Silabus Training :
PROCUREMENT PURCHASING MANAGEMENT
PENDAHULUAN
Efisiensi biaya, kemampuan untuk berinovasi, dan nilai kepada pelanggan salah satunya berasal dari bagaimana cara melakuakan proses pengaturan procurement dan bagaimana menjaga hubungan dengan supplier. Dalam prakteknya dalam proses procurement seringkali timbul permasalahan dalam proses pelaksanaannya, mulai dari perencanaan yang tidak terintegrasi, perubahan harga dan pasokan tersedia, seleksi supplier yang mengundang potensi fraud, miskomunikasi, hingga Vendor/Supplier yang wan prestasi terhadap order & kontrak. Tujuan dari training ini adalah untuk memberikan knowledge tetang prinsip-prinsip utama dan teori manajemen pembelian dan perannya dalam organisasi tertentu. Termasuk dalam konteks yang lebih luas dari jaringan pasokan kompleks global, dapat membantu organisasi perusahaan dalam mengatasi tantangan kompetisi, dan berkontribusi dalam mendukung pengembangan organisasi perusahaan dalam sekala makro. Dengan pelatihan procurement purchasing ini, maka peserta dapat memahami prinsip, teori, dan praktik manajemen procurement dan pasokan yang sudah mapan, evaluasi secara kritis, dan hubungkan ke berbagai aspek kinerja, memahami peran pembelian dan manajemen pasokan dalam organisasi, dan juga terhadap proses manajemen rantai pasokan lainnya, memahami dan menjelaskan proses manajemen pembelian, strategi pasokan, dan hubungan pemasok dalam berbagai konteks, menganalisis dan menilai secara kritis semua kekuatan strategi pasokan.
MANFAAT PELATIHAN
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta akan memiliki kemampuan untuk:
1. Memahami kode etik & prosedur baku procurement
2. Memahami tahapan administrasi & dokumentasi procurement mulai dari prakualifikasi supplier/vendor, analisa penawaran, kontrak, hingga proses tender
3. Memahami metode sourcing, teknik analisa penawaran, & strategi negosiasi
4. Memahami regulasi & konsep hukum bisnis
5. Memahami bagaimana proses menyeleksi, memilih, & mengevaluasi kinerja pemasok
METODE PELATIHAN
Class presentation, discussion, study analysis, & video presentation, dengan konsep:
TARGET PESERTA
Para Profesional di bidang:
1. Supply Chain/Logistics, Procurement/Purchasing, PPIC, Komite Pembelian, Unit Layanan Pengadaan.
2. GA, Administrasi Kontrak, Legal Perusahaan.
3. Project Manager, Internal Auditor, Compliance Unit.
4. Supervisor/Manager terkait proses Procurement.
5. Yang ingin meningkatkan kompetensi di bidang ini.
CAKUPAN MATERI TRAINING:
A. OVERVIEW PROCUREMENT MANAGEMENT
1. Procurement vs. Purchasing
2. Procurement dalam pengelolan Supply Chain
B. PERANAN PURCHASING DALAM ORGANISASI DAN SUPPLY CHAIN
1. Strategi Bisnis Organisasi Vs Procurement Strategi
2. Planning Dan Procurement Strategy
3. Prinsip Strategi Purchasing
4. Proses Pengembangan Strategi
5. Hubungan Dengan Fungsi Di Internal
6. The Future Trends Of Procurement Management
7. Procurement Policy And Procedure
8. Etika Kebijakan Procurement
C. GUIDANCE PROCUREMENT STRATEGY GUIDANCE
1. Internal Need Analysis,
2. Supply Market Analysis
3. Make Or Buy Insourcing Or Outsourcing Decision
4. Total Cost Of Ownership Model
5. Procurement Position And Supplier Perception Model
D. PROCUREMENT ADMINISTRATION PROCESS
1. Procurement Workflow
2. New Procrement Professional Skills
3. Electronic Data Interchange Procurement Technology
E. SUPPLIER RELATION MANAGEMENT VENDOR SELECTION AND EVALUATION STRATEGY
1. Identiikasi Kebutuhan, Persayaratan, Lingkup Pembatasan Dan Metode Penyeleksian Dan Evalusi Supplier
2. Supplier Quality Management
3. Pentingnya Aspek Kualitas Dalam Proses Procurement
4. Proses Penilaian Dan Pengembangan Kualitas Supplier
5. Buyer Supplier Partnership
6. Global Procurement Cross Border Procurement Managemen
F. CONTRACT MANAGEMERNT
1. Asas hukum kontrak
2. Siklus dalam system kontrak
3. Administrasi dalam isi kontrak management
4. Model-model kontrak
G. Procurement Negotiation Skill
1. Prinsip dasar procurement negoisasi
2. Negosiasi triangle dan triangle talk
3. Bargaining zone yang sesuai dalam melakukan negoisasi agreement
4. Procuremetn Negotiation Framework
Strategi alternative dalam menangani konflik negoisasi
H. PROCUREMENT RISK MANAGEMENT
1. Fungsi Proses Managemen Resiko dalam procurement
2. Metode mereview resiko Procuremen
3. Pemicu Risiko Procurement
4. Identifikasi area resiko Procurement.
VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)
TRAINING DURATION : 2 hari
WAKTU TRAINING :
Januari 2025 | Februari 2025 | Maret 2025 | April 2025 |
2 - 3 Januari 2025 | 3 - 4 Februari 2025 | 3 - 4 Maret 2025 | 7 - 8 April 2025 |
6 - 7 Januari 2025 | 10 - 11 Februari 2025 | 10 - 11 Maret 2025 | 14 - 15 April 2025 |
13 - 14 Januari 2025 | 17 - 18 Februari 2025 | 17 - 18 Maret 2025 | 21 - 22 April 2025 |
20 - 21 Januari 2025 | 24 - 25 Februari 2025 | 28 - 29 April 2025 | |
27 - 28 Januari 2025 | |||
Mei 2025 | Juni 2025 | Juli 2025 | Agustus 2025 |
2 - 3 Mei 2025 | 2 - 3 Juni 2025 | 1 - 2 Juli 2025 | 1 - 2 Agustus 2025 |
5 - 6 Mei 2025 | 9 - 10 Juni 2025 | 7 - 8 Juli 2025 | 4 - 5 Agustus 2025 |
12 - 13 Mei 2025 | 16 - 17 Juni 2025 | 14 - 15 Juli 2025 | 11 - 12 Agustus 2025 |
19 - 20 Mei 2025 | 23 - 24 Juni 2025 | 21 - 22 Juli 2025 | 18 - 19 Agustus 2025 |
26 - 27 Mei 2025 | 28 - 29 Juli 2025 | 25 - 26 Agustus 2025 | |
September 2025 | Oktober 2025 | November 2025 | Desember 2025 |
1 - 2 September 2025 | 1 - 2 Oktober 2025 | 3 - 4 November 2025 | 1 - 2 Desember 2025 |
8 - 9 September 2025 | 6 - 7 Oktober 2025 | 10 - 11 November 2025 | 8 - 9 Desember 2025 |
15 - 16 September 2025 | 13 - 14 Oktober 2025 | 17 - 18 November 2025 | 15 - 16 Desember 2025 |
22 - 23 September 2025 | 20 - 21 Oktober 2025 | 24 - 25 November 2025 | 22 - 23 Desember 2025 |
29 - 30 September 2025 | 27 - 28 Oktober 2025 | 29 - 30 Desember 2025 |
HARGA INVESTASI/PESERTA :
1. Rp. 4.950.000/peserta (bayar penuh) atau
2. Rp. 4.750.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
3. Rp. 4.000.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)
FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
1. Modul Training
2. Flashdisk Training berisi materi training
3. Sertifikat
4. ATK: Notes dan Ballpoint
5. T-Shirt
6. Ransel
7. Foto Training
8. Ruang Training dengan fasilitas Full AC dan multimedia
9. Makan siang dan 2 kali coffeebreak
10. Instruktur yang Qualified