MENGEMBANGKAN ELEMEN-ELEMEN STRATEGIS UNIK BAGI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA COMPETITIVE ADVANTAGE UKM

Silabus Training :
MENGEMBANGKAN ELEMEN-ELEMEN STRATEGIS UNIK BAGI UPAYA MENINGKATKAN KINERJA COMPETITIVE ADVANTAGE UKM

INTRODUCTION :
Elemen-Elemen Strategis Unik adalah Distinctive Competence yaitu tindakan yang dilakukan oleh perusahaan agar dapat melakukan kegiatan lebih baik dibandingkan pesaingnya. Suatu perusahaan yang memiliki kekuatan yang tidak mudah ditiru oleh perusahaan pesaing dipandang sebagai perusahaan yang memiliki “Distinctive Competence”. Distinctive competence menjelaskan kemampuan spesifik suatu organisasi. Day dan Wensley (1988) mengemukakan ada dua identifikasi Distinctive Competence dalam suatu organisasi, yaitu: pertama, Keahlian tenaga kerja dan kedua, Kemampuan sumber daya. Dua faktor tersebut menyebabkan perusahaan ini dapat lebih unggul dibandingkan dengan pesaingnya. Keahlian sumber daya manusia yang tinggi muncul dari kemampuan membentuk fungsi khusus yang lebih efektif dibanding dengan pesaing.
Elemen yang penting dalam proses Usaha Kecil Menengah (UKM) adalah kualitas para pekerja yang telah terampil dalam berproduksi. Meningkatkan kapabilitas inovasi manajemen dan pelayan terhadap pekerja melalui pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) memberikan kontribusi yang maksimal bagi organisasi.
Elemen strategis unik di UKM akan diperoleh, jika manajemen atau pemilik usaha memiliki kesadaran meningkatkan Keterampilan unggul yakni kemampuan khas personil yang memungkinkan perusahaan untuk merespon lebih cepat terhadap perubahan dalam pasar sebenarnya sudah dimiliki, juga sumber daya unggul atau persyaratan yang lebih nyata seperti skala manufaktur, lokasi, dan cakupan distribusi, yang memungkinkan perusahaan untuk melaksanakannya kemampuan juga dimiliki.

TRAINING MATERIAL OUTLINE :
1. SWOT Organisasi dan SWOT Personal
2. Menciptakan Produsen UKM dengan Kriteria VRIN
• Valuable (V): kapabilitas pemilik usaha UKM akan menjadi berharga jika dapat memberikan nilai strategis pada perusahaan.
• Rareness/Langka (R): kapabilitas pemilik usaha UKM yang sulit untuk ditemukan diantara para pesaing dan menjadi potensi perusahaan.
• Imperfect Imitability (I): pemilik usaha UKM dapat menjadi sumber keunggulan kompetitif yang berkelanjutan hanya jika perusahaan yang tidak memegang sumber daya ini tidak bisa mendapatkan mereka atau tidak dapat meniru sumber daya tersebut.
• Non-Substitution (N): Non-substitusi berarti bahwa sumber daya pemilik usaha UKM tidak dapat disubstitusikan oleh sumber daya alternatif lainnya.
3. Teknik-teknik Mengembangkan Elemen-elemen Strategis Unik
4. Aplikasi Elemen-elemen Strategis Unik di UKM

TRAINING METHOD:
Metode pembelajaran dalam pelatihan ini, menggunakan Metode Experiential Learning. Metode Experiential Learning adalah suatu metode proses belajar mengajar yang mengaktifkan pembelajar untuk membangun pengetahuan dan keterampilan serta nilai-nilai juga sikap melalui pengalamannya secara langsung. Oleh karena itu, metode ini akan bermakna tatkala pembelajar berperan serta dalam melakukan kegiatan. Setelah itu, mereka memandang kritis kegiatan tersebut. Kemudian, mereka mendapatkan pemahaman serta menuangkannya dalam bentuk lisan atau tulisan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Dalam hal ini, Experiential Learning menggunakan pengalaman sebagai katalisator untuk menolong pembelajar mengembangkan kapasitas dan kemampuannya dalam proses pembelajaran.

VENUE : Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)

TRAINING DURATION : 3 days

TRAINING TIME :

Januari 2025Februari 2025Maret 2025April 2025
2 - 4 Januari 20253 - 5 Februari 20253 - 5 Maret 20257 - 9 April 2025
6 - 8 Januari 202510 - 12 Februari 202510 - 12 Maret 202514 - 16 April 2025
13 - 15 Januari 202517 - 19 Februari 202517 - 19 Maret 202521 - 23 April 2025
20 - 22 Januari 202524 - 26 Februari 2025 28 - 30 April 2025
27 - 29 Januari 2025   
    
Mei 2025Juni 2025Juli 2025Agustus 2025
5 - 7 Mei 20252 - 4 Juni 20251 - 3 Juli 20254 - 6 Agustus 2025
12 - 14 Mei 20259 - 11 Juni 20257 - 9 Juli 202511 - 13 Agustus 2025
19 - 21 Mei 202516 - 18 Juni 202514 - 16 Juli 202518 - 20 Agustus 2025
26 - 28 Mei 202523 - 25 Juni 202521 - 23 Juli 202525 - 27 Agustus 2025
  28 - 30 Juli 2025 
    
September 2025Oktober 2025November 2025Desember 2025
1 - 3 September 20256 - 8 Oktober 20253 - 5 November 20251 - 3 Desember 2025
8 - 10 September 202513 - 15 Oktober 202510 - 12 November 20258 - 10 Desember 2025
15 - 17 September 202520 - 22 Oktober 202517 - 19 November 202515 - 17 Desember 2025
22 - 24 September 202527 - 29 Oktober 202524 - 26 November 202522 - 24 Desember 2025
29 Sep - 1 Okt 2025  29 - 31 Desember 2025

INVESTATION PRICE/PERSON :
1. Rp. 6.500.000/person (full fare) or
2. Rp. 6.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
3. Rp. 5.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: Notebook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with Full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
10. Qualified Instructor