Training Syllabus:
MANAJEMEN KONFLIK
PENDAHULUAN :
Konflik merupakan sebuah realitas yang selalu akan melekat di tempat kerja. Hal ini disebabkan oleh adanya berbagai kepentingan individu dan kelompok yang menginginkan cara mereka menjadi pilihan dalam setiap keputusan. Oleh karena itu, sangatlah wajar bila organisasi merasa perlu untuk mengelola setiap konflik menjadi sebuah kekuatan yang mempersatukan setiap perbedaan. Konflik yang dibiarkan berkembang akan menciptakan masalah yang berujung pada pertentangan yang mengancam kekuatan organisasi. Konflik tidaklah boleh menjadi arena saling menghasut untuk mengaburkan visi organisasi, atau pun menciptakan ketegangan yang mengganggu proses kerja organisasi.
Pelatihan manajemen konflik ini dirancang untuk membantu karyawan dan pimpinan agar dapat berpikir dan bertindak secara positif, dan secara cerdas mengelola setiap konflik menjadi kekuatan yang mempersatukan organisasi dan stakeholders dalam satu visi yang terarah kepada sasaran yang tepat.
TUJUAN TRAINING:
1. Membangun kesadaran untuk mengelola benih konflik sedini mungkin
2. Mengembangkan kecerdasan emosi untuk mengendalikan konflik
3. Mengatasi eskalasi konflik dan merubahanya menjadi energi positif
4. Mampu memilih resolusi konflik yang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan untuk mendapatkan hasil yang maksimal
5. Cerdas mengelola emosi diri sendiri dan mempengaruhi orang lain secara emosional ketika dalam konflik
6. Cerdas berinteraksi dengan orang lain dan mampu mengambil langkah yang tepat untuk menghindari konflik
7. Cerdas menegosiasikan atas apa yang diinginkan dan beralih ke hasil menang / menang
8. Mencegah konflik destruktif di tempat kerja
CAKUPAN MATERI TRAINING:
SESI 1: PEMAHAMAN DASAR DAN CARA MENANGANI KONFLIK
Sub Bahasan
• Memahami cara konflik berevolusi
• Baik dan buruk dari konflik
• Siklus hidup konflik
• Meningkatkan daya tahan diri saat konflik meningkat
• Kecerdasan untuk mengelola konflik
• Strategi dan taktik yang berbeda dalam penyelesaian konflik
• Menganalisis konflik berdasarkan manfaat dan kepentingan
• Teknik menghindari konflik
• Proses pemecahan konflik yang efektif
• Resolusi konflik
SESI 2: KECERDASAN EMOSI UNTUK MENGELOLA KONFLIK
Sub Bahasan
• Memahami cara emosi mempengaruhi konflik
• Memahami cara menghindari pengambilan keputusan saat emosi dalam kendali negatif
• Cara menggunakan manajemen kemarahan dalam menyelesaikan konflik
• Serangkaian taktik psikologis dalam mengatasi konflik
• Kecerdasan untuk mengeksploitasi sifat baik diri sendiri
• Emosi-emosi penyebab utama konflik
• Terhubung dan berkomunikasi dengan emosi cerdas kepada
• sesama kolega dan atasan
• Mencerdaskan emosi untuk menjadi lebih produktif dan efektif
SESI 3: PENGENDALIAN DIRI DALAM MENANGGAPI SITUASI KONFLIK YANG MENINGKAT
Sub Bahasan
• Pendekatan yang efektif untuk memenangkan konflik
• Sikap-sikap yang dapat digunakan untuk pengendalian konflik
• Ketenangan dan daya tahan terhadap energi arogansi
• Kemampuan pengendalian diri terhadap pernyataan yang samar-samar
• Menahan serangan yang sifatnya kepribadian
• Cerdas bersikap saat konflik dibesar-besarkan
• Cerdas memahami persepsi yang menciptakan konflik
• Cerdas berinteraksi untuk mencapai perdamaian atas konflik
• Memahami bahwa situasi konflik yang meningkat itu tidak produktif untuk diri sendiri dan perusahaan
SESI 4: CARA BERNEGOSIASI DAN MENCEGAH KONFLIK
Sub Bahasan
• Bernegosiasi secara efektif untuk mendapatkan solusi (win-win)
• Prinsip-prinsip negosiasi
• Cara mengelola konflik
• menggunakan strategi negosiasi mapan untuk menyelesaikan konflik
• Menggunakan pihak ketiga untuk intervensi atas konflik
• Sistem untuk mencegah konflik destruktif
• Sumber daya untuk mengelola konflik secara efisien
• Jenis intervensi dari pihak ketiga untuk menyelesaikan konflik
METODE TRAINING:
Fokus pada pelatihan aktif, presentasi, interaktif, diskusi kelompok, brainstorming, bermain peran, berpikir kreatif, simulasi, belajar dalam kompetisi permainan, studi kasus, latihan, bimbingan, diskusi, perenungan, experiential learning, icebreaker.
VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)
TRAINING DURATION : 2 days
TRAINING TIME :
Januari 2024 | Februari 2024 | Maret 2024 | April 2024 | |
3 Januari 2024 | 5 Februari 2024 | 4 Maret 2024 | 1 April 2024 | |
8 Januari 2024 | 12 Februari 2024 | 12 Maret 2024 | 22 April 2024 | |
15 Januari 2024 | 19 Februari 2024 | 18 Maret 2024 | 29 April 2024 | |
22 Januari 2024 | 26 Februari 2024 | 25 Maret 2024 | ||
29 Januari 2024 | ||||
Mei 2024 | Juni 2024 | Juli 2024 | Agustus 2024 | |
6 Mei 2024 | 3 Juni 2024 | 1 Juli 2024 | 5 Agustus 2024 | |
13 Mei 2024 | 10 Juni 2024 | 8 Juli 2024 | 12 Agustus 2024 | |
20 Mei 2024 | 19 Juni 2024 | 15 Juli 2024 | 19 Agustus 2024 | |
27 Mei 2024 | 24 Juni 2024 | 22 Juli 2024 | 26 Agustus 2024 | |
29 Juli 2024 | ||||
September 2024 | Oktober 2024 | November 2024 | Desember 2024 | |
2 September 2024 | 1 Oktober 2024 | 4 November 2024 | 2 Desember 2024 | |
9 September 2024 | 7 Oktober 2024 | 11 November 2024 | 9 Desember 2024 | |
16 September 2024 | 14 Oktober 2024 | 18 November 2024 | 16 Desember 2024 | |
23 September 2024 | 21 Oktober 2024 | 25 November 2024 | 23 Desember 2024 | |
28 Oktober 2024 | 30 Desember 2024 |
INVESTMENT/PERSON :
1. Rp. 4.500.000/person (full fare) or
2. Rp. 4.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
3. Rp. 3.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)
FACILITIES FOR PARTICIPANTS:
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with Full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
10. Qualified Instructor