MENGEMBANGKAN ELEMEN-ELEMEN STRATEGIS UNIK BAGI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA COMPETITIVE ADVANTAGE UKM

Silabus Training :

MENGEMBANGKAN ELEMEN-ELEMEN STRATEGIS UNIK BAGI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA COMPETITIVE ADVANTAGE UKM

 

INTRODUCTION :

Elemen-Elemen Strategis Unik adalah  Distinctive Competence  yaitu tindakan yang dilakukan oleh perusahaan agar dapat melakukan kegiatan lebih baik dibandingkan pesaingnya. Suatu perusahaan yang memiliki kekuatan yang tidak mudah ditiru oleh perusahaan pesaing dipandang sebagai perusahaan yang memiliki “Distinctive Competence”. Distinctive competence menjelaskan kemampuan spesifik suatu organisasi.  Day dan Wensley (1988) mengemukakan ada dua identifikasi Distinctive Competence dalam suatu organisasi, yaitu: pertama, Keahlian tenaga kerja dan kedua, Kemampuan sumber daya. Dua faktor tersebut menyebabkan perusahaan ini dapat lebih unggul dibandingkan dengan pesaingnya. Keahlian sumber daya manusia yang tinggi muncul dari kemampuan membentuk fungsi khusus yang lebih efektif dibanding dengan pesaing.

Elemen yang penting dalam proses Usaha Kecil Menengah (UKM) adalah kualitas para pekerja  yang  telah  terampil  dalam  berproduksi.  Meningkatkan kapabilitas inovasi  manajemen  dan  pelayan  terhadap  pekerja  melalui pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) memberikan kontribusi yang maksimal bagi organisasi.

Elemen strategis unik di UKM akan diperoleh, jika manajemen atau pemilik usaha memiliki kesadaran meningkatkan Keterampilan unggul yakni kemampuan khas personil yang memungkinkan perusahaan untuk merespon lebih cepat terhadap perubahan dalam pasar sebenarnya sudah dimiliki, juga sumber daya unggul atau  persyaratan yang lebih nyata seperti skala manufaktur, lokasi, dan cakupan distribusi, yang memungkinkan perusahaan untuk melaksanakannya kemampuan juga dimiliki.

 

TRAINING MATERIAL OUTLINE :

  1. SWOT Organisasi dan SWOT Personal
  2. Menciptakan Produsen UKM dengan Kriteria VRIN
  • Valuable (V): kapabilitas pemilik usaha UKM akan menjadi berharga jika dapat  memberikan nilai strategis pada perusahaan.
  • Rareness/Langka (R): kapabilitas pemilik usaha UKM yang sulit untuk ditemukan diantara para pesaing dan menjadi potensi perusahaan.
  • Imperfect Imitability (I): pemilik usaha UKM dapat menjadi sumber keunggulan kompetitif yang berkelanjutan hanya jika perusahaan yang tidak memegang sumber daya ini tidak bisa mendapatkan  mereka atau tidak dapat meniru sumber daya tersebut.
  • Non-Substitution (N): Non-substitusi berarti bahwa sumber daya pemilik usaha UKM tidak dapat disubstitusikan oleh sumber daya alternatif lainnya.
  1. Teknik-teknik Mengembangkan Elemen-elemen Strategis Unik
  2. Aplikasi Elemen-elemen Strategis Unik di UKM

 

TRAINING METHOD:

Metode pembelajaran dalam pelatihan ini, menggunakan Metode Experiential Learning.  Metode Experiential Learning adalah suatu metode proses belajar mengajar yang mengaktifkan pembelajar untuk membangun pengetahuan dan keterampilan serta nilai-nilai juga sikap melalui pengalamannya secara langsung. Oleh karena itu, metode ini akan bermakna tatkala pembelajar berperan serta dalam melakukan kegiatan.  Setelah itu, mereka memandang kritis kegiatan tersebut.  Kemudian, mereka mendapatkan pemahaman serta menuangkannya dalam bentuk lisan atau tulisan sesuai dengan tujuan pembelajaran.   Dalam hal ini, Experiential Learning  menggunakan pengalaman sebagai katalisator untuk menolong pembelajar mengembangkan kapasitas dan kemampuannya dalam proses pembelajaran.

INSTRUCTOR :   Awan Kostrad Diharto,SE.M.Ag (Cand. DR)

 

VENUE : Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)

 

TRAINING DURATION :  3 days

 

TRAINING TIME :

  1. 29 Jan 2020-31 Jan 2020
  2. 24 Feb 2020-26 Feb 2020
  3. 09 Mar 2020-11 Mar 2020
  4. 15 Apr 2020-17 Apr 2020
  5. 18 Mei 2020-20 Mei 2020
  6. 22 Jun 2020-24 Jun 2020
  7. 15 Jul 2020-17 Jul 2020
  8. 24 Agust 2020-26 Agust 2020
  9. 16 Sep 2020-18 Sep 2020
  10. 26 Okt 2020-28 Okt 2020
  11. 23 Nop 2020-25 Nop 2020
  12. 16 Des 2020-18 Des 2020

 

 

INVESTATION PRICE/PERSON :

  1. Rp. 6.500.000/person (full fare) or
  2. Rp. 6.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
  3. Rp. 5.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

 

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :

  1. Training Module
  2. Flash Disk contains training material
  3. Certificate
  4. Stationeries: Notebook and Ballpoint
  5. T-Shirt
  6. Backpack
  7. Training Photo
  8. Training room with Full AC facilities and multimedia
  9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
  10. Qualified Instructor
  11. Transportation for participants from hotel of participants to/from hotel of training – VV (if minimal participants is 4 persons from the same company)