MASTERING EXCEL FOR OFFICE DATA PROCESSING AND REPORTING

Silabus Training :

MASTERING EXCEL FOR OFFICE DATA PROCESSING AND REPORTING

 

INTRODUCTION :

Pertumbuhan bisnis organisasi dewasa ini idealnya didukung oleh peningkatan skill data processing and reporting dari semua karyawan yang ada pada organisasi bisnis tersebut agar dapat membantu dalam menghasilkan informasi penting yang dibutuhkan pihak pimpinan perusahaan untuk pengambilan keputusan bisnisnya dengan cepat. Keputusan yang bijaksana adalah memaksimalkan penggunaan aplikasi Microsoft Excel yang versinya terus dikembangkan disesuaikan kebutuhan user. Jangan menggunakan fungsi – fungsi itu saja, tidak pernah dikembangkan lagi. Padahal Excel, mempunyai fungsi-fungsi dan tools yang banyak dan canggih dan siap digunakan kapan saja untuk mempermudah dan mempercepat proses pengolahan data dan pembuatan laporannya. Bahkan bisa dibuat proses otomatisasinya. Pekerjaan pengolahan data dan pembuatan laporan kita yang tadinya bisa memakan waktu berjam-jam bisa dikerjakan Excel dalam waktu beberapa detik dengan hanya menekan 1 (satu) atau 2 (dua) tombol saja. Pada prinsipnya pekerjaan office data processing yang terjadi pada semua unit organisasi adalah bersifat kuantitatif, mudah diukur dan selesai paling lama kurang dari 5 menit saja (tidak ada lagi pekerjaan menggunakan aplikasi Excel yang  overtime).

 

TRAINING OBJECTIVES

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu untuk :

  1. Mempercepat proses pekerjaan di Excel dengan menggunakan tombol shortcut keyboard.
  2. Membuat otomatisasi pengolahan data sederhana menggunakan alamat sel absolut dan menggunakan penamaan dari alamat sel.
  3. Mengambil sejumlah baris data dari worksheet lain berdasarkan sejumlah kriteria data yang sudah ditetapkan dan output datanya ditampilkan pada worksheet yang berbeda.
  4. Melakukan transformasi data hasil import file text ke dalam data Excel dengan menggunakan sejumlah function.
  5. Menggunakan fungsi table untuk kasus yang sederhana sampai pada kasus yang kompleks.
  6. Menggunakan fungsi logika pada berbagai kasus pengolahan data sampai pada 3 level.
  7. Membuat area Data Entry yang bisa diupdate dan area Data Processing yang tidak bisa diupdate (terproteksi).
  8. Memahami pengertian Macro dan Record Macro dengan pembuatan dan penggunaannya.
  9. Membuat otomatisasi pengolahan dan pelaporan datanya hanya dengan menekan dua (2) tombol keyboard sekaligus saja.
  10. Menyelesaikan sejumlah studi kasus pengolahan data yang awalnya dikerjakan dalam waktu yang lama (overtime) karena formula yang dibuat menggunakan 1 fungsi saja, kemudian diperbaiki dengan menggunakan 4 fungsi sekaligus sehingga dapat diselesaikan dalam hitungan detik.

 

CAKUPAN MATERI TRAINING :

  1. Using keyboard shortcut keys in Excel
  2. Use of absolute cell addresses for simple data processing automation
  3. Create and use cell address names in data processing formulas.
  4. Maximize the use of Advance Filters with multiple criteria.
  5. Using Menu Tab DATA – Text To Columns
  6. Using Date Function
  7. Using String Function :
  • LEFT() Function
  • MID() Function
  • RIGHT() Function
  • TRIM() Function
  • CLEAN() Function
  1. Using the VLOOKUP() function with the MID() function at the same time.
  2. Using the HLOOKUP() function with the MID() function at the same time.
  3. Creating a Drop-Down List in a Cell with Data Validation tools.
  4. Using Single IF() Logical Function.
  5. Using Multiple IF() Logical Function.
  6. Using IFERROR() Logical Function.
  7. Using OR – AND Logical Operator.
  8. Making Invoice forms that use data that are interconnected between worksheets.
  9. Using macro add-in files for financial data processing.
  10. What is Macro?
  11. Creating and using Macros in Excel
  12. What is Record Macro?
  13. Creating and using Record Macros in Excel
  14. Create a data processing and reporting system automation with the Record Macro tool
  15. How using of Format Cells for Locked and Hidden Cells.
  16. How using of Using Allow Users to Edit Range.
  17. How using of Protect Sheet.

 

TRAINING METHOD :

Terangkan – Tunjukkan – Lakukan

Dengan metode ini Anda akan mengenal subyek pelatihan secara lebih baik, karena langsung ditunjukkan oleh ahlinya, dan Anda akan diajak untuk langsung melakukannya

 

VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)

 

TRAINING DURATION :   2 hari

 

WAKTU TRAINING :

 

Januari 2024Februari 2024Maret 2024April 2024
3 – 4 Januari 20245 – 6 Februari 20244 – 5 Maret 20241 – 2 April 2024
8 – 9 Januari 202412 – 13 Februari 202412 – 13 Maret 202422 – 23 April 2024
15 – 16 Januari 202419 – 20 Februari 202418 – 19 Maret 202429 – 30 April 2024
22 – 23 Januari 202426 – 27 Februari 202425 – 26 Maret 2024
29 – 30 Januari 2024
Mei 2024Juni 2024Juli 2024Agustus 2024
6 – 7 Mei 20243 – 4 Juni 20241 – 2 Juli 20245 – 6 Agustus 2024
13 – 14 Mei 202410 – 11 Juni 20248 – 9 Juli 202412 – 13 Agustus 2024
20 – 21 Mei 202419 – 20 Juni 202415 – 16 Juli 202419 – 20 Agustus 2024
27 – 28 Mei 202424 – 25 Juni 202422 – 23 Juli 202426 – 27 Agustus 2024
29 – 30 Juli 2024
September 2024Oktober 2024November 2024Desember 2024
2 – 3 September 20241 – 2 Oktober 20244 – 5 November 20242 – 3 Desember 2024
9 – 10 September 20247 – 8 Oktober 202411 – 12 November 20249 – 10 Desember 2024
16 – 17 September 202414 – 15 Oktober 202418 – 19 November 202416 – 17 Desember 2024
23 – 24 September 202421 – 22 Oktober 202425 – 26 November 202423 – 24 Desember 2024
28 – 29 Oktober 202430 – 31 Desember 2024

 

HARGA INVESTASI/PESERTA : 

  1. 4.500.000/peserta (bayar penuh) atau
  2. 4.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
  3. 3.950.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

 

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :

  1. Modul Training
  2. Flashdisk Training berisi materi training
  3. Sertifikat
  4. ATK: NoteBook dan Ballpoint
  5. T-Shirt
  6. Ransel
  7. Foto Training
  8. Ruang Training dengan fasilitas Full AC dan multimedia
  9. Makan siang dan 2 kali coffeebreak
  10. Instruktur yang Qualified