MENGOPTIMALKAN KINERJA KARYAWAN BACK OFFICE

Training Syllabus:
MENGOPTIMALKAN KINERJA KARYAWAN BACK OFFICE

PENDAHULUAN :
Back Office adalah bagian terpenting dari perusahaan atau organisasi di mana tugas-tugas didedikasikan untuk menjalankan proses operasional, akuntansi, finansial, administrasi, teknologi, audit, pengolaan data, pajak, legal, pembelian, keamanan, dan kegiatan personalia tanpa interaksi dengan pelanggan. Diperlukan kompetensi dan kebiasaan kerja dalam rutinitas, yang diperkuat dengan integritas pribadi yang unggul. Termasuk, budaya kerja yang cerdas bertindak dengan kerja sama dalam kolaborasi dan sinergi dengan semua pihak terkait, agar fungsi dan peran Back Office untuk mendukung fungsi Front Line dapat dioptimalkan.
Back Office sebagai tulang punggung perusahaan harus selalu secara proaktif dalam disiplin yang tinggi mensuport kepentingan strategi perusahaan dengan tetap menjaga internal kontrol yang berkualitas, mampu berkolaborasi dengan Front Line dan semua pihak di Back Office, mampu membangun budaya trust yang etis, dan cerdas mengeksekusi setiap rencana dengan cara-cara yang terkalkulasi risikonya. Sistem dan etos kerja Back Office yang kolaboratif dalam internal kontrol yang solid akan menjadi pertahanan yang kuat untuk menjaga reputasi dan kredibilitas perusahaan.
Pelatihan selama 1 hari 8 jam ini akan fokus kepada peningkatan kinerja karyawan Back Office, khususnya melalui sub topik, yaitu: kekuatan back office dalam manajemen operasional perusahaan; back office dalam layananmanajemen operasi; aktivitas back office dalam budaya kolaborasi dan trust ; etika, integritas dan internal control untuk memperkuat back office. Semua sub topik tersebut terfokus untuk meningkatkan semangat kerja karyawan Back Office dalam rutinitas, serta mampu untuk menjalankan peran dan fungsi back office dengan efektif, dan berkemampuan untuk berkontribusi dan memberikan pelayanan secara konsisten dalam membantu aktivitas Front Line perusahaan.

TUJUAN TRAINING:
TUJUAN UMUM PELATIHAN
• Memahami dan mampu menjalankan peran, fungsi, dan tanggung jawab Back Office sebagai pendukung Front Line yang unggul.
• Mampu menyatu dalam manajemen operasi perusahaan.
• Mampu memimpin dan me-manaje diri sendiri untuk memberikan kepemimpinan dan kerja sama yang kuat.
• Mampu mengoptimalkan peran Back Office dalam menciptakan tata kelola perusahaan yang sehat dan unggul.
• Menguasai keterampilan kolaborasi dan internal kontrol untuk menciptakan pertahanan organisasi yang kuat.
• Mampu memberikan bantuan pelayanan unggul yang cepat dan terkendali kepada Front Line.
• Menguasai pengetahuan politik kantor, cara mengatasi konflik, kecerdasan emosional, etika, dan budaya kolaborasi.
• Mampu memiliki kepribadian yang unggul untuk menjaga dan merawat reputasi perusahaan.
• Mampu bekerja melalui prinsip kehati-hatian dan yang memperkuat pengendalian internal perusahaan.

TUJUAN KHUSUS PELATIHAN
Peserta akan memahami praktik-praktik terbaik dari kepemimpinan diri sendiri, kerja sama, internal kontrol, politik kantor, konflik, trust, dan budaya kerja positif; dalam memberdayakan semua fungsi dan peran pekerjaan mereka sebagai Back Office, serta terlibat secara proaktif untuk membatu kebutuhan Front Line perusahaan.

CAKUPAN MATERI TRAINING:
SESI 1: KEKUATAN BACK OFFICE DALAM MANAJEMEN OPERASIONAL PERUSAHAAN
Sub Bahasan
Fungsi dan peran karyawan back office
Karyawan back office dalam kekuatan manajemen operasional
Konsep dari manajemen operasional
Aktivitas back office untuk mendukung operasional perusahaan
Hubungan interfungsional antara fungsi operasi dan fungsi pendukung inti lainnya
Cara kerja dan tujuanKompetitif yang harus dimiliki karyawan back office
Strategi back office dalam mendukung strategi operasi perusahaan
Tahap-tahap kontribusi back office dalam operasi perusahaan

SESI 2: BACK OFFICE DALAM LAYANANMANAJEMEN OPERASI
Sub Bahasan
Pelayanan back office dengan efisiensi, efektivitas, kualitas, produktivitas, dan
biaya yang terkendali
Menghadapi tantangan dalam layanan manajemen operasi
Dimensi kualitas pelayanan back office
Mengelola pengalaman layanan dan terus berkontribusi
Melayani dengan hati dan pengabdian
Menjalankan hubungan kerja antar front-office dan back-office
Mengembangkan budaya kualitas layanan di masing-masing unit kerja
Service recovery di internal perusahaan
Waiting time management di internal perusahaan

SESI 3:AKTIVITAS BACK OFFICE DALAM BUDAYA KOLABORASI DAN TRUST
Sub Bahasan
Kolaborasimenyatukan totalitas energi sukses di dalam organisasi
Kolaborasi untuk memenuhi kebutuhan pelayanan pada semua tingkat di dalam organisasi
Mengatasi rintangan dalam kolaborasi
Pola pikirkolaboratif di dalam individu dan kelompok kerja organisasi
Kolaborasi diantara staf, keputusan, dan sumber daya
Metode kolaborasi yang efektif
Praktik terbaik dalam kolaborasi kerja
Komunikasi dan interaksi untuk kolaborasi terbaik
Budaya kolaborasi dan building trust di internal organisasi
Elemen penting dalam kolaborasi kerja
Pendekatan holistik untuk kolaborasi kerja di back office
Siklus kolaborasi di back office
Faktor-faktor yang mempengaruhi kolaborasi

SESI 4: ETIKA, INTEGRITAS DAN INTERNAL CONTROL UNTUK MEMPERKUAT BACK OFFICE
Sub Bahasan
Integritas dan etika dalam karakter kerja back office
Aspek integritas: kejujuran, keterusterangan, tanggung jawab, kedewasaan, kepercayaan, kesetiaan, kerja keras, anti korupsi
Aspek etika: karakter moral yang jujur, mampu membedakan yang benar dan salah, kehalusan budi, empati, dan kecermatan dalam membuat keputusan
Aspek Internal control: pemahaman dasar internal kontrol, tanggung jawab dalam internal kontrol, risk management, preventive dan detective, internal kontrol memperkuat back office

METODE TRAINING:
Fokus pada pelatihan aktif, presentasi, interaktif, diskusi kelompok, brainstorming, bermain peran, berpikir kreatif, simulasi, belajar dalam kompetisi permainan, studi kasus, latihan, bimbingan, diskusi, perenungan, experiential learning, icebreaker.

VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)

TRAINING DURATION : 2 days

TRAINING TIME :

Januari 2024Februari 2024Maret 2024April 2024
3 Januari 20245 Februari 20244 Maret 20241 April 2024
8 Januari 202412 Februari 202412 Maret 202422 April 2024
15 Januari 202419 Februari 202418 Maret 202429 April 2024
22 Januari 202426 Februari 202425 Maret 2024
29 Januari 2024
Mei 2024Juni 2024Juli 2024Agustus 2024
6 Mei 20243 Juni 20241 Juli 20245 Agustus 2024
13 Mei 202410 Juni 20248 Juli 202412 Agustus 2024
20 Mei 202419 Juni 202415 Juli 202419 Agustus 2024
27 Mei 202424 Juni 202422 Juli 202426 Agustus 2024
29 Juli 2024
September 2024Oktober 2024November 2024Desember 2024
2 September 20241 Oktober 20244 November 20242 Desember 2024
9 September 20247 Oktober 202411 November 20249 Desember 2024
16 September 202414 Oktober 202418 November 202416 Desember 2024
23 September 202421 Oktober 202425 November 202423 Desember 2024
28 Oktober 202430 Desember 2024

INVESTMENT/PERSON :
1. Rp. 4.500.000/person (full fare) or
2. Rp. 4.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
3. Rp. 3.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS:
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with Full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
10. Qualified Instructor