MEMBANGUN ALIANSI STRATEGIS ANTAR PELAKU UMKM MELALUI PENYADARAN DAN PENGORGANISASIAN MODAL SOSIAL

Training Syllabus:
MEMBANGUN ALIANSI STRATEGIS ANTAR PELAKU UMKM MELALUI PENYADARAN DAN PENGORGANISASIAN MODAL SOSIAL

PENDAHULUAN
Pada saat ini kecenderungan UMKM dalam meningkatkan keunggulan kompetitifnya adalah secara bersama-sama mencari sumber-sumber baru pengetahuan, teknologi, dan keterampilan yang dapat membawa pada pembentukan struktur baru terhadap usahanya. Salah satu strategi dalam meningkatkan keunggulan kompetitif adalah membentuk aliansi antara UMKM, kompetitor atau dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki karakteristik dan tujuan yang sama, dan/atau memiliki kemiripan-kemiripan lainnya. Untuk memenangi persaingan global, UMKM dapat berkolaborasi dengan kompetitornya dalam memperkuat posisi pasar. Aliansi strategis memerlukan masing-masing UMKM membangun Modal sosial. Modal sosial sangat diperlukan dalam meningkatkan kinerja aliansi strategis. Modal sosial merupakan faktor yang signifikan untuk pengembangan UMKM karena dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas perusahaan, berdasarkan kepercayaan, kredibilitas, reputasi dan pertukaran informasi secara pribadi yang dapat berkontribusi bagi UMKM. Modal sosial pada dasarnya terkait erat dengan hubungan antara individu, norma dan kepercayaan yang memudahkan koordinasi dan kerjasama yang saling menguntungkan. Bentuk dari keberadaan modal sosial tersebut adalah adanya kepercayaan, networking, relasi sosial dan relasi ekonomi. Relasi sosial akan memungkinkan para wirausaha dapat melakukan, memelihara dan memperluas akses terhadap sumber-sumber ekonomi serta menggunakan sumber ekonomi tersebut untuk meningkatkan produktivitasnya. Pengembangan modal sosial merupakan salah satu alternatif dalam menyiasati pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu untuk pengembangan UMKM diperlukan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kemampuan modal sosial UMKM.

CAKUPAN MATERI TRAINING
1. Test, Mengukur Pemahaman Modal Sosial pada Peserta.
2. Peran Penting Modal Sosial Bagi Kesejahteraan UMKM
3. Pembentukan Sikap Dalam Beraliansi Strategis melalui Modal Sosial
4. Memahami Pengertian “Norma Beraliansi”
5. Merumuskan Norma Beraliansi.
6. Jejaring Sosial
7. Merumuskan Komitmen Aliansi.

VENUE : Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)

TRAINING DURATION : 2 days

TRAINING TIME :

Januari 2025Februari 2025Maret 2025April 2025
2 - 3 Januari 20253 - 4 Februari 20253 - 4 Maret 20257 - 8 April 2025
6 - 7 Januari 202510 - 11 Februari 202510 - 11 Maret 202514 - 15 April 2025
13 - 14 Januari 202517 - 18 Februari 202517 - 18 Maret 202521 - 22 April 2025
20 - 21 Januari 202524 - 25 Februari 2025 28 - 29 April 2025
27 - 28 Januari 2025   
    
Mei 2025Juni 2025Juli 2025Agustus 2025
2 - 3 Mei 20252 - 3 Juni 20251 - 2 Juli 20251 - 2 Agustus 2025
5 - 6 Mei 20259 - 10 Juni 20257 - 8 Juli 20254 - 5 Agustus 2025
12 - 13 Mei 202516 - 17 Juni 202514 - 15 Juli 202511 - 12 Agustus 2025
19 - 20 Mei 202523 - 24 Juni 202521 - 22 Juli 202518 - 19 Agustus 2025
26 - 27 Mei 2025 28 - 29 Juli 202525 - 26 Agustus 2025
    
September 2025Oktober 2025November 2025Desember 2025
1 - 2 September 20251 - 2 Oktober 20253 - 4 November 20251 - 2 Desember 2025
8 - 9 September 20256 - 7 Oktober 202510 - 11 November 20258 - 9 Desember 2025
15 - 16 September 202513 - 14 Oktober 202517 - 18 November 202515 - 16 Desember 2025
22 - 23 September 202520 - 21 Oktober 202524 - 25 November 202522 - 23 Desember 2025
29 - 30 September 202527 - 28 Oktober 2025 29 - 30 Desember 2025

INVESTMENT PRICE/PERSON :
1. Rp. 4.950.000/person (full fare) or
2. Rp. 4.750.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
3. Rp. 4.500.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS:
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with Full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
10. Qualified Instructor