PENYUSUNAN PERENCANAAN STRATEGIK DAN EVALUASI KINERJA DENGAN MENGGUNAKAN ANALISA SWOT – BALANCED SCORECARD FRAMEWORK

Training Syllabus:
PENYUSUNAN PERENCANAAN STRATEGIK DAN EVALUASI KINERJA DENGAN MENGGUNAKAN ANALISA SWOT – BALANCED SCORECARD FRAMEWORK
(Pendekatan Praktis)

PENDAHULUAN:
Globalisasi menciptakan sebuah tantangan baru bagi setiap organisasi yang senantiasa berubah secara cepat. Guna menjawab tantangan tersebut, tentunya organisasi memerlukan sebuah perencana strategik dan dapat mengevaluasi kinerja organisasi secara proporsional.
Balanced scorecard (BSC) secara singkat adalah suatu sistem manajemen strategik untuk mengelola implementasi strategi, mengukur kinerja secara utuh, mengomunikasikan visi, strategi dan sasaran kepada stakeholders kedalam empat perspektif (keuangan, pelanggan, proses internal serta pembelajaran dan pertumbuhan). BSC membantu organisasi dalam mengatasi dua masalah utama yaitu pengukuran kinerja organisasi yang efektif dan penerapan strategi. BSC tidak hanya dapat diterapkan oleh perusahaan, namun juga dapat diterapkan oleh organisasi nir laba.
Work Shop ini akan memberikan gambaran kepada peserta bagaimana menyusun sebuah perencanaan strategik dan sebuah evaluasi kinerja dengan menggunakan rerangka BSC ini. Peserta akan dibimbing bagaimana melakukan analisa SWOT, untuk mendapatkan point penting kekukuatan (S), kelemahan (W), kesempatan (O) dan tantangan (T) dari organisasinya, kemudian merubahnya menjadi dasar penetapan tema alternatif strategi yang akan diterapkan. Lebih lanjut peserta akan di bimbing bagaiman menyusun sebuah visi dan misi berdasarkan analisa SWOT tersebut dan menterjemahkan dalam berbagai perencanaan, rencana tindakan, target, Key Performance Indikator (KPI) dan mengevaluasi kinerjanya kedalam empat perspektif BSC sehingga didapatkan suatu perencanaan yang koheren, terukur, seimbang yang dapat membantu organisasi berjalan secara efektif dan efisien.
Keunikan dan perbedaan workshop ini adalah menggabungkan berbagai pendekatan analisa strategik yaitu SWOT, Analytical Hierarchy Process (AHP), pendekatan statistik dalam penerapan BSC sehingga peserta dapat memahaminya secara lengkap, tidak hanya sebatas pada pengukuran kinerjan semata.

SASARAN PESERTA :
Mereka yang memiliki peran, fungsi serta tanggungjawab sebagai pengambil keputusan dalam organisasi yang menjadi Kunci dalam pergerakan perusahaan seperti para pemimpin organisasi, para manager, kepala bagian (Kabag), dan kepala sub bagian (Kasubag), pemimpin perusahaan,

pengusaha dan Semua pihak yang ingin meningkatkan pengetahuan seputar BSC dan ingin menerapkannya.

METODE TRAINING :
• Penyampaian konsep materi berdasarkan referensi pustaka dan pengalaman.
• Diskusi kelompok
• Latihan.
• Simulasi. Peserta akan melakukan simulasi dan perhitungan, sehingga akan lebih baik jika peserta membawa laptop dan akan jauh lebih baik jika sudah terinstal dengan software Analytical Hierarchy Process (AHP) seperti expert choice 11 dan SPSS. Jika tidak, pemateri akan menyampaikannya dan memberikan contoh penggunaan aplikasi komputer tersebut.

CAKUPAN MATERI TRAINING:
1. Analisis faktor faktor strategik internal dan eksternal (IFAS-EFAS)
2. Perumusan strategi organisasi berdasarkan hasil SWOT-BSC
3. Perumusan VISI dan MISI dengan rerangka BSC
4. Penyusununan peta strategi organisasi kedalam empat perspektif rerangka BSC
5. Penentuan ukuran pencapaian strategi (key performance indikator/KPI)
6. Penetapan target kedalam empat perspektif rerangka BSC
7. Perumusan inisiatif strategi dan menyusun prioritasnya dengan menggunakan AHP
8. Penyusunan program kedalam empat perspektif rerangka BSC
9. Penyusunan anggaran kedalam empat perspektif rerangka BSC
10. Evaluasi Kinerja empat perspektif rerangka BSC

TEMPAT TRAINING : Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)

DURASI TRAINING : 3 hari

WAKTU TRAINING :

Januari 2025Februari 2025Maret 2025April 2025
2 - 4 Januari 20253 - 5 Februari 20253 - 5 Maret 20257 - 9 April 2025
6 - 8 Januari 202510 - 12 Februari 202510 - 12 Maret 202514 - 16 April 2025
13 - 15 Januari 202517 - 19 Februari 202517 - 19 Maret 202521 - 23 April 2025
20 - 22 Januari 202524 - 26 Februari 2025 28 - 30 April 2025
27 - 29 Januari 2025   
    
Mei 2025Juni 2025Juli 2025Agustus 2025
5 - 7 Mei 20252 - 4 Juni 20251 - 3 Juli 20254 - 6 Agustus 2025
12 - 14 Mei 20259 - 11 Juni 20257 - 9 Juli 202511 - 13 Agustus 2025
19 - 21 Mei 202516 - 18 Juni 202514 - 16 Juli 202518 - 20 Agustus 2025
26 - 28 Mei 202523 - 25 Juni 202521 - 23 Juli 202525 - 27 Agustus 2025
  28 - 30 Juli 2025 
    
September 2025Oktober 2025November 2025Desember 2025
1 - 3 September 20256 - 8 Oktober 20253 - 5 November 20251 - 3 Desember 2025
8 - 10 September 202513 - 15 Oktober 202510 - 12 November 20258 - 10 Desember 2025
15 - 17 September 202520 - 22 Oktober 202517 - 19 November 202515 - 17 Desember 2025
22 - 24 September 202527 - 29 Oktober 202524 - 26 November 202522 - 24 Desember 2025
29 Sep - 1 Okt 2025  29 - 31 Desember 2025

HARGA INVESTASI/PESERTA :
1. Rp. 6.500.000/peserta (bayarpenuh) atau
2. Rp. 6.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
3. Rp. 5.950.000/peserta (peserta bergroup yang terdiridari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak everyday of training
10. Qualified instructor