MEMBUAT MODEL CUSTOMER DEVELOPMENT (MCD) (MODEL PENGEMBANGAN PELANGGAN)

Training Syllabus:
MEMBUAT MODEL CUSTOMER DEVELOPMENT (MCD) (MODEL PENGEMBANGAN PELANGGAN)

PENDAHULUAN
Training ini adalah pengembangan dari training Business Plan dan training Business Model Canvas (BMC), yang di tahun 2107 menjadi training yang paling sering dilakukan pada banyak lembaga. Selama ini memang paradigma dalam membangun perusahaan baru selalu dengan membuat Business Plan lalu segera dieksekusi. Ini adalah hal yang keliru. Steve Blank, Professor dari UC Berkeley mengatakan “no business plan survive when first contact with customer”. Hal ini karena Business Plan untuk memulai perusahaan baru hanya berisi asumsi-asumsi yang belum tentu sesuai di lapangan. Pembuat Business Plan berpikir bahwa secara ajaib Business Plan akan terwujud bila dieksekusi, namun kenyataannya perusahaan rintisan dan perusahan kecil menengah (UKM), dan UKM rintisan kebanyakan tidak berhasil. Apa sebabnya? Sebabnya adalah para entrepreneur pemula bahkan entrepreneur yang sudah berjalanpun salah dalam menggunakannya. Pelatihan Business Plan sebenarnya lebih tepat digunakan saat perusahaan UKM memerlukan dana dari investor ketika akan melakukan perluasan pasar atau pengembangan produk, dan untuk menyusun target dan strategi operasional dan finansial dalam periode waktu tertentu atau sering disebut dengan “Training UKM Bankable”. Tetapi untuk pengembangan Kinerja UKM adalah dengan pendekatan bahwa entrepreneur harus “mencari” (business model-nya), bukan “mengeksekusi” (business plan-nya), artinya bagaimana caranya para entrepreneur UKM belajar agar customer (Pelanggan) tetap membeli atau menggunakan produknya, meskipun saat promosi berakhir dan model bisnisnya dapat diluaskan cakupan operasionalnya. Membuat dan menjalankan perusahaan (UKM ) itu seperti mengarungi hutan rimba. Untuk memudahkan dalam mengarunginya, seseorang membutuhkan alat bantu seperti kompas, peta, tenda, parang, dan sebagainya. Analogi ini cocok juga untuk seorang entrepreneur UKM dalam membuat dan menjalankan usaha pengembangan perusahaannya. Elemen dan alat-alat bantu entrepreneur ini dapat merubah pola pikir yang tidak percaya dengan rumus klasik “Pokoknya lakukan saja” dan rumus pasti entrepreneur sukses yaitu tekat kuat, panjang akal, waktu tepat, produk hebat, kerja keras, dan kegigihan saja tidak cukup dan tidak serta merta membuahkan keberhasilan. Tetapi juga paham dan termpil menggunakan elemen beserta alat bantunya untuk mendorong agar bisa berhasil dengan cepat. Alat bantunya selain:
1) Business Model Design yaitu aktivitas menggali berbagai kemungkinan pola atau revenue model yang unik dari model bisnis;
2) Customer Development yaitu serangkaian proses validasi untuk membuktikan atau merubah asumsi menjadi fakta. Proses validasi ini ada validasi asumsi masalah-solusi, validasi customer, hingga pivot (banting setir). Customer Development adalah tentang mempertanyakan asumsi bisnis inti UKM. Customer Development adalah suatu kerangka kerja empat langkah untuk menemukan dan memvalidasi bahwa UKM telah mengidentifikasi pasar untuk produk UKM, membangun fitur produk yang tepat yang memecahkan kebutuhan pelanggan, menguji metode yang benar untuk memperoleh dan mengkonversi pelanggan, dan menggunakan sumber daya yang tepat untuk memperbesar skala bisnis.

CAKUPAN MATERI TRAINING:
1. Business Model Design (BMD)
2. Customer Development Model (CDM)

VENUE : Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)

TRAINING DURATION : 2 days

TRAINING TIME :

Januari 2025Februari 2025Maret 2025April 2025
2 - 3 Januari 20253 - 4 Februari 20253 - 4 Maret 20257 - 8 April 2025
6 - 7 Januari 202510 - 11 Februari 202510 - 11 Maret 202514 - 15 April 2025
13 - 14 Januari 202517 - 18 Februari 202517 - 18 Maret 202521 - 22 April 2025
20 - 21 Januari 202524 - 25 Februari 2025 28 - 29 April 2025
27 - 28 Januari 2025   
    
Mei 2025Juni 2025Juli 2025Agustus 2025
2 - 3 Mei 20252 - 3 Juni 20251 - 2 Juli 20251 - 2 Agustus 2025
5 - 6 Mei 20259 - 10 Juni 20257 - 8 Juli 20254 - 5 Agustus 2025
12 - 13 Mei 202516 - 17 Juni 202514 - 15 Juli 202511 - 12 Agustus 2025
19 - 20 Mei 202523 - 24 Juni 202521 - 22 Juli 202518 - 19 Agustus 2025
26 - 27 Mei 2025 28 - 29 Juli 202525 - 26 Agustus 2025
    
September 2025Oktober 2025November 2025Desember 2025
1 - 2 September 20251 - 2 Oktober 20253 - 4 November 20251 - 2 Desember 2025
8 - 9 September 20256 - 7 Oktober 202510 - 11 November 20258 - 9 Desember 2025
15 - 16 September 202513 - 14 Oktober 202517 - 18 November 202515 - 16 Desember 2025
22 - 23 September 202520 - 21 Oktober 202524 - 25 November 202522 - 23 Desember 2025
29 - 30 September 202527 - 28 Oktober 2025 29 - 30 Desember 2025

INVESTMENT PRICE/PERSON :
1. Rp. 4.500.000/person (full fare) or
2. Rp. 4.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
3. Rp. 3.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS:
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with Full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
10. Qualified Instructor