PROJECT HSE MANAGEMENT

TUJUAN DAN MANFAAT:

Silabus Pelatihan:
PROJECT HSE MANAGEMENT

Project HSE Management menyediakan teknis praktis untuk merencanakan, mengimplementasikan dan memonitoring keefektifan dari HSE Management System. Peserta diharapkan dapat mengerti dan mampu untuk melakukan hal sbb:
1. Bagaimana mengidentifikasi dan menilai risiko selama day-to day activity.
2. Bagaimana mengidentifikasi system elemen dan aktivitas untuk memanage risk dan mengontrol loss, dan menyediakan dasar dari perbaikan secara terus-menerus (continual improvement).
3. Bagaimana untuk mengaplikasikan prinsip-prinsip manajemen profesional dan teknik design,pengembangan dan implementasi safety secara comprehensive.
4. Memberikan pengetahuan dan ketrampilan kepada Project Management team dan HSE Representative agar mampu memahami, mengimplementasikan dan memonitoring pekerjaan agar tujuan HSE dapat dicapai sesuai dengan peraturan yang ada.

SIAPA SEBAIKNYA MENGIKUTI TRAINING INI?:
a. HSE Department, Marketing, Procurement, Workshop, Operation Manager
b. Personal yang ingin memahami persyaratan Project HSE Management

CAKUPAN MATERI TRAINING:
1. Overview Peraturan Perundangan
• UU No 1/1970
• PP No. 19/1973
• UU No. 23/1997
• OSHA
• Peraturan terkait lainnya
2. HSE Management System
• Pemahaman dari penyebab kecelakaan dan biaya akibat kecelakaan dan kerugian lain, teknik pencegahan kerugian (loss prevention).
• Pengenalan HSE Management System dan Contractor Safety Management System di sektor minyak dan gas bumi.
• System Approach : OHSAS 18001:1999 vs Contactor Safety Management System.
3. HSE Program untuk pekerjaan di Proyek
• Sasaran dan target-target kinerja HSE dalam proyek.
• Program dan aktivitas kerja aman.
• Manajemen Resiko.
• Kesiagaan dan Rencana Tanggap Darurat.

4. Hazard Identification and Risk Assessment
• Pengertian istilah-istilah dari dampak, bahaya, probabilitas, dan resiko.
• Identifikasi bahaya pada bermacam aktivitas kerja proyek dan resiko terkait.
• Penentuan Tingkat Resiko dengan menggunakan matriks analisis resiko kualitatif.
• Penggunaan teknik-teknik penilaian resiko, seperti Job Safety Analysis (JSA) dll
5. Bahan Berbahaya dan Beracun serta Limbah dari Project.
• Dampak kegiatan proyek.
• Pencatatan bahan-bahan baku dan limbah yang berbahaya.
• Pemantauan lingkungan.
• Tanggap darurat pencemaran lingkungan.
6. Emergency Planning dan Preparadness.
• Definisi dan macam situasi keadaan darurat di kegiatan proyek lapangan.
• Struktur organisasi, pemberitahuan dan komunikasi, rencana tindakan untuk setiap keadaan darurat, evakuasi, dan penyelesaian.
• Identifikasi potensi/resiko besar di operasi pengeboran.
• Bagaimana menyiapkan pedoman program dan kesiapan tanggap darurat.
• Evakuasi dan latihan tanggap darurat.
7. Inspeksi dan Audit HSE.
• Macam-macam Inspeksi dan audit HSE.
• Prinsip-prinsip pemahaman dari inspeksi dan audit, peninjauan ulang terhadap bahaya dan resiko dan pelaksanaan hirarki pengendalian.
• Team inspeksi & audit dan persiapan checklist.
• Bagaimana merencanakan, melaksanakan dan menindaklanjuti inspeksi dan audit.
• Rekomendasi dan Tindak lanjut.
8. Personel Communication.
• Orientation.
• Safety Induction.
• Planned personel contact.
9. Identifying, Analyzing, and Documenting Critical Tasks.
• Critical tasks meaning.
• Improvement check review.
10. Measuring dan Monitoring Safety.
• Definisi dan klasifikasi kecederaan, penyakit akibat, kecelakaan lalulintas, kecelakaan kebakaran dan kerusakan properti.
• Pencatatan Statistik Jam Kerja dan Kecelakaan.
• Laporan aktivitas HSE.

11. Investigasi Kecelakaan.
• Proses dan teknik investigasi kecelakaan.
• Pengumpulan informasi, kenyataan/bukti, wawancara, bukti dokumentasi orang/fisik, rekonstruksi, dll.
• Analysis kecelakaan : Root Cause Anlysis.
• Menetapkan konklusi dan tindakan perbaikan.
• Penyiapan dan penyuguhan laporan.
• Pelaksanaan dan tindak lanjut dari tindakan perbaikan.
12. Controlling Property Damage.
• Hubungan antara property damage dan cidera (harm).
• Loss caution model.
• Damage control.
• Personnel observation.
• Evaluasi property damage problem.
• Damage control project cost analysis.
13. Group Communication
• Teknik Safety Talk.
• Metode memimpin rapat.
• Pencatatan dan tindak lanjut.
14. Permit System.
• Cold Work.
• Hot Work.
• Excavation
• Confined Space Entry.

METODE TRAINING:
Pelatihan ini dilaksanakan dengan metode penyampaian materi, diskusi dan tanya jawab, kerja kelompok, demonstrasi oleh instruktur dan demonstrasi peserta pelatihan.

VENUE : Kagum Group Hotel Bandung (Golden Flower, Banana Inn, Serela, Gino Feruci), Amaroossa Hotel, Noor Hotel, Grand Setiabudi Hotel, dll

TRAINING DURATION : 3 days

TRAINING TIME :

Januari 2024Februari 2024Maret 2024April 2024
3 – 5 Januari 20245 – 7 Februari 20244 – 6 Maret 20241 – 3 April 2024
8 – 10 Januari 202412 – 14 Februari 202412 – 14 Maret 202422 – 24 April 2024
15 – 17 Januari 202419 – 21 Februari 202418 – 20 Maret 202429 April – 1 Mei 2024
22 – 24 Januari 202426 – 28 Februari 202425 – 27 Maret 2024
29 – 31 Januari 2024
Mei 2024Juni 2024Juli 2024Agustus 2024
6 – 8 Mei 20243 – 5 Juni 20241 – 3 Juli 20245 – 7 Agustus 2024
13 – 15 Mei 202410 – 12 Juni 20248 – 10 Juli 202412 – 14 Agustus 2024
20 – 22 Mei 202419 – 21 Juni 202415 – 17 Juli 202419 – 21 Agustus 2024
27 – 29 Mei 202424 – 26 Juni 202422 – 24 Juli 202426 – 28 Agustus 2024
29 – 31 Juli 2024
September 2024Oktober 2024November 2024Desember 2024
2 – 4 September 20241 – 3 Oktober 20244 – 6 November 20242 – 4 Desember 2024
9 – 11 September 20247 – 9 Oktober 202411 – 13 November 20249 – 11 Desember 2024
16 – 18 September 202414 – 16 Oktober 202418 – 20 November 202416 – 18 Desember 2024
23 – 25 September 202421 – 23 Oktober 202425 – 27 November 202426 – 28 Desember 2024
28 – 30 Oktober 2024

 

HARGA INVESTASI/PESERTA:
1. Rp 6.500.000(bayar penuh) atau
2. Rp 6.250.000, early bird,yang membayar 2 minggu sebelum training, atau
3. Rp 5.950.000, harga group,jika ada 3 peserta dari perusahaan yang sama

FASILITAS UNTUK PESERTA :
1. Modul Training
2. Flash Disk berisi materi training
3. ATK: NoteBook dan Ballpoint
4. T-Shirt
5. Ransel
6. Foto Training
7. Ruangan Training fasilitas Full AC dan multimedia
8. Lunch dan dua kali coffeebreak
9. Instruktur yang qualified dari praktisi dan akademisi yang berpengalaman dalam penerapan Manajemen Mutu
10. Transportasi untuk peserta dari penginapan peserta ke hotel tempat training PP (jika minimal 4 peserta dari perusahaan yang sama dan menginap ditempat yang sama)