MANAJEMEN PENGEMBANGAN PRODUK PERBANKAN

Silabus Training:
MANAJEMEN PENGEMBANGAN PRODUK PERBANKAN

POKOK BAHASAN:
Program pelatihan manajemen pengembangan produk perbankan merupakan modul pelatihan yang ditujukan agar peserta pelatihan memiliki pemahaman dan kemampuan mengelola produk perbankan. Pemahaman peserta terhadap produk, kebutuhan dan keinginan pelanggan, kepuasan pelanggan, perubahan lingkungan bisnis yang sangat cepat, perkembangan teknologi yang harus diantisipasi, strategi inovasi dan strategi bersaing merupakan suatu kebutuhan mendasar untuk memenangkan persaingan.
Perkembangan teknologi dan kecepatan informasi telah mempengaruhi perspektif pelanggan karena masyarakat menajdi lebih dinamis, efektif dan efisien. Perubahan ini menuntut adanya produk- produk yang dinamis dan lebih praktis sehingga dapat memenuhi kebutuhan, keinginan dan memberi kemudahan kepada pelanggan. Keanekaragaman perkembangan teknologi yang ada pada saat ini berdampak pada kemudahan konsumen untuk melakukan identifikasi dalam pengambilan keputusan pada saat menentukan suatu produk yang menurut mereka memenuhi kriteria yang diharapkan.
Fenomena perubahan perspektif pelanggan tersebut memacu perusahaan untuk selalu melakukan inovasi. Produk- produk lama secara terus menerus diperbarui sedangkan produk-produk baru selalu dikembangkan. Untuk menciptakan produk yang berdaya saing yang tinggi, dalam proses inovasinya perusahaan harus dapat menciptakan strategi bisnis yang tepat. Oleh karena itu, perusahaan perlu memanfaatkan sumber dayanya dengan optimal dan melakukan kegiatan pengembangan produk dan jasanya untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan

GAMBARAN UMUM:
Pelatihan ini dikembangkan dengan metode tutorial, diskusi kasus dan praktek simulasi. Metode ini sangat sesuai baik untuk pimpinan bank, manajer pengembangan produk maupun staff organisasi, karena materi dalam penelitian ini merupakan topik aktual dan digunakan contoh kasus kontekstual sehingga perserta pelatihan mudah memahami.

TUJUAN PELATIHAN:
Setelah mengikuti pelatihan, peserta diharapkan memiliki:
1. Pemahaman bagaimana menemukan dan mengembangkan ide-ide produk baru
2. Pemahaman tahapan proses pengembangan produk baru
3. Pemahaman tahapan siklus hidup produk
4. Pemahaman dan ketrampilan marketing strategies dalam mengembangkan produk

CAKUPAN MATERI TRAINING:
1. Products & Services
a. Products
b. Services
c. Products & Services Continuum
d. Product & Services Classifications
e. Product & Service Decision
f. Product & Service Characteristic
2. Service Based Competitive Strategy
a. Product-Service System
b. Servitization
3. Customer Service Strategy
a. Reliability
b. Surprise
c. Recovery
d. Fairness
4. Next-Generation Customer Service
a. Drive Customer-Centricity
b. Innovate The Customer Interface
c. Leverage Service For Revenue Growth
d. Integrate Customer Touch Points
e. Create High Performance Operations
5. Product Development & Management
a. New Product
b. An Innovation Management Framework
c. Service Development
d. Business Model Innovation
e. Success Factors of New Product Development
f. Ideation & Concept Creation
g. Portofolio Management for Product Innovation
h. Identifying Significant New Business Opportunities
i. Obtaining Customer Needs for product Development
j. User Research for Product Innovation
k. Market Analytics
l. Forecasting New Product
m. Developing Intelligent Product
n. Strategies to Improve New Product Governance
o. Managing the Supply Chain Implication of Launch
p. Post-Launch Product Management
q. Canibalisation Strategy
6. Marketing Strategy
a. Service Design Thinking
b. Digital Banking Strategy
c. Marketing of Financial Services
d. Launching

VENUE : Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)

TRAINING DURATION : 4 days

TRAINING TIME :

Januari 2025Februari 2025Maret 2025April 2025
6 - 9 Januari 20253 - 6 Februari 20253 - 6 Maret 20257 - 10 April 2025
13 - 16 Januari 202510 - 13 Februari 202510 - 13 Maret 202514 - 17 April 2025
20 - 23 Januari 202517 - 20 Februari 202517 - 20 Maret 202521 - 24 April 2025
27 - 30 Januari 202524 - 27 Februari 2025 28 Apr - 2 Mei 2025
    
Mei 2025Juni 2025Juli 2025Agustus 2025
5 - 8 Mei 20252 - 5 Juni 20251 - 4 Juli 20254 - 7 Agustus 2025
12 - 15 Mei 20259 - 12 Juni 20257 - 10 Juli 202511 - 14 Agustus 2025
19 - 22 Mei 202516 - 19 Juni 202514 - 17 Juli 202518 - 21 Agustus 2025
26 - 29 Mei 202523 - 26 Juni 202521 - 24 Juli 202525 - 28 Agustus 2025
  28 - 31 Juli 2025 
    
September 2025Oktober 2025November 2025Desember 2025
1 - 4 September 20256 - 9 Oktober 20253 - 6 November 20251 - 4 Desember 2025
8 - 11 September 202513 - 16 Oktober 202510 - 13 November 20258 - 11 Desember 2025
15 - 18 September 202520 - 23 Oktober 202517 - 20 November 202515 - 18 Desember 2025
22 - 25 September 202527 - 30 Oktober 202524 - 27 November 202522 - 25 Desember 2025
29 Sep - 2 Okt 2025   

INVESTMENT PRICE/PERSON :
1. Rp. 8.500.000/person (full fare) or
2. Rp. 8.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
3. Rp. 7.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS:
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with Full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
10. Qualified Instructor