaan dan perubahan L/C Penerimaan dan Penanganan Dokumen
• Penyelesaian Dokumen (Akseptasi Dan Pembayaran)
11. Pengeluaran Barang Impor
• Dokumen Pemberitahuan
• Pembayaran Pajak / Pungutan Negara Penetapan Jalur Merah, Hijau Dan Prioritas Pemeriksaan Pabean (Dokumen dan Fisik)
12. Jalur Prioritas
• Pengertian, Kemudahan Dan Manfaat
• Persyaratan, Cara Pengajuan Jalur Prioritas
13. Tata Kerja Penyelesaian Barang Impor Melalui Jalur Merah, Hijau, Kuning dan
• Prioritas
METODE TRAINING
Metode yang digunakan adalah Presentasi, Simulasi (Praktek), dan Studi Kasus
VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)
TRAINING DURATION : 2 hari
WAKTU TRAINING :
Januari 2024 | Februari 2024 | Maret 2024 | April 2024 |
3 Januari 2024 | 5 Februari 2024 | 4 Maret 2024 | 1 April 2024 |
8 Januari 2024 | 12 Februari 2024 | 12 Maret 2024 | 22 April 2024 |
15 Januari 2024 | 19 Februari 2024 | 18 Maret 2024 | 29 April 2024 |
22 Januari 2024 | 26 Februari 2024 | 25 Maret 2024 | |
29 Januari 2024 | |||
Mei 2024 | Juni 2024 | Juli 2024 | Agustus 2024 |
6 Mei 2024 | 3 Juni 2024 | 1 Juli 2024 | 5 Agustus 2024 |
13 Mei 2024 | 10 Juni 2024 | 8 Juli 2024 | 12 Agustus 2024 |
20 Mei 2024 | 19 Juni 2024 | 15 Juli 2024 | 19 Agustus 2024 |
27 Mei 2024 | 24 Juni 2024 | 22 Juli 2024 | 26 Agustus 2024 |
29 Juli 2024 | |||
September 2024 | Oktober 2024 | November 2024 | Desember 2024 |
2 September 2024 | 1 Oktober 2024 | 4 November 2024 | 2 Desember 2024 |
9 September 2024 | 7 Oktober 2024 | 11 November 2024 | 9 Desember 2024 |
16 September 2024 | 14 Oktober 2024 | 18 November 2024 | 16 Desember 2024 |
23 September 2024 | 21 Oktober 2024 | 25 November 2024 | 23 Desember 2024 |
28 Oktober 2024 | 30 Desember 2024 |
HARGA INVESTASI/PESERTA :
1. Rp. 4.500.000/peserta (bayar penuh) atau
2. Rp. 4.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
3. Rp. 3.950.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)
FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
1. Modul Training
2. Flashdisk Training berisi materi training
3. Sertifikat
4. ATK: NoteBook dan Ballpoint
5. T-Shirt
6. Ransel
7. Foto Training
8. Ruang Training dengan fasilitas Full AC dan multimedia
9. Makan siang dan 2 kali coffeebreak
10. Instruktur yang Qualified