Training Syllabus:
MERANCANG MEDIA PROMOSI WISATA YANG EFEKTIF DAN EFISIEN
PENDAHULUAN:
Promosi tempat wisata dibutuhkan oleh daerah-daerah yang memiliki banyak potensi di tanah air. Upaya ini sangat penting dalam rangka penyelenggaraan otonomi daerah di Indonesia. Namun untuk mempromosikannya, tidak semuda serupa kegiatan yang dilakukan untuk produk perusahaan. Disamping karakternya yang berbeda, tempat wisata perlu dipromosikan dengan strategi promosi yang efektif dan efisien. Tujuan promosi pariwisata ini harus dirumuskan dengan jelas dalam rencana dan cetak biru pengembangan perekonomian daerah, sehingga menjadi barometer untuk pelaksanaan program promosi itu sendiri, sekaligus sebagai rujukan untuk kegiatan-kegiatan terkait. Promosi wisata yang dirancang dengan baik akan memberikan tambahan penerimaan asli daerah, dan mendorong proses multiplier perkembangan ekonomi lokalitas di sekitar daerah tujuan wisata.
SASARAN TRAINING:
Melalui pelatihan ini, peserta diharapkan dapat memahami promosi pariwisata dan menjadikan tempat wisata sebagai tujuan yang menarik, memantapkan citra wisata daerah, mengkomunikasikan produk-produk pariwisata, dan meningkatkan komunikasi dan hubungan yang baik dengan pihak-pihak terkait.
OBJEKTIF TRAINING:
• Peserta dapat memahami teknik-teknik promosi pariwisata
• Peserta dapat merancang strategi komunikasi yang efektif
• Peserta dapat mengimplementasikan strategi melalui media komunikasi yang efektif dan efisien.
CAKUPAN MATERI TRAINING:
• Mengidentifikasi potensi pariwisata
• Mensurvei harapan wisatawan/pengunjung
• Menetapkan tujuan promosi wisata yang terintegrasi
• Pengembangan Bauran Promosi (Advertising, Public Relations, Direct Marketing, Sales Promotion, Personal Selling)
• Kerangka dan Penyusunan Strategi Komunikasi
• Push Strategy dan Pull Strategy
• Mendesain pesan promosi yang efektif
• Creative Communication
• Perencanaan dan Pemilihan media (elektronik, cetak) yang efektif
• Merancang Marcomm (Marketing Communication) Tools
• Press Kit
• Teknik penulisan Advertorial
• Teknik Penulisan Online
• Teknik Desain media promosi
• Teknik Penulisan Caption Foto Publikasi
SIAPA SEBAIKNYA MENGIKUTI TRAINING INI?:
• Public Relations
• CSR bidang Pariwisata
• Dinas Pariwisata
• Fasilitator
METODE TRAINING:
• Presentasi
• Diskusi interaktif
• Praktik / Simulasi
VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)
TRAINING DURATION : 2 days
TRAINING TIME :
Januari 2024 | Februari 2024 | Maret 2024 | April 2024 |
3 Januari 2024 | 5 Februari 2024 | 4 Maret 2024 | 1 April 2024 |
8 Januari 2024 | 12 Februari 2024 | 12 Maret 2024 | 22 April 2024 |
15 Januari 2024 | 19 Februari 2024 | 18 Maret 2024 | 29 April 2024 |
22 Januari 2024 | 26 Februari 2024 | 25 Maret 2024 | |
29 Januari 2024 | |||
Mei 2024 | Juni 2024 | Juli 2024 | Agustus 2024 |
6 Mei 2024 | 3 Juni 2024 | 1 Juli 2024 | 5 Agustus 2024 |
13 Mei 2024 | 10 Juni 2024 | 8 Juli 2024 | 12 Agustus 2024 |
20 Mei 2024 | 19 Juni 2024 | 15 Juli 2024 | 19 Agustus 2024 |
27 Mei 2024 | 24 Juni 2024 | 22 Juli 2024 | 26 Agustus 2024 |
29 Juli 2024 | |||
September 2024 | Oktober 2024 | November 2024 | Desember 2024 |
2 September 2024 | 1 Oktober 2024 | 4 November 2024 | 2 Desember 2024 |
9 September 2024 | 7 Oktober 2024 | 11 November 2024 | 9 Desember 2024 |
16 September 2024 | 14 Oktober 2024 | 18 November 2024 | 16 Desember 2024 |
23 September 2024 | 21 Oktober 2024 | 25 November 2024 | 23 Desember 2024 |
28 Oktober 2024 | 30 Desember 2024 |
INVESTMENT/PERSON :
1. Rp. 4.500.000/person (full fare) or
2. Rp. 4.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
3. Rp. 3.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)
FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak everyday of training
10. Qualified instructor