Silabus Training :
MENGEMBANGKAN ELEMEN-ELEMEN STRATEGIS UNIK BAGI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA COMPETITIVE ADVANTAGE UKM
INTRODUCTION :
Elemen-Elemen Strategis Unik adalah Distinctive Competence yaitu tindakan yang dilakukan oleh perusahaan agar dapat melakukan kegiatan lebih baik dibandingkan pesaingnya. Suatu perusahaan yang memiliki kekuatan yang tidak mudah ditiru oleh perusahaan pesaing dipandang sebagai perusahaan yang memiliki “Distinctive Competence”. Distinctive competence menjelaskan kemampuan spesifik suatu organisasi. Day dan Wensley (1988) mengemukakan ada dua identifikasi Distinctive Competence dalam suatu organisasi, yaitu: pertama, Keahlian tenaga kerja dan kedua, Kemampuan sumber daya. Dua faktor tersebut menyebabkan perusahaan ini dapat lebih unggul dibandingkan dengan pesaingnya. Keahlian sumber daya manusia yang tinggi muncul dari kemampuan membentuk fungsi khusus yang lebih efektif dibanding dengan pesaing.
Elemen yang penting dalam proses Usaha Kecil Menengah (UKM) adalah kualitas para pekerja yang telah terampil dalam berproduksi. Meningkatkan kapabilitas inovasi manajemen dan pelayan terhadap pekerja melalui pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) memberikan kontribusi yang maksimal bagi organisasi.
Elemen strategis unik di UKM akan diperoleh, jika manajemen atau pemilik usaha memiliki kesadaran meningkatkan Keterampilan unggul yakni kemampuan khas personil yang memungkinkan perusahaan untuk merespon lebih cepat terhadap perubahan dalam pasar sebenarnya sudah dimiliki, juga sumber daya unggul atau persyaratan yang lebih nyata seperti skala manufaktur, lokasi, dan cakupan distribusi, yang memungkinkan perusahaan untuk melaksanakannya kemampuan juga dimiliki.
TRAINING MATERIAL OUTLINE :
1. SWOT Organisasi dan SWOT Personal
2. Menciptakan Produsen UKM dengan Kriteria VRIN
• Valuable (V): kapabilitas pemilik usaha UKM akan menjadi berharga jika dapat memberikan nilai strategis pada perusahaan.
• Rareness/Langka (R): kapabilitas pemilik usaha UKM yang sulit untuk ditemukan diantara para pesaing dan menjadi potensi perusahaan.
• Imperfect Imitability (I): pemilik usaha UKM dapat menjadi sumber keunggulan kompetitif yang berkelanjutan hanya jika perusahaan yang tidak memegang sumber daya ini tidak bisa mendapatkan mereka atau tidak dapat meniru sumber daya tersebut.
• Non-Substitution (N): Non-substitusi berarti bahwa sumber daya pemilik usaha UKM tidak dapat disubstitusikan oleh sumber daya alternatif lainnya.
3. Teknik-teknik Mengembangkan Elemen-elemen Strategis Unik
4. Aplikasi Elemen-elemen Strategis Unik di UKM
TRAINING METHOD:
Metode pembelajaran dalam pelatihan ini, menggunakan Metode Experiential Learning. Metode Experiential Learning adalah suatu metode proses belajar mengajar yang mengaktifkan pembelajar untuk membangun pengetahuan dan keterampilan serta nilai-nilai juga sikap melalui pengalamannya secara langsung. Oleh karena itu, metode ini akan bermakna tatkala pembelajar berperan serta dalam melakukan kegiatan. Setelah itu, mereka memandang kritis kegiatan tersebut. Kemudian, mereka mendapatkan pemahaman serta menuangkannya dalam bentuk lisan atau tulisan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Dalam hal ini, Experiential Learning menggunakan pengalaman sebagai katalisator untuk menolong pembelajar mengembangkan kapasitas dan kemampuannya dalam proses pembelajaran.
VENUE : Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)
TRAINING DURATION : 3 days
TRAINING TIME :
Januari 2024 | Februari 2024 | Maret 2024 | April 2024 |
3 – 5 Januari 2024 | 5 – 7 Februari 2024 | 4 – 6 Maret 2024 | 1 – 3 April 2024 |
8 – 10 Januari 2024 | 12 – 14 Februari 2024 | 12 – 14 Maret 2024 | 22 – 24 April 2024 |
15 – 17 Januari 2024 | 19 – 21 Februari 2024 | 18 – 20 Maret 2024 | 29 April – 1 Mei 2024 |
22 – 24 Januari 2024 | 26 – 28 Februari 2024 | 25 – 27 Maret 2024 | |
29 – 31 Januari 2024 | |||
Mei 2024 | Juni 2024 | Juli 2024 | Agustus 2024 |
6 – 8 Mei 2024 | 3 – 5 Juni 2024 | 1 – 3 Juli 2024 | 5 – 7 Agustus 2024 |
13 – 15 Mei 2024 | 10 – 12 Juni 2024 | 8 – 10 Juli 2024 | 12 – 14 Agustus 2024 |
20 – 22 Mei 2024 | 19 – 21 Juni 2024 | 15 – 17 Juli 2024 | 19 – 21 Agustus 2024 |
27 – 29 Mei 2024 | 24 – 26 Juni 2024 | 22 – 24 Juli 2024 | 26 – 28 Agustus 2024 |
29 – 31 Juli 2024 | |||
September 2024 | Oktober 2024 | November 2024 | Desember 2024 |
2 – 4 September 2024 | 1 – 3 Oktober 2024 | 4 – 6 November 2024 | 2 – 4 Desember 2024 |
9 – 11 September 2024 | 7 – 9 Oktober 2024 | 11 – 13 November 2024 | 9 – 11 Desember 2024 |
16 – 18 September 2024 | 14 – 16 Oktober 2024 | 18 – 20 November 2024 | 16 – 18 Desember 2024 |
23 – 25 September 2024 | 21 – 23 Oktober 2024 | 25 – 27 November 2024 | 26 – 28 Desember 2024 |
28 – 30 Oktober 2024 |
INVESTATION PRICE/PERSON :
1. Rp. 6.500.000/person (full fare) or
2. Rp. 6.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
3. Rp. 5.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)
FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: Notebook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with Full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
10. Qualified Instructor