Silabus Training :
OPERATION MANAGEMENT
LATAR BELAKANG:
Pengembangan Usaha bukanlah pekerjaan yang mudah dilakukan. Perubahan faktor-faktor lingkungan dengan intensitas yang semakin tinggi, akan sangat meningkatkan intensitas persaingan. Perubahan faktor-faktor lingkungan tersebut diantaranya meliputi :
1. Persaingan global yang semakin intensif.
2. Peningkatan perubahan teknologi
3. Pergeseran pada ekonomi digital, e-comerce, yang membutuhkan pengetahuan dan keterampilan yang semakin tinggi.
4. Peningkatan perubahan sosial.
Untuk berhasil dalam mengembangkan usaha, untuk survive dan tumbuh, perusahaan dituntut untuk dapat beroperasi dengan efisien dalam arti menggunakan resources yang dimiliki ( TK, Finansial, Waktu, dll) lebih sedikit dan efektif dalam arti senantiasa Fokus pada Customer, sehingga yang lama tetap setia dan yang baru bertambah secara berkesinambungan.
TUJUAN :
Tujuan utama pelatihan :
1. Memberikan wawasan pengetahuan mengenai operation management.
2. Memberikan pemahaman tentang teknik-teknik pengambilan keputusan dalam lingkup operasional perusahaan.
MANFAAT:
Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta memperoleh :
1. Pemahaman yang lebih baik tentang operation management.
2. Pemahaman yang lebih baik tentang teknik-teknik pengambilan keputusan yang pada umumnya digunakan dalam lingkup manajemen operasi.
SIAPA SEBAIKNYA MENGIKUTI TRAINING INI?:
Workshop ini dirancang khusus untuk :
1. Manajer dan staff Bagian Operasi
2. Manajer dan staff Bagian Pengembangan Produk
3. Manajer dan staff Bagian Produksi
4. Manajer dan staff Bagian Purna Jual
5. Pihak-pihak lainnya yang terlibat / berkepentingan dengan Bagian Operasi
METODE PENYAMPAIAN :
Para peserta diharapkan dapat terlibat secara aktif pada setiap sesi dari pelatihan ini yang akan dibawakan oleh para Instruktur dengan rincian muatan pelatihan sebagai berikut :
• Penjelasan teori, 30%
• Pemberian kasus sebagai bahan untuk simulasi dan diskusi kelompok, 30%
• Presentasi, diskusi, dan umpan balik dari peserta terhadap kasus-kasus yang diberikan, 40%
CAKUPAN MATERI TRAINING:
1. Konsep operation Management : memberikan pemahaman tentang konsep operation management, tujuan, sasaran, dan tolak ukur keberhasilannya, serta bagian-bagian utama yang ada didalamnya.
2. Sistem operasi.
3. Teknik-teknik pengambilan keputusan dalam proses inovasi.
4. Teknik-teknik pengambilan keputusan dalam proses produksi
5. Teknik-teknik pengambilan dalam proses pelayanan purna jual
6. Aktivitas-aktivitas pendukung dalam manajemen operasi
JADWAL PER HARI :
HARI 1:
1. Pembukaan dan Perkenalan
2. Konsep Manajemen Operasi
3. Sistem Operasi
4. Proses Inovasi
5. Proses Produksi
HARI 2:
1. Proses Purna Jual
2. Aktivitas-aktivitas Pendukung
3. Penutupan
VENUE : Kagum Group Hotel Bandung (Golden Flower, Banana Inn, Serela, Gino Feruci), Amaroossa Hotel, Noor Hotel, Grand Setiabudi Hotel, dll
TRAINING DURATION : 2 hari
WAKTU TRAINING :
Januari 2024 | Februari 2024 | Maret 2024 | April 2024 |
3 – 4 Januari 2024 | 5 – 6 Februari 2024 | 4 – 5 Maret 2024 | 1 – 2 April 2024 |
8 – 9 Januari 2024 | 12 – 13 Februari 2024 | 12 – 13 Maret 2024 | 22 – 23 April 2024 |
15 – 16 Januari 2024 | 19 – 20 Februari 2024 | 18 – 19 Maret 2024 | 29 – 30 April 2024 |
22 – 23 Januari 2024 | 26 – 27 Februari 2024 | 25 – 26 Maret 2024 | |
29 – 30 Januari 2024 | |||
Mei 2024 | Juni 2024 | Juli 2024 | Agustus 2024 |
6 – 7 Mei 2024 | 3 – 4 Juni 2024 | 1 – 2 Juli 2024 | 5 – 6 Agustus 2024 |
13 – 14 Mei 2024 | 10 – 11 Juni 2024 | 8 – 9 Juli 2024 | 12 – 13 Agustus 2024 |
20 – 21 Mei 2024 | 19 – 20 Juni 2024 | 15 – 16 Juli 2024 | 19 – 20 Agustus 2024 |
27 – 28 Mei 2024 | 24 – 25 Juni 2024 | 22 – 23 Juli 2024 | 26 – 27 Agustus 2024 |
29 – 30 Juli 2024 | |||
September 2024 | Oktober 2024 | November 2024 | Desember 2024 |
2 – 3 September 2024 | 1 – 2 Oktober 2024 | 4 – 5 November 2024 | 2 – 3 Desember 2024 |
9 – 10 September 2024 | 7 – 8 Oktober 2024 | 11 – 12 November 2024 | 9 – 10 Desember 2024 |
16 – 17 September 2024 | 14 – 15 Oktober 2024 | 18 – 19 November 2024 | 16 – 17 Desember 2024 |
23 – 24 September 2024 | 21 – 22 Oktober 2024 | 25 – 26 November 2024 | 23 – 24 Desember 2024 |
28 – 29 Oktober 2024 | 30 – 31 Desember 2024 |
HARGA INVESTASI/PESERTA :
1. Rp. 4.500.000/peserta (bayar penuh) atau
2. Rp. 4.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
3. Rp. 3.950.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)
FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
1. Modul Training
2. Flashdisk Training berisi materi training
3. Sertifikat
4. ATK: NoteBook dan Ballpoint
5. T-Shirt
6. Ransel
7. Foto Training
8. Ruang Training dengan fasilitas Full AC dan multimedia
9. Makan siang dan 2 kali coffeebreak
10. Instruktur yang Qualified