PENERAPAN PTK 007 Rev. 3 SEBAGAI PEDOMAN PENGADAAN BARANG DAN JASA INDUSTRI HULU MIGAS

Training Syllabus :
PENERAPAN PTK 007 Rev. 3
SEBAGAI PEDOMAN PENGADAAN BARANG DAN JASA INDUSTRI HULU MIGAS

DESCRIPTION :
Aktivitas Pengadaan Barang & Jasa di industri hulu migas mempunyai spesifikasi dan karakteristik khusus. Hal ini berhubungan dg karakteristik proses bisnisnya: HI-COST, HI-RISK, HI-TECH. Selain itu sistem PSC yg berlaku di Indonesia berdasarkan rezim kontrak dimana Pemerintah dlm hal ini diwakili SKKMigas bertindak sebagai pengawas, sedangkan KKKS sebagai operator lapangan migas. Oleh sebab itu diperlukan regulasi khusus yg mengatur tata kelola pengadaan barang dan jasa di hulu migas Indonesia.

TRAINING OBJECTIVE :
• Pengembangan kemampuan mengenai regulasi yg berlaku dlm proses pengadaan barang/ jasa di industri hulu migas Indonesia
• Peningkatan Pemahaman mengenai proses pengadaan barang/jasa di industri hulu migas Indonesia
• Identifikasi resiko dlm proses pengadaan barang & jasa berdasarkan regulasi yg berlaku di industri migas Indonesia.
• Antisipasi resiko dlm proses pengadaan barang & jasa berdasarkan regulasi yg berlaku.

TRAINING MATERIAL OUTLINE :
1. OVERVIEW
• Ruang Lingkup
• Kebijakan Umum
2. KEWENANGAN & PENGAWASAN
• Kewenangan KKKS dlm Tahap Eksplorasi
• Kewenangan KKKS dlm Keadaan Khusus
3. PENGUTAMAAN PENGGUNAAN BARANG/ JASA PRODUKSI DLM NEGERI
• Ketentuan Umum
• Pengutamaan Barang Produksi dlm Negeri
• Pengutamaan Jasa Produksi dlm Negeri
4. STRATEGI PENGADAAN
• Penyusunan Strategi Pengadaan
• Penyusunan Paket Tender
• Jenis & Masa Berlaku Kontrak
5. PERENCANAAN PENGADAAN BARANG/ JASA
• Daftar Pengadaan (Procurement List)
• Persetujuan Rencana Tender
6. PELAKU PENGADAAN BARANG/ JASA
• Pejabat Berwenang
• Pengguna Barang/ Jasa
• Pengelola Pengadaan
• Panitia Tender
• Penyedia Barang/ Jasa
7. HARGA PERKIRAAN SENDIRI/ OWNER ESTIMATED
• Ketentuan Umum
• Dasar-Dasar Penyusunan HPS/ OE
8. DOKUMEN PEMILIHAN PENYEDIA BARANG/ JASA
• Struktr Doukumen Pemilihan Penyedia Barang/ Jasa
• Dokumen Penilaian Kualifikasi
• Dokumen Tender
• Dokumen Penawaran
9. JAMINAN
• Jaminan Penawaran
• Jaminan Pelaksanaan
• Jaminan Uang Muka
• Jaminan Pemeliharaan
• Pencairan Jaminan
10. MEKANISME PEMILIHAN PENYEDIA BARANG & JASA
• Swakelola
• Metode Pelaksanaan Tender
• E-Proc
• Procurement Card
• Ketentuan Pelaksanaan dlm Pemilihan Penyedia Barang/ Jasa
11. TAHAPAN & TATA CARA PELELANGAN UMUM
• Pengumuman
• Pendaftaran Penyedia Barang/Jasa
• Peniliaian Kualifikasi
• Pengambilan Dokumen Tender
• Pemberian Penjelasan
• Protes
• Penyampaian Dokumen Penawaran
• Pembukaan Dokumen Penawaran
• Evaluasi Penawaran
• Negosiasi Harga Penawaran
• Penentuan Calon Pemenang Tender
• Keputusan Penetapan Calon Pemenang Tender
• Pengumuman Calon Pemenang Tender
• Sanggahan
• Persetujuan Hasil Pelaksanaan Tender
• Penunjukan Pemenang Tender
• Pengembalian Jaminan Penawaran
• Pelelangan Gagal
• Pelelangan Ulang
• Proses Lanjutan Lelang Ulang Gagal
• Pembatalan Pelelangan
• Tenggang Waktu PelelanganPekerjaan Mendahului Kontrak
12. KONTRAK
• Penerbitan Kontrak
• Isi Kontrak
• Pelaksanaan Pekerjaan Mendahului Kontrak
• Perubahan Lingkup Kerja (PLK) & Perpanjangan Jangka Waktu Kontrak (PJWK)
• Manajemen Kontrak
• Penyelesaian Perselisihan
• Penutupan Kontrak
13. PENILAIAN KINERJA & PENGAWASAN KKKS
• Penilaian Kinerja
• Pengawasan
14. PENGELOLAAN PENYEDIA BARANG/JASA
• Pembinaan
• Penilaian Kinerja
• Penghargaan Atas Kinerja
• Sanksi Terhadap Penyedia Barang/Jasa
• Katagori Pelanggaran
• Sanksi Berdasarkan Katagori Pelanggaran
15. PELAPORAN KEGIATAN PENGADAAN BARANG/JASA
• Laporan Rutin
• Laporan Non-Rutin

 

VENUE : Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)

TRAINING DURATION : 3 days

TRAINING TIME :

Januari 2024Februari 2024Maret 2024April 2024
3 – 5 Januari 20245 – 7 Februari 20244 – 6 Maret 20241 – 3 April 2024
8 – 10 Januari 202412 – 14 Februari 202412 – 14 Maret 202422 – 24 April 2024
15 – 17 Januari 202419 – 21 Februari 202418 – 20 Maret 202429 April – 1 Mei 2024
22 – 24 Januari 202426 – 28 Februari 202425 – 27 Maret 2024
29 – 31 Januari 2024
Mei 2024Juni 2024Juli 2024Agustus 2024
6 – 8 Mei 20243 – 5 Juni 20241 – 3 Juli 20245 – 7 Agustus 2024
13 – 15 Mei 202410 – 12 Juni 20248 – 10 Juli 202412 – 14 Agustus 2024
20 – 22 Mei 202419 – 21 Juni 202415 – 17 Juli 202419 – 21 Agustus 2024
27 – 29 Mei 202424 – 26 Juni 202422 – 24 Juli 202426 – 28 Agustus 2024
29 – 31 Juli 2024
September 2024Oktober 2024November 2024Desember 2024
2 – 4 September 20241 – 3 Oktober 20244 – 6 November 20242 – 4 Desember 2024
9 – 11 September 20247 – 9 Oktober 202411 – 13 November 20249 – 11 Desember 2024
16 – 18 September 202414 – 16 Oktober 202418 – 20 November 202416 – 18 Desember 2024
23 – 25 September 202421 – 23 Oktober 202425 – 27 November 202426 – 28 Desember 2024
28 – 30 Oktober 2024

INVESTMENT/ PERSON :

  1. Rp. 6.950.000/person (full fare) or
  2. Rp. 6.750.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
  3. Rp. 6.500.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with Full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
10. Qualified Instructor
11. Transportation for participants from hotel of participants to/from hotel of training – VV (if minimal participants is 4 persons from the same company).