Training Syllabus:
PENYUSUNAN PERENCANAAN STRATEGIK DAN EVALUASI KINERJA DENGAN MENGGUNAKAN ANALISA SWOT – BALANCED SCORECARD FRAMEWORK
(Pendekatan Praktis)
PENDAHULUAN:
Globalisasi menciptakan sebuah tantangan baru bagi setiap organisasi yang senantiasa berubah secara cepat. Guna menjawab tantangan tersebut, tentunya organisasi memerlukan sebuah perencana strategik dan dapat mengevaluasi kinerja organisasi secara proporsional.
Balanced scorecard (BSC) secara singkat adalah suatu sistem manajemen strategik untuk mengelola implementasi strategi, mengukur kinerja secara utuh, mengomunikasikan visi, strategi dan sasaran kepada stakeholders kedalam empat perspektif (keuangan, pelanggan, proses internal serta pembelajaran dan pertumbuhan). BSC membantu organisasi dalam mengatasi dua masalah utama yaitu pengukuran kinerja organisasi yang efektif dan penerapan strategi. BSC tidak hanya dapat diterapkan oleh perusahaan, namun juga dapat diterapkan oleh organisasi nir laba.
Work Shop ini akan memberikan gambaran kepada peserta bagaimana menyusun sebuah perencanaan strategik dan sebuah evaluasi kinerja dengan menggunakan rerangka BSC ini. Peserta akan dibimbing bagaimana melakukan analisa SWOT, untuk mendapatkan point penting kekukuatan (S), kelemahan (W), kesempatan (O) dan tantangan (T) dari organisasinya, kemudian merubahnya menjadi dasar penetapan tema alternatif strategi yang akan diterapkan. Lebih lanjut peserta akan di bimbing bagaiman menyusun sebuah visi dan misi berdasarkan analisa SWOT tersebut dan menterjemahkan dalam berbagai perencanaan, rencana tindakan, target, Key Performance Indikator (KPI) dan mengevaluasi kinerjanya kedalam empat perspektif BSC sehingga didapatkan suatu perencanaan yang koheren, terukur, seimbang yang dapat membantu organisasi berjalan secara efektif dan efisien.
Keunikan dan perbedaan workshop ini adalah menggabungkan berbagai pendekatan analisa strategik yaitu SWOT, Analytical Hierarchy Process (AHP), pendekatan statistik dalam penerapan BSC sehingga peserta dapat memahaminya secara lengkap, tidak hanya sebatas pada pengukuran kinerjan semata.
SASARAN PESERTA :
Mereka yang memiliki peran, fungsi serta tanggungjawab sebagai pengambil keputusan dalam organisasi yang menjadi Kunci dalam pergerakan perusahaan seperti para pemimpin organisasi, para manager, kepala bagian (Kabag), dan kepala sub bagian (Kasubag), pemimpin perusahaan,
pengusaha dan Semua pihak yang ingin meningkatkan pengetahuan seputar BSC dan ingin menerapkannya.
METODE TRAINING :
• Penyampaian konsep materi berdasarkan referensi pustaka dan pengalaman.
• Diskusi kelompok
• Latihan.
• Simulasi. Peserta akan melakukan simulasi dan perhitungan, sehingga akan lebih baik jika peserta membawa laptop dan akan jauh lebih baik jika sudah terinstal dengan software Analytical Hierarchy Process (AHP) seperti expert choice 11 dan SPSS. Jika tidak, pemateri akan menyampaikannya dan memberikan contoh penggunaan aplikasi komputer tersebut.
CAKUPAN MATERI TRAINING:
1. Analisis faktor faktor strategik internal dan eksternal (IFAS-EFAS)
2. Perumusan strategi organisasi berdasarkan hasil SWOT-BSC
3. Perumusan VISI dan MISI dengan rerangka BSC
4. Penyusununan peta strategi organisasi kedalam empat perspektif rerangka BSC
5. Penentuan ukuran pencapaian strategi (key performance indikator/KPI)
6. Penetapan target kedalam empat perspektif rerangka BSC
7. Perumusan inisiatif strategi dan menyusun prioritasnya dengan menggunakan AHP
8. Penyusunan program kedalam empat perspektif rerangka BSC
9. Penyusunan anggaran kedalam empat perspektif rerangka BSC
10. Evaluasi Kinerja empat perspektif rerangka BSC
TEMPAT TRAINING : Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)
DURASI TRAINING : 3 hari
WAKTU TRAINING :
Januari 2025 | Februari 2025 | Maret 2025 | April 2025 |
2 - 4 Januari 2025 | 3 - 5 Februari 2025 | 3 - 5 Maret 2025 | 7 - 9 April 2025 |
6 - 8 Januari 2025 | 10 - 12 Februari 2025 | 10 - 12 Maret 2025 | 14 - 16 April 2025 |
13 - 15 Januari 2025 | 17 - 19 Februari 2025 | 17 - 19 Maret 2025 | 21 - 23 April 2025 |
20 - 22 Januari 2025 | 24 - 26 Februari 2025 | 28 - 30 April 2025 | |
27 - 29 Januari 2025 | |||
Mei 2025 | Juni 2025 | Juli 2025 | Agustus 2025 |
5 - 7 Mei 2025 | 2 - 4 Juni 2025 | 1 - 3 Juli 2025 | 4 - 6 Agustus 2025 |
12 - 14 Mei 2025 | 9 - 11 Juni 2025 | 7 - 9 Juli 2025 | 11 - 13 Agustus 2025 |
19 - 21 Mei 2025 | 16 - 18 Juni 2025 | 14 - 16 Juli 2025 | 18 - 20 Agustus 2025 |
26 - 28 Mei 2025 | 23 - 25 Juni 2025 | 21 - 23 Juli 2025 | 25 - 27 Agustus 2025 |
28 - 30 Juli 2025 | |||
September 2025 | Oktober 2025 | November 2025 | Desember 2025 |
1 - 3 September 2025 | 6 - 8 Oktober 2025 | 3 - 5 November 2025 | 1 - 3 Desember 2025 |
8 - 10 September 2025 | 13 - 15 Oktober 2025 | 10 - 12 November 2025 | 8 - 10 Desember 2025 |
15 - 17 September 2025 | 20 - 22 Oktober 2025 | 17 - 19 November 2025 | 15 - 17 Desember 2025 |
22 - 24 September 2025 | 27 - 29 Oktober 2025 | 24 - 26 November 2025 | 22 - 24 Desember 2025 |
29 Sep - 1 Okt 2025 | 29 - 31 Desember 2025 |
HARGA INVESTASI/PESERTA :
1. Rp. 6.500.000/peserta (bayarpenuh) atau
2. Rp. 6.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
3. Rp. 5.950.000/peserta (peserta bergroup yang terdiridari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)
FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak everyday of training
10. Qualified instructor