MASTERING EXCEL FOR OFFICE DATA PROCESSING AND REPORTING

Silabus Training :

MASTERING EXCEL FOR OFFICE DATA PROCESSING AND REPORTING

 

INTRODUCTION :

Pertumbuhan bisnis organisasi dewasa ini idealnya didukung oleh peningkatan skill data processing and reporting dari semua karyawan yang ada pada organisasi bisnis tersebut agar dapat membantu dalam menghasilkan informasi penting yang dibutuhkan pihak pimpinan perusahaan untuk pengambilan keputusan bisnisnya dengan cepat. Keputusan yang bijaksana adalah memaksimalkan penggunaan aplikasi Microsoft Excel yang versinya terus dikembangkan disesuaikan kebutuhan user. Jangan menggunakan fungsi – fungsi itu saja, tidak pernah dikembangkan lagi. Padahal Excel, mempunyai fungsi-fungsi dan tools yang banyak dan canggih dan siap digunakan kapan saja untuk mempermudah dan mempercepat proses pengolahan data dan pembuatan laporannya. Bahkan bisa dibuat proses otomatisasinya. Pekerjaan pengolahan data dan pembuatan laporan kita yang tadinya bisa memakan waktu berjam-jam bisa dikerjakan Excel dalam waktu beberapa detik dengan hanya menekan 1 (satu) atau 2 (dua) tombol saja. Pada prinsipnya pekerjaan office data processing yang terjadi pada semua unit organisasi adalah bersifat kuantitatif, mudah diukur dan selesai paling lama kurang dari 5 menit saja (tidak ada lagi pekerjaan menggunakan aplikasi Excel yang  overtime).

 

TRAINING OBJECTIVES

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu untuk :

  1. Mempercepat proses pekerjaan di Excel dengan menggunakan tombol shortcut keyboard.
  2. Membuat otomatisasi pengolahan data sederhana menggunakan alamat sel absolut dan menggunakan penamaan dari alamat sel.
  3. Mengambil sejumlah baris data dari worksheet lain berdasarkan sejumlah kriteria data yang sudah ditetapkan dan output datanya ditampilkan pada worksheet yang berbeda.
  4. Melakukan transformasi data hasil import file text ke dalam data Excel dengan menggunakan sejumlah function.
  5. Menggunakan fungsi table untuk kasus yang sederhana sampai pada kasus yang kompleks.
  6. Menggunakan fungsi logika pada berbagai kasus pengolahan data sampai pada 3 level.
  7. Membuat area Data Entry yang bisa diupdate dan area Data Processing yang tidak bisa diupdate (terproteksi).
  8. Memahami pengertian Macro dan Record Macro dengan pembuatan dan penggunaannya.
  9. Membuat otomatisasi pengolahan dan pelaporan datanya hanya dengan menekan dua (2) tombol keyboard sekaligus saja.
  10. Menyelesaikan sejumlah studi kasus pengolahan data yang awalnya dikerjakan dalam waktu yang lama (overtime) karena formula yang dibuat menggunakan 1 fungsi saja, kemudian diperbaiki dengan menggunakan 4 fungsi sekaligus sehingga dapat diselesaikan dalam hitungan detik.

 

CAKUPAN MATERI TRAINING :

  1. Using keyboard shortcut keys in Excel
  2. Use of absolute cell addresses for simple data processing automation
  3. Create and use cell address names in data processing formulas.
  4. Maximize the use of Advance Filters with multiple criteria.
  5. Using Menu Tab DATA – Text To Columns
  6. Using Date Function
  7. Using String Function :
  • LEFT() Function
  • MID() Function
  • RIGHT() Function
  • TRIM() Function
  • CLEAN() Function
  1. Using the VLOOKUP() function with the MID() function at the same time.
  2. Using the HLOOKUP() function with the MID() function at the same time.
  3. Creating a Drop-Down List in a Cell with Data Validation tools.
  4. Using Single IF() Logical Function.
  5. Using Multiple IF() Logical Function.
  6. Using IFERROR() Logical Function.
  7. Using OR – AND Logical Operator.
  8. Making Invoice forms that use data that are interconnected between worksheets.
  9. Using macro add-in files for financial data processing.
  10. What is Macro?
  11. Creating and using Macros in Excel
  12. What is Record Macro?
  13. Creating and using Record Macros in Excel
  14. Create a data processing and reporting system automation with the Record Macro tool
  15. How using of Format Cells for Locked and Hidden Cells.
  16. How using of Using Allow Users to Edit Range.
  17. How using of Protect Sheet.

 

TRAINING METHOD :

Terangkan – Tunjukkan – Lakukan

Dengan metode ini Anda akan mengenal subyek pelatihan secara lebih baik, karena langsung ditunjukkan oleh ahlinya, dan Anda akan diajak untuk langsung melakukannya

 

VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)

 

TRAINING DURATION :   2 hari

 

WAKTU TRAINING :

Januari 2025Februari 2025Maret 2025April 2025
2 - 3 Januari 20253 - 4 Februari 20253 - 4 Maret 20257 - 8 April 2025
6 - 7 Januari 202510 - 11 Februari 202510 - 11 Maret 202514 - 15 April 2025
13 - 14 Januari 202517 - 18 Februari 202517 - 18 Maret 202521 - 22 April 2025
20 - 21 Januari 202524 - 25 Februari 2025 28 - 29 April 2025
27 - 28 Januari 2025   
    
Mei 2025Juni 2025Juli 2025Agustus 2025
2 - 3 Mei 20252 - 3 Juni 20251 - 2 Juli 20251 - 2 Agustus 2025
5 - 6 Mei 20259 - 10 Juni 20257 - 8 Juli 20254 - 5 Agustus 2025
12 - 13 Mei 202516 - 17 Juni 202514 - 15 Juli 202511 - 12 Agustus 2025
19 - 20 Mei 202523 - 24 Juni 202521 - 22 Juli 202518 - 19 Agustus 2025
26 - 27 Mei 2025 28 - 29 Juli 202525 - 26 Agustus 2025
    
September 2025Oktober 2025November 2025Desember 2025
1 - 2 September 20251 - 2 Oktober 20253 - 4 November 20251 - 2 Desember 2025
8 - 9 September 20256 - 7 Oktober 202510 - 11 November 20258 - 9 Desember 2025
15 - 16 September 202513 - 14 Oktober 202517 - 18 November 202515 - 16 Desember 2025
22 - 23 September 202520 - 21 Oktober 202524 - 25 November 202522 - 23 Desember 2025
29 - 30 September 202527 - 28 Oktober 2025 29 - 30 Desember 2025

 

HARGA INVESTASI/PESERTA : 

  1. 4.950.000/peserta (bayar penuh) atau
  2. 4.750.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
  3. 4.500.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

 

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :

  1. Modul Training
  2. Flashdisk Training berisi materi training
  3. Sertifikat
  4. ATK: NoteBook dan Ballpoint
  5. T-Shirt
  6. Ransel
  7. Foto Training
  8. Ruang Training dengan fasilitas Full AC dan multimedia
  9. Makan siang dan 2 kali coffeebreak
  10. Instruktur yang Qualified