MANAJEMEN PENGEMBANGAN PRODUK

Silabus Training :
MANAJEMEN PENGEMBANGAN PRODUK

LATAR BELAKANG:
Dewasa ini perusahaan dituntut untuk selalu kreatif dan inovatif dalam menghadapi dinamika perubahan lingkungan usahanya. Kemampuan perusahaan untuk bersikap adaptif dan proaktif tersebut salah satunya diukur melalui kompetensinya dalam menghasilkan produk baru yang sesuai dengan tuntutan, keinginan, dan harapan konsumen atau penggunanya. Padahal, pengembangan produk baru bukanlah pekerjaan yang mudah untuk dilakukan karena berbagai faktor dapat mempengaruhi tingkat keberhasilan pencapaian target yang diinginkan, seperti evolusi keinginan konsumen, kompleksnya teknologi produk dan proses yang digunakan, memendeknya daur hidup produk dan lain-lain. Gagal dalam merencanakan dan mengendalikan secara sistematis dan terpadu pekerjaan pengembangan produk dapat berimplikasi pada berbagai aspek, seperti hilangnya kepercayaan konsumen, terancamnya kesinambungan usaha perusahaan, hilangnya daya saing dan laba perusahaan, dan lain-lain.

TUJUAN/MANFAAT:
Tujuan utama training manajemen pengembangan produk baru adalah untuk :
1. memberikan wawasan pengetahuan perencanaan dan pengendalian pengembangan produk baru
2. mampu melakukan analisis, perencanaan, dan pengendalian aktivitas pengembangan produk baru
3. mampu memahami dan menggunakan metode dan teknik perencanaan dan pengendalian aktivitas pengembangan produk baru

Adapun manfaat setelah mengikuti training ini diharapkan peserta memperoleh :
1. pemahaman yang lebih baik tentang peran dan fungsi aktivitas pengembangan produk baru dalam konteks perusahaan dan persaingan usaha.
2. kemampuan menyusun perencanaan dan pengendalian aktivitas pengembangan produk baru
3. ketrampilan menganalisis, menyimpulkan, dan mengambil keputusan berdasarkan data dan informasi yang relevan dengan strategi bisnis perusahaan dengan memanfaatkan metode dan teknik terkini dalam pengembangan produk baru

SIAPA SEBAIKNYA MENGIKUTI TRAINING INI?:
training ini diharapkan dapat diikuti oleh :
1. Para eksekutif dan manajer yang berperan sebagai perumus dan atau pelaksana dalam pengembangan produk baru.
2. Para praktisi bidang pengembangan produk baru
3. Para peneliti bidang pengembangan produk

METODE PENYAMPAIAN TRAINING:
Para peserta diharapkan dapat terlibat secara aktif pada setiap sesi dari training ini yang akan dibawakan oleh para Instruktur dengan rincian muatan training sebagai berikut :
 Penjelasan teori, 30%
 Pemberian kasus sebagai bahan untuk simulasi dan diskusi kelompok, 30%
 Presentasi, diskusi, dan umpan balik dari peserta terhadap kasus-kasus yang diberikan, 40%

CAKUPAN MATERI TRAINING:
1. Pendahuluan Pengembangan Produk
2. Strategi Pengembangan Produk
3. Kerangka Pengembangan Produk
4. Pendefinisian Pasar Sasaran
5. Pengembangan Ide Produk Baru
6. Perancangan Konsep Produk baru
7. Pengujian Konsep Produk
8. Analisis Finansial Kelayakan Produk Baru
9. Manajemen Proyek Pengembangan Produk

JADWAL PER HARI:
HARI 1:
1. Pembukaan dan Perkenalan
2. Pengantar : Pengembangan Produk
3. Strategi Pengembangan Produk
4. Kerangka Pengembangan Produk
5. Perancangan Konsep Produk baru

HARI 2:
1. Perumusan kepuasan, harapan, serta kebutuhan konsumen
2. Teknik Pengukuran kepuasan, harapan, serta kebutuhan Konsumen
3. Pengembangan Ide Produk Baru : Perumusan Karakteristik Produk
4. Perancangan Konsep Produk baru
5. Pengujian Konsep Produk

HARI 3:
1. Teknik Penerjemahan ide produk ke konsep produk
2. Analisis Finansial Kelayakan Produk Baru
3. Manajemen Proyek Pengembangan Produk
4. Pengujian Konsep Produk
5. Evaluasi, Umpan Balik & Penutupan

VENUE : Kagum Group Hotel Bandung (Golden Flower, Banana Inn, Serela, Gino Feruci), Amaroossa Hotel, Noor Hotel, Grand Setiabudi Hotel, dll

TRAINING DURATION : 3 hari

WAKTU TRAINING :

Januari 2025Februari 2025Maret 2025April 2025
2 - 4 Januari 20253 - 5 Februari 20253 - 5 Maret 20257 - 9 April 2025
6 - 8 Januari 202510 - 12 Februari 202510 - 12 Maret 202514 - 16 April 2025
13 - 15 Januari 202517 - 19 Februari 202517 - 19 Maret 202521 - 23 April 2025
20 - 22 Januari 202524 - 26 Februari 2025 28 - 30 April 2025
27 - 29 Januari 2025   
    
Mei 2025Juni 2025Juli 2025Agustus 2025
5 - 7 Mei 20252 - 4 Juni 20251 - 3 Juli 20254 - 6 Agustus 2025
12 - 14 Mei 20259 - 11 Juni 20257 - 9 Juli 202511 - 13 Agustus 2025
19 - 21 Mei 202516 - 18 Juni 202514 - 16 Juli 202518 - 20 Agustus 2025
26 - 28 Mei 202523 - 25 Juni 202521 - 23 Juli 202525 - 27 Agustus 2025
  28 - 30 Juli 2025 
    
September 2025Oktober 2025November 2025Desember 2025
1 - 3 September 20256 - 8 Oktober 20253 - 5 November 20251 - 3 Desember 2025
8 - 10 September 202513 - 15 Oktober 202510 - 12 November 20258 - 10 Desember 2025
15 - 17 September 202520 - 22 Oktober 202517 - 19 November 202515 - 17 Desember 2025
22 - 24 September 202527 - 29 Oktober 202524 - 26 November 202522 - 24 Desember 2025
29 Sep - 1 Okt 2025  29 - 31 Desember 2025

 

HARGA INVESTASI/PESERTA :
1. Rp. 6.500.000/peserta (bayar penuh) atau
2. Rp. 6.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
3. Rp. 5.950.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
1. Modul Training
2. Flashdisk Training berisi materi training
3. Sertifikat
4. ATK: NoteBook dan Ballpoint
5. T-Shirt
6. Ransel
7. Foto Training
8. Ruang Training dengan fasilitas Full AC dan multimedia
9. Makan siang dan 2 kali coffeebreak
10. Instruktur yang Qualified