MARKETING MANAGEMENT

Silabus Training :
MARKETING MANAGEMENT

LATAR BELAKANG :
Berbicara tentang perekonomian baru , berarti berbicara tentang ekonomi global ; yakni segala sesuatu berberak dengan hitungan detik, pasar kita diwaranai oleh peta persaingan yang sangat ketat dan berat, teknologi dengan perkembangannya yang sangat pesat yang terkadang sulit untuk diprediksi telah menantang setiap pelaku bisnis dan dunia bisnis harus menyesuaikan diri dengan konsumen yang memegang peran vital. Perekonomian yang lama tampak lebih sederhana. Perekonomian tersebut didasarkan pada revolusi industri dan pada pengelolaan industri yang efisien. Para pengusaha pabrik menetapkn sejumlah rpinsip dan praktik tertentu demi keberhasilan operasi pabrik mereka. Mereka membuat produk yang standar untuk meneurunkan biaya. Tujuan mereka adalah terus-mererus memperluas ukuran pasar mereka guna mencapai skala ekonomi ( skala produksi yang paling hemat). Mereka cenderung mengulang prosedur dan kebijakan dalam setiap pasar geografik. Sasarannya adalah efisiensi, dan untuk mencapai sasaran tersebut perusahaan dikelola secara hierarkis. Sebaliknya perekonomian baru didasarkan pada revolusi digital dengan basis manajemen informasi. Informasi memegangan peranan penting terutama berhubungan dengan upaya-upaya mengedepakan kepentingan konsumen, dengan analisis perilaku dan segmentasi pasar. Akhli dan praktisi bsinis sepakat bahwa jantung bisnis ada di aktivitas pemasaran. Manajemen pemasaran memegangan peranan penting terutama untuk tetap terjaganya komunikasi antara konsumen dengan perusahaan. Dimana tugas ini lebih difokuskan kedalam menciptakan, memperkenalkan dan menyerahkan barang dan jasa kepada konsumen, sehingga akan berdampak pada nilai keuntungan perusahaan. Pelatihan ini diarahkan kedalam upaya-upaya yang harus dilakukan untuk mengelola pemasaran.

CAKUPAN MATERI TRAINING :
1. BAGIAN SATU:
Tujuan : Peserta diharapkan mampu memahami Manajemen Pemasaran, konsep dan alat pemasaran, Orientasi Perusahaan terhadap Pasar, memuaskan, memberikan nilai dan mempertahankan pelanggan.
Materi :
a. Mendefinisikan pemasaran untuk Abad ke 21, tugas pemasaran, lingkup pemasaran, keputusan yang diambil pemasar. Konsep pemasaran inti, orientasi perusahaan terhadap pasar (konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep pemasaran, konsep pelanggan dan konsep pemasaran sosial)
b. mendefinisikan nilai dan kepuasan pelanggan, rantai nilia, jaringan kerja pemberi nilai kepuasan pelanggan, menarik dan mempertahankan pelanggan, menrik pelanggan, menghitung biaya kehilangan pelanggan, strategi mempertahankan pelanggan, mengukur nilai seumur hidup pelanggan, Manajemen Realtional pelanggan, membentuk ikatan pelanggan yang kuat.
c. menganalisis peluang-peluang pemasaran, perencanaan strategis, mendefinisikan misi korporasi, menetapkan SBU, proses pemasaran, perencanaan produk, sifat dan isi rencana pemasaran.
2. BAGIAN DUA:
Tujuan : Peserta mampu mermsukan permintaan pasar, mencarian peluang pemasaran, menganalisi pasar konsumen dan perilaku pembelian serta menganalisis perilaku pembelian pasar bisnis.
Materi :
a. Komponen-komponen system informasi pemasaran, sisten intelijen pemasaran, system riset pemasaran, system pendukung keputusan pemasaran, peramalan dan pengukuran pemasaran , ukuran permintaan pasar, mengestimasi permintaan,
b. menganalisis perilaku konsumen : mempengaruhi perilaku konsumen (factor sosial, budaya, pribadi dan psikologi), proses keputusn pembelian oleh konsumen, tahap-tahap proses pengambilan keputusan yang dilakukan konsumen saat melakukan pembelian.
c. menganalisi perilaku bisnis dan perilaku pembelian bisnis : pasar bisnis dan pasar konsumen, proses pembelian bisnis, factor penentuan diproses pembelin pada pasar bisnis, proses pembelian/pengadaan
3. BAGIAN TIGA:
Tujuan : Peserta mampu memahami bagaimana merancang strategi menghadapi persaingan dan mampu mengidentifiksi segmen pasar dan menetapkan pasar sasaran
Materi :
a. mengukur kekuatan pesaing, mengidentifikasi pesaing, strategi, kekuatan, kelemahan dan pola reaksi pesaing,
b. Merancang system intelijen pesaing, langkah-langkah merancang system intelijen pesaing, memilih pesaing, merancang strategi bersaing ( strategi pemimpin pasar, strategi penantang pasar, strategi pengikut pasar dan strategi pengisi relung pasar).
c. mengidentifikasi segmen pasar dan memilih pasar sasaran : level dan pola segmen pasar, prosedur segmentasi pasar, segmentasi efektif, segmentasi pasar konsumen dan pasar bisnis, dasar segmentasi pasar konsumen, dasar segmentasi pasar bisnis, penetapan pasar sasaran, mengevaluasi dan memilih segmen pasar.
4. BAGIAN EMPAT:
Tujuan : Peserta mampu mengembangkan stategi pemasaran
Materi :
a. menyusun dan mengkomunikasikan strategi pemasaran, (model Ries and Trout, Model Treacy and Wiersha, dll)
b. melakukan diferensiasi ( diferensiasi produk, Jasa, Personalia, Saluran, Citra)
c. Strategi Pemasaran sepanjang siklus hidup produk, strategi di siklus perkenalan, strategi id siklus pertumbuhan, strtaegi disiklus kedewasaan dan strategi disklus penurunan.

INSTRUKTUR : Firman Alamsyah,SE.,M.Sc.

TEMPAT TRAINING : Kagum Group Hotel Bandung (Golden Flower, Banana Inn, Serela, Gino Feruci), Amaroossa Hotel, Noor Hotel, Grand Setiabudi Hotel, dll

DURASI TRAINING : 3 hari

WAKTU TRAINING :

  1. 25 Jan 2023-27 Jan 2023
  2. 22 Feb 2023-24 Feb 2023
  3. 13 Mar 2023-15 Mar 2023
  4. 10 Apr 2023-12 Apr 2023
  5. 15 May 2023-17 May 2023
  6. 26 Jun 2023-28 Jun 2023
  7. 26 Jul 2023-28 Jul 2023
  8. 14 Aug 2023-16 Aug 2023
  9. 27 Sep 2023-29 Sep 2023
  10. 25 Oct 2023-27 Oct 2023
  11. 13 Nov 2023-15 Nov 2023
  12. 27 Dec 2023-29 Dec 2023

 

HARGA INVESTASI/PESERTA :
1. Rp. 6.500.000/peserta (bayar penuh) atau
2. Rp. 6.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
3. Rp. 5.950.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

FASILITAS UNTUK PESERTA :
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak everyday of training
10. Qualified instructor
11. Transportation for participants from hotel of participants to/from hotel of training (if minimal number of participants from one company is 4 persons)