fbpx

MERANCANG MEDIA PROMOSI WISATA YANG EFEKTIF DAN EFISIEN

Training Syllabus:
MERANCANG MEDIA PROMOSI WISATA YANG EFEKTIF DAN EFISIEN

PENDAHULUAN:
Promosi tempat wisata dibutuhkan oleh daerah-daerah yang memiliki banyak potensi di tanah air. Upaya ini sangat penting dalam rangka penyelenggaraan otonomi daerah di Indonesia. Namun untuk mempromosikannya, tidak semuda serupa kegiatan yang dilakukan untuk produk perusahaan. Disamping karakternya yang berbeda, tempat wisata perlu dipromosikan dengan strategi promosi yang efektif dan efisien. Tujuan promosi pariwisata ini harus dirumuskan dengan jelas dalam rencana dan cetak biru pengembangan perekonomian daerah, sehingga menjadi barometer untuk pelaksanaan program promosi itu sendiri, sekaligus sebagai rujukan untuk kegiatan-kegiatan terkait. Promosi wisata yang dirancang dengan baik akan memberikan tambahan penerimaan asli daerah, dan mendorong proses multiplier perkembangan ekonomi lokalitas di sekitar daerah tujuan wisata.
SASARAN TRAINING:
Melalui pelatihan ini, peserta diharapkan dapat memahami promosi pariwisata dan menjadikan tempat wisata sebagai tujuan yang menarik, memantapkan citra wisata daerah, mengkomunikasikan produk-produk pariwisata, dan meningkatkan komunikasi dan hubungan yang baik dengan pihak-pihak terkait.

OBJEKTIF TRAINING:
• Peserta dapat memahami teknik-teknik promosi pariwisata
• Peserta dapat merancang strategi komunikasi yang efektif
• Peserta dapat mengimplementasikan strategi melalui media komunikasi yang efektif dan efisien.
CAKUPAN MATERI TRAINING:
• Mengidentifikasi potensi pariwisata
• Mensurvei harapan wisatawan/pengunjung
• Menetapkan tujuan promosi wisata yang terintegrasi
• Pengembangan Bauran Promosi (Advertising, Public Relations, Direct Marketing, Sales Promotion, Personal Selling)
• Kerangka dan Penyusunan Strategi Komunikasi
• Push Strategy dan Pull Strategy
• Mendesain pesan promosi yang efektif
• Creative Communication
• Perencanaan dan Pemilihan media (elektronik, cetak) yang efektif
• Merancang Marcomm (Marketing Communication) Tools
• Press Kit
• Teknik penulisan Advertorial
• Teknik Penulisan Online
• Teknik Desain media promosi
• Teknik Penulisan Caption Foto Publikasi
SIAPA SEBAIKNYA MENGIKUTI TRAINING INI?:
• Public Relations
• CSR bidang Pariwisata
• Dinas Pariwisata
• Fasilitator

METODE TRAINING:
• Presentasi
• Diskusi interaktif
• Praktik / Simulasi

VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)

TRAINING DURATION : 2 days

TRAINING TIME :

Januari 2024Februari 2024Maret 2024April 2024
3 Januari 20245 Februari 20244 Maret 20241 April 2024
8 Januari 202412 Februari 202412 Maret 202422 April 2024
15 Januari 202419 Februari 202418 Maret 202429 April 2024
22 Januari 202426 Februari 202425 Maret 2024
29 Januari 2024
Mei 2024Juni 2024Juli 2024Agustus 2024
6 Mei 20243 Juni 20241 Juli 20245 Agustus 2024
13 Mei 202410 Juni 20248 Juli 202412 Agustus 2024
20 Mei 202419 Juni 202415 Juli 202419 Agustus 2024
27 Mei 202424 Juni 202422 Juli 202426 Agustus 2024
29 Juli 2024
September 2024Oktober 2024November 2024Desember 2024
2 September 20241 Oktober 20244 November 20242 Desember 2024
9 September 20247 Oktober 202411 November 20249 Desember 2024
16 September 202414 Oktober 202418 November 202416 Desember 2024
23 September 202421 Oktober 202425 November 202423 Desember 2024
28 Oktober 202430 Desember 2024

INVESTMENT/PERSON :
1. Rp. 4.500.000/person (full fare) or
2. Rp. 4.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
3. Rp. 3.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak everyday of training
10. Qualified instructor