PENGELOLAAN K3 DI PERGUDANGAN

Training Syllabus :
PENGELOLAAN K3 DI PERGUDANGAN

INTRODUCTION :
Sebagian besar industri memerlukan sarana gudang (warehouse) atau pergudangan (warehousing) yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara atau transit barang-barang sebelum sampai kepada pihak pemakai atau konsumen. Pergudangan memegang peranan yang sangat penting dalam kelangsungan operasional suatu industri atau perusahaan. Barang yang disimpan di gudang bisa dalam bentuk bahan baku, barang setengah jadi, suku cadang maupun produk jadi, dan lain sebagainya.
Agar kinerja pelayanan dan peningkatan produktivitas pergudangan tetap terjaga dengan baik, maka diperlukan antara lain pengelolaan Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3) atau Warehouse Safety Management yang efektip dan efisien.

TRAINING OBJECTIVE :
Peserta pelatihan akan mengetahui, memahami dan melaksanakan tentang prinsip-prinsip manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam mencegah, mengurangi dan mengendalikan bahaya-bahaya yang ada di Warehouse serta melakukan Audit K3 sehingga tidak terjadi kecelakaan kerja, kerusakan peralatan, kebakaran, penyakit akibat kerja, pencemaran lingkungan dan kerugian-kerugian lainnya dalam operasional Warehouse.

TRAINING MATERIAL OUTLINE :
1. Pengenalan Peraturan & Perundang-undangan K3 dari Pemerintah RI.
2. Pengenalan Standar-Standar K3 Nasional dan Internasional.
3. Pengenalan Prinsip-prinsip Dasar Manajemen Pengendalian Rugi.
4. Sekilas tentang Pengelolaan Warehouse (Overview of Warehousing Management).
5. Identifikasi Bahaya, Penilaian dan Pengendalian Risiko di Warehouse (bahaya fisik, bahaya kimia, bahaya biologi, bahaya ergonomi, dll).
6. Safe Materials Handling (manual handling, mechanical handling, work at height, ladder safety, etc.).
7. Fire Prevention and Protection Management.
8. Vehicles Safety in and around Warehouse (types of vehicle, managing deliveries & visitors, pedestrian safety, traffic routes, reversing vehicles, load safety, etc.).
9. Safe Materials Storage Systems.
10. Warehouse Safety Audit.

WHO SHOULD ATTEND THIS TRAINING?:
• Pimpinan Perusahaan
• Manajer Purchasing, Manajer Warehouse
• Staf Warehouse
• Staf Logistik
• Staf PPIC
• Staf K3

INSTRUCTOR : Trainer-trainer PT. MMS yang memiliki pengalaman dalam bidang K3 dan pergudangan baik di dunia Industri maupun akademik

VENUE : Kagum Group Hotel Bandung (Golden Flower, Banana Inn, Serela, Gino Feruci), Amaroossa Hotel, Noor Hotel, Grand Setiabudi Hotel, dll

TRAINING DURATION : 4 days

TRAINING TIME:

Januari 2025Februari 2025Maret 2025April 2025
6 - 9 Januari 20253 - 6 Februari 20253 - 6 Maret 20257 - 10 April 2025
13 - 16 Januari 202510 - 13 Februari 202510 - 13 Maret 202514 - 17 April 2025
20 - 23 Januari 202517 - 20 Februari 202517 - 20 Maret 202521 - 24 April 2025
27 - 30 Januari 202524 - 27 Februari 2025 28 Apr - 2 Mei 2025
    
Mei 2025Juni 2025Juli 2025Agustus 2025
5 - 8 Mei 20252 - 5 Juni 20251 - 4 Juli 20254 - 7 Agustus 2025
12 - 15 Mei 20259 - 12 Juni 20257 - 10 Juli 202511 - 14 Agustus 2025
19 - 22 Mei 202516 - 19 Juni 202514 - 17 Juli 202518 - 21 Agustus 2025
26 - 29 Mei 202523 - 26 Juni 202521 - 24 Juli 202525 - 28 Agustus 2025
  28 - 31 Juli 2025 
    
September 2025Oktober 2025November 2025Desember 2025
1 - 4 September 20256 - 9 Oktober 20253 - 6 November 20251 - 4 Desember 2025
8 - 11 September 202513 - 16 Oktober 202510 - 13 November 20258 - 11 Desember 2025
15 - 18 September 202520 - 23 Oktober 202517 - 20 November 202515 - 18 Desember 2025
22 - 25 September 202527 - 30 Oktober 202524 - 27 November 202522 - 25 Desember 2025
29 Sep - 2 Okt 2025   

 

HARGA INVESTASI/PESERTA :
1. Rp. 8.500.000, (bayar penuh) atau
2. Rp. 8.250.000, early bird yang membayar 2 minggu sebelum training, atau
3. Rp. 7.950.000, harga group, jika ada 3 peserta dari perusahaan yang sama

FASILITAS UNTUK PESERTA :
1. Modul Training
2. Flash Disk berisi materi training
3. ATK: Blocknote dan Ballpoint
4. T-Shirt
5. Ransel
6. Foto Training
7. Ruangan Training fasilitas Full AC dan multimedia
8. Lunch dan dua kali coffeebreak
9. Instruktur yang qualified dari praktisi serta akademisi
10. Transportasi untuk peserta dari penginapan peserta ke hotel tempat training PP (jika minimal ada 4 peserta dari satu perusahaan yang sama dan menginap ditempat yang sama)