Silabus Training:
MANAJEMEN PENGEMBANGAN PRODUK PERBANKAN
POKOK BAHASAN:
Program pelatihan manajemen pengembangan produk perbankan merupakan modul pelatihan yang ditujukan agar peserta pelatihan memiliki pemahaman dan kemampuan mengelola produk perbankan. Pemahaman peserta terhadap produk, kebutuhan dan keinginan pelanggan, kepuasan pelanggan, perubahan lingkungan bisnis yang sangat cepat, perkembangan teknologi yang harus diantisipasi, strategi inovasi dan strategi bersaing merupakan suatu kebutuhan mendasar untuk memenangkan persaingan.
Perkembangan teknologi dan kecepatan informasi telah mempengaruhi perspektif pelanggan karena masyarakat menajdi lebih dinamis, efektif dan efisien. Perubahan ini menuntut adanya produk- produk yang dinamis dan lebih praktis sehingga dapat memenuhi kebutuhan, keinginan dan memberi kemudahan kepada pelanggan. Keanekaragaman perkembangan teknologi yang ada pada saat ini berdampak pada kemudahan konsumen untuk melakukan identifikasi dalam pengambilan keputusan pada saat menentukan suatu produk yang menurut mereka memenuhi kriteria yang diharapkan.
Fenomena perubahan perspektif pelanggan tersebut memacu perusahaan untuk selalu melakukan inovasi. Produk- produk lama secara terus menerus diperbarui sedangkan produk-produk baru selalu dikembangkan. Untuk menciptakan produk yang berdaya saing yang tinggi, dalam proses inovasinya perusahaan harus dapat menciptakan strategi bisnis yang tepat. Oleh karena itu, perusahaan perlu memanfaatkan sumber dayanya dengan optimal dan melakukan kegiatan pengembangan produk dan jasanya untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan
GAMBARAN UMUM:
Pelatihan ini dikembangkan dengan metode tutorial, diskusi kasus dan praktek simulasi. Metode ini sangat sesuai baik untuk pimpinan bank, manajer pengembangan produk maupun staff organisasi, karena materi dalam penelitian ini merupakan topik aktual dan digunakan contoh kasus kontekstual sehingga perserta pelatihan mudah memahami.
TUJUAN PELATIHAN:
Setelah mengikuti pelatihan, peserta diharapkan memiliki:
1. Pemahaman bagaimana menemukan dan mengembangkan ide-ide produk baru
2. Pemahaman tahapan proses pengembangan produk baru
3. Pemahaman tahapan siklus hidup produk
4. Pemahaman dan ketrampilan marketing strategies dalam mengembangkan produk
CAKUPAN MATERI TRAINING:
1. Products & Services
a. Products
b. Services
c. Products & Services Continuum
d. Product & Services Classifications
e. Product & Service Decision
f. Product & Service Characteristic
2. Service Based Competitive Strategy
a. Product-Service System
b. Servitization
3. Customer Service Strategy
a. Reliability
b. Surprise
c. Recovery
d. Fairness
4. Next-Generation Customer Service
a. Drive Customer-Centricity
b. Innovate The Customer Interface
c. Leverage Service For Revenue Growth
d. Integrate Customer Touch Points
e. Create High Performance Operations
5. Product Development & Management
a. New Product
b. An Innovation Management Framework
c. Service Development
d. Business Model Innovation
e. Success Factors of New Product Development
f. Ideation & Concept Creation
g. Portofolio Management for Product Innovation
h. Identifying Significant New Business Opportunities
i. Obtaining Customer Needs for product Development
j. User Research for Product Innovation
k. Market Analytics
l. Forecasting New Product
m. Developing Intelligent Product
n. Strategies to Improve New Product Governance
o. Managing the Supply Chain Implication of Launch
p. Post-Launch Product Management
q. Canibalisation Strategy
6. Marketing Strategy
a. Service Design Thinking
b. Digital Banking Strategy
c. Marketing of Financial Services
d. Launching
VENUE : Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)
TRAINING DURATION : 4 days
TRAINING TIME :
Januari 2024 | Februari 2024 | Maret 2024 | April 2024 |
2 - 5 Januari 2024 | 5 - 8 Februari 2024 | 4 - 7 Maret 2024 | 1 - 4 April 2024 |
8 - 11 Januari 2024 | 12 - 15 Februari 2024 | 12 - 15 Maret 2024 | 22 - 25 April 2024 |
15 - 18 Januari 2024 | 19 - 22 Februari 2024 | 18 - 21 Maret 2024 | 29 April – 2 Mei 2024 |
22 - 25 Januari 2024 | 26 - 29 Februari 2024 | 25 - 28 Maret 2024 | |
29 Jan – 1 Feb 2024 | |||
Mei 2024 | Juni 2024 | Juli 2024 | Agustus 2024 |
6 - 9 Mei 2024 | 3 - 6 Juni 2024 | 1 - 4 Juli 2024 | 5 - 8 Agustus 2024 |
13 - 16 Mei 2024 | 10 - 13 Juni 2024 | 8 - 11 Juli 2024 | 12 - 15 Agustus 2024 |
20 - 23 Mei 2024 | 19 - 22 Juni 2024 | 15 - 18 Juli 2024 | 19 - 22 Agustus 2024 |
27 - 30 Mei 2024 | 24 - 27 Juni 2024 | 22 - 25 Juli 2024 | 26 - 29 Agustus 2024 |
29 Juli – 1 Agus 2024 | |||
September 2024 | Oktober 2024 | November 2024 | Desember 2024 |
2 - 5 September 2024 | 1 - 4 Oktober 2024 | 4 - 7 November 2024 | 2 - 5 Desember 2024 |
9 - 12 September 2024 | 7 - 10 Oktober 2024 | 11 - 14 November 2024 | 9 - 12 Desember 2024 |
16 - 19 September 2024 | 14 - 17 Oktober 2024 | 18 - 21 November 2024 | 16 - 19 Desember 2024 |
23 - 26 September 2024 | 21 - 24 Oktober 2024 | 25 - 28 November 2024 | |
28 - 31 Oktober 2024 |
INVESTMENT PRICE/PERSON :
1. Rp. 8.500.000/person (full fare) or
2. Rp. 8.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
3. Rp. 7.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)
FACILITIES FOR PARTICIPANTS:
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with Full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
10. Qualified Instructor