PROCUREMENT MANAGEMENT

Training Syllabus:
PROCUREMENT MANAGEMENT

TRAINING OVERVIEW :
Procurement (Pengadaan) adalah mendapatkan barang, jasa atau pekerjaan dari sumber eksternal luar. Hal ini akan menguntungkan jika yang diperoleh adalah barang, jasa atau pekerjaan yang tepat dan dibeli dengan biaya yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan pembeli dilihat dari segi kualitas dan kuantitas, waktu, dan lokasi. Perusahaan dan badan-badan publik sering mendefinisikan proses dimaksudkan untuk mempromosikan kompetisi yang adil dan terbuka untuk bisnis mereka dan meminimalkan terjadinya fraud dan kolusi

Dalam setiap aspek Business Procurement Management dapat menghemat atau memboroskan. Ini merupakan satu-satunya cara yang diperlukan melalui proses Procurement Management untuk memperoleh barang dan jasa dari luar organisasi pelaksana.

Selanjutnya, Proses Procurement Management merupakan tehnik dimana barang yang dibeli dari pemasok eksternal. Proses Procurement Management meliputi pengelolaan pemesanan, penerimaan, review dan persetujuan barang-barang dari pemasok. Hal ini juga menentukan bagaimana hubungan pemasok akan dicapai untuk memastikan tingkat layanan yang diterima.

Dalam pelatihan berdurasi dua hari ini Procurement Management akan dibahas dari perspektif pembeli dalam hubungan pembeli – penjual yang, bisa ada di berbagai tingkatan kerja tergantung pada area penerapannya.. Pelatihan ini mengasumsikan bahwa penjual adalah eksternal dari performing organization.

Secara umum, pelatihan ini memperkenalkan para peserta tentang konsep dan teori yang akan membantu peserta mengidentifikasi dan menganalisis berbagai aspek Procurement Management. Pelatihan ini berkaitan dengan Procurement Management sebagai komponen penting dari Supply Chain Maagement secara keseluruhan. Hal ini mencakup strategi pengadaan, proses dan prosedur pengadaan, spesifikasi pembelian, evaluasi pemasok dan seleksi, negosiasi dan administrasi kontrak, e-procurement dan outsourcing. Pelatihan ini juga berfokus pada hubungan timbal balik pengadaan dengan seluruh bidang fungsional organisasi. Pelatihan ini akan meningkatkan kemampuan Anda untuk unggul dalam Procurement atau pasokan rantai profesi Anda.
TUJUAN TRAINING :
Tujuan keseluruhan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi dan transparansi dalam proses Procurement peserta dalam pekerjaan sehari-hari mereka dan secara umum di tempat kerja mereka. Secara khusus, para peserta diharapkan pada akhir training mampu untuk:
• Memperoleh pengetahuan dan skill dari konsep dan best practice dalam bidang Procurement Management secara umum
• Memahami secara esensial konsep dan best practices tipe-tipe Procurement Management seperti: Public Procurement Management, Private-Sector Procurement, Project Procurement Management
• Mengetahui Proses-proses Procurement dan mendapatkan skill bagaimana menggunakan Standard Bidding Document (SBD)
• Memahami bagaimana melakukan pemilihan suppliers/vendors
• Mengetahui trend dalam bidang Procurement Management, yaitu: Procurement Management System, e-Procurement, etc

• Mendapatkan skill penggunaan Microsoft Project 2007/2010 pada Procurement Project Session dibawah bimbingan trainer yang berpengalaman dan trampil.

SIAPA YANG PERLU HADIR DALAM TRAINING INI ? :
• Procurement Managers / Senior Officers
• Purchasing Managers / Senior Officers
• Contract Administration Managers / Officers
• Project Managers / Engineers / Officers
• Para Manager dari bidang lain, Engineers dan Senior Staff yang membutuhkan keahlian untuk melakukan dan mengelola fungsi purchasing/procurement

TRAINING MATERIAL OUTLINE :
Hari ke-1:
• The Procurement Environment
• Understanding Definition:Procurement versus Purchasing
• Roles and Responsibilities
• Types of Procurement Management:
o Public Procurement Management
o Private Procurement Management
o Project Procurement Management
• Procurement Process
• The Bidding Process

Hari Ke- 2 :
• Standard Bidding Documents
• Procurement Planning and Budgeting
• Statement of Requirements
• Evaluation and Evaluation Methodologies
• Supplier/Vendor Selection
• Administrative Review
• Procurement Audits
• Procurement Ethics and Procurement Fraud
• Current Trends and Developments in Procurement

VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)

TRAINING DURATION : 2 days

TRAINING TIME :

Januari 2025Februari 2025Maret 2025April 2025
2 - 3 Januari 20253 - 4 Februari 20253 - 4 Maret 20257 - 8 April 2025
6 - 7 Januari 202510 - 11 Februari 202510 - 11 Maret 202514 - 15 April 2025
13 - 14 Januari 202517 - 18 Februari 202517 - 18 Maret 202521 - 22 April 2025
20 - 21 Januari 202524 - 25 Februari 2025 28 - 29 April 2025
27 - 28 Januari 2025   
    
Mei 2025Juni 2025Juli 2025Agustus 2025
2 - 3 Mei 20252 - 3 Juni 20251 - 2 Juli 20251 - 2 Agustus 2025
5 - 6 Mei 20259 - 10 Juni 20257 - 8 Juli 20254 - 5 Agustus 2025
12 - 13 Mei 202516 - 17 Juni 202514 - 15 Juli 202511 - 12 Agustus 2025
19 - 20 Mei 202523 - 24 Juni 202521 - 22 Juli 202518 - 19 Agustus 2025
26 - 27 Mei 2025 28 - 29 Juli 202525 - 26 Agustus 2025
    
September 2025Oktober 2025November 2025Desember 2025
1 - 2 September 20251 - 2 Oktober 20253 - 4 November 20251 - 2 Desember 2025
8 - 9 September 20256 - 7 Oktober 202510 - 11 November 20258 - 9 Desember 2025
15 - 16 September 202513 - 14 Oktober 202517 - 18 November 202515 - 16 Desember 2025
22 - 23 September 202520 - 21 Oktober 202524 - 25 November 202522 - 23 Desember 2025
29 - 30 September 202527 - 28 Oktober 2025 29 - 30 Desember 2025

INVESTMENT/PERSON :
1. Rp. 4.950.000/person (full fare) or
2. Rp. 4.750.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
3. Rp. 5.500.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS:
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Ransel
7. Training Photo
8. Training room with Full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
10. Qualified Instructor