MANAJEMEN PENGEMBANGAN PRODUK

Silabus Training :
MANAJEMEN PENGEMBANGAN PRODUK

LATAR BELAKANG:
Dewasa ini perusahaan dituntut untuk selalu kreatif dan inovatif dalam menghadapi dinamika perubahan lingkungan usahanya. Kemampuan perusahaan untuk bersikap adaptif dan proaktif tersebut salah satunya diukur melalui kompetensinya dalam menghasilkan produk baru yang sesuai dengan tuntutan, keinginan, dan harapan konsumen atau penggunanya. Padahal, pengembangan produk baru bukanlah pekerjaan yang mudah untuk dilakukan karena berbagai faktor dapat mempengaruhi tingkat keberhasilan pencapaian target yang diinginkan, seperti evolusi keinginan konsumen, kompleksnya teknologi produk dan proses yang digunakan, memendeknya daur hidup produk dan lain-lain. Gagal dalam merencanakan dan mengendalikan secara sistematis dan terpadu pekerjaan pengembangan produk dapat berimplikasi pada berbagai aspek, seperti hilangnya kepercayaan konsumen, terancamnya kesinambungan usaha perusahaan, hilangnya daya saing dan laba perusahaan, dan lain-lain.

TUJUAN/MANFAAT:
Tujuan utama training manajemen pengembangan produk baru adalah untuk :
1. memberikan wawasan pengetahuan perencanaan dan pengendalian pengembangan produk baru
2. mampu melakukan analisis, perencanaan, dan pengendalian aktivitas pengembangan produk baru
3. mampu memahami dan menggunakan metode dan teknik perencanaan dan pengendalian aktivitas pengembangan produk baru

Adapun manfaat setelah mengikuti training ini diharapkan peserta memperoleh :
1. pemahaman yang lebih baik tentang peran dan fungsi aktivitas pengembangan produk baru dalam konteks perusahaan dan persaingan usaha.
2. kemampuan menyusun perencanaan dan pengendalian aktivitas pengembangan produk baru
3. ketrampilan menganalisis, menyimpulkan, dan mengambil keputusan berdasarkan data dan informasi yang relevan dengan strategi bisnis perusahaan dengan memanfaatkan metode dan teknik terkini dalam pengembangan produk baru

SIAPA SEBAIKNYA MENGIKUTI TRAINING INI?:
training ini diharapkan dapat diikuti oleh :
1. Para eksekutif dan manajer yang berperan sebagai perumus dan atau pelaksana dalam pengembangan produk baru.
2. Para praktisi bidang pengembangan produk baru
3. Para peneliti bidang pengembangan produk

METODE PENYAMPAIAN TRAINING:
Para peserta diharapkan dapat terlibat secara aktif pada setiap sesi dari training ini yang akan dibawakan oleh para Instruktur dengan rincian muatan training sebagai berikut :
 Penjelasan teori, 30%
 Pemberian kasus sebagai bahan untuk simulasi dan diskusi kelompok, 30%
 Presentasi, diskusi, dan umpan balik dari peserta terhadap kasus-kasus yang diberikan, 40%

CAKUPAN MATERI TRAINING:
1. Pendahuluan Pengembangan Produk
2. Strategi Pengembangan Produk
3. Kerangka Pengembangan Produk
4. Pendefinisian Pasar Sasaran
5. Pengembangan Ide Produk Baru
6. Perancangan Konsep Produk baru
7. Pengujian Konsep Produk
8. Analisis Finansial Kelayakan Produk Baru
9. Manajemen Proyek Pengembangan Produk

JADWAL PER HARI:
HARI 1:
1. Pembukaan dan Perkenalan
2. Pengantar : Pengembangan Produk
3. Strategi Pengembangan Produk
4. Kerangka Pengembangan Produk
5. Perancangan Konsep Produk baru

HARI 2:
1. Perumusan kepuasan, harapan, serta kebutuhan konsumen
2. Teknik Pengukuran kepuasan, harapan, serta kebutuhan Konsumen
3. Pengembangan Ide Produk Baru : Perumusan Karakteristik Produk
4. Perancangan Konsep Produk baru
5. Pengujian Konsep Produk

HARI 3:
1. Teknik Penerjemahan ide produk ke konsep produk
2. Analisis Finansial Kelayakan Produk Baru
3. Manajemen Proyek Pengembangan Produk
4. Pengujian Konsep Produk
5. Evaluasi, Umpan Balik & Penutupan

VENUE : Kagum Group Hotel Bandung (Golden Flower, Banana Inn, Serela, Gino Feruci), Amaroossa Hotel, Noor Hotel, Grand Setiabudi Hotel, dll

TRAINING DURATION : 3 hari

WAKTU TRAINING :

Januari 2024 Februari 2024 Maret 2024 April 2024
3 – 5 Januari 2024 5 – 7 Februari 2024 4 – 6 Maret 2024 1 – 3 April 2024
8 – 10 Januari 2024 12 – 14 Februari 2024 12 – 14 Maret 2024 22 – 24 April 2024
15 – 17 Januari 2024 19 – 21 Februari 2024 18 – 20 Maret 2024 29 April – 1 Mei 2024
22 – 24 Januari 2024 26 – 28 Februari 2024 25 – 27 Maret 2024
29 – 31 Januari 2024
Mei 2024 Juni 2024 Juli 2024 Agustus 2024
6 – 8 Mei 2024 3 – 5 Juni 2024 1 – 3 Juli 2024 5 – 7 Agustus 2024
13 – 15 Mei 2024 10 – 12 Juni 2024 8 – 10 Juli 2024 12 – 14 Agustus 2024
20 – 22 Mei 2024 19 – 21 Juni 2024 15 – 17 Juli 2024 19 – 21 Agustus 2024
27 – 29 Mei 2024 24 – 26 Juni 2024 22 – 24 Juli 2024 26 – 28 Agustus 2024
29 – 31 Juli 2024
September 2024 Oktober 2024 November 2024 Desember 2024
2 – 4 September 2024 1 – 3 Oktober 2024 4 – 6 November 2024 2 – 4 Desember 2024
9 – 11 September 2024 7 – 9 Oktober 2024 11 – 13 November 2024 9 – 11 Desember 2024
16 – 18 September 2024 14 – 16 Oktober 2024 18 – 20 November 2024 16 – 18 Desember 2024
23 – 25 September 2024 21 – 23 Oktober 2024 25 – 27 November 2024 26 – 28 Desember 2024
28 – 30 Oktober 2024

 

HARGA INVESTASI/PESERTA :
1. Rp. 6.500.000/peserta (bayar penuh) atau
2. Rp. 6.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
3. Rp. 5.950.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
1. Modul Training
2. Flashdisk Training berisi materi training
3. Sertifikat
4. ATK: NoteBook dan Ballpoint
5. T-Shirt
6. Ransel
7. Foto Training
8. Ruang Training dengan fasilitas Full AC dan multimedia
9. Makan siang dan 2 kali coffeebreak
10. Instruktur yang Qualified