PROJECT HSE MANAGEMENT

Silabus Pelatihan:
PROJECT HSE MANAGEMENT

Project HSE Management menyediakan teknis praktis untuk merencanakan, mengimplementasikan dan memonitoring keefektifan dari HSE Management System. Peserta diharapkan dapat mengerti dan mampu untuk melakukan hal sbb:
1. Bagaimana mengidentifikasi dan menilai risiko selama day-to day activity.
2. Bagaimana mengidentifikasi system elemen dan aktivitas untuk memanage risk dan mengontrol loss, dan menyediakan dasar dari perbaikan secara terus-menerus (continual improvement).
3. Bagaimana untuk mengaplikasikan prinsip-prinsip manajemen profesional dan teknik design,pengembangan dan implementasi safety secara comprehensive.
4. Memberikan pengetahuan dan ketrampilan kepada Project Management team dan HSE Representative agar mampu memahami, mengimplementasikan dan memonitoring pekerjaan agar tujuan HSE dapat dicapai sesuai dengan peraturan yang ada.

SIAPA SEBAIKNYA MENGIKUTI TRAINING INI?:
a. HSE Department, Marketing, Procurement, Workshop, Operation Manager
b. Personal yang ingin memahami persyaratan Project HSE Management

CAKUPAN MATERI TRAINING:
1. Overview Peraturan Perundangan
• UU No 1/1970
• PP No. 19/1973
• UU No. 23/1997
• OSHA
• Peraturan terkait lainnya
2. HSE Management System
• Pemahaman dari penyebab kecelakaan dan biaya akibat kecelakaan dan kerugian lain, teknik pencegahan kerugian (loss prevention).
• Pengenalan HSE Management System dan Contractor Safety Management System di sektor minyak dan gas bumi.
• System Approach : OHSAS 18001:1999 vs Contactor Safety Management System.
3. HSE Program untuk pekerjaan di Proyek
• Sasaran dan target-target kinerja HSE dalam proyek.
• Program dan aktivitas kerja aman.
• Manajemen Resiko.
• Kesiagaan dan Rencana Tanggap Darurat.

4. Hazard Identification and Risk Assessment
• Pengertian istilah-istilah dari dampak, bahaya, probabilitas, dan resiko.
• Identifikasi bahaya pada bermacam aktivitas kerja proyek dan resiko terkait.
• Penentuan Tingkat Resiko dengan menggunakan matriks analisis resiko kualitatif.
• Penggunaan teknik-teknik penilaian resiko, seperti Job Safety Analysis (JSA) dll
5. Bahan Berbahaya dan Beracun serta Limbah dari Project.
• Dampak kegiatan proyek.
• Pencatatan bahan-bahan baku dan limbah yang berbahaya.
• Pemantauan lingkungan.
• Tanggap darurat pencemaran lingkungan.
6. Emergency Planning dan Preparadness.
• Definisi dan macam situasi keadaan darurat di kegiatan proyek lapangan.
• Struktur organisasi, pemberitahuan dan komunikasi, rencana tindakan untuk setiap keadaan darurat, evakuasi, dan penyelesaian.
• Identifikasi potensi/resiko besar di operasi pengeboran.
• Bagaimana menyiapkan pedoman program dan kesiapan tanggap darurat.
• Evakuasi dan latihan tanggap darurat.
7. Inspeksi dan Audit HSE.
• Macam-macam Inspeksi dan audit HSE.
• Prinsip-prinsip pemahaman dari inspeksi dan audit, peninjauan ulang terhadap bahaya dan resiko dan pelaksanaan hirarki pengendalian.
• Team inspeksi & audit dan persiapan checklist.
• Bagaimana merencanakan, melaksanakan dan menindaklanjuti inspeksi dan audit.
• Rekomendasi dan Tindak lanjut.
8. Personel Communication.
• Orientation.
• Safety Induction.
• Planned personel contact.
9. Identifying, Analyzing, and Documenting Critical Tasks.
• Critical tasks meaning.
• Improvement check review.
10. Measuring dan Monitoring Safety.
• Definisi dan klasifikasi kecederaan, penyakit akibat, kecelakaan lalulintas, kecelakaan kebakaran dan kerusakan properti.
• Pencatatan Statistik Jam Kerja dan Kecelakaan.
• Laporan aktivitas HSE.

11. Investigasi Kecelakaan.
• Proses dan teknik investigasi kecelakaan.
• Pengumpulan informasi, kenyataan/bukti, wawancara, bukti dokumentasi orang/fisik, rekonstruksi, dll.
• Analysis kecelakaan : Root Cause Anlysis.
• Menetapkan konklusi dan tindakan perbaikan.
• Penyiapan dan penyuguhan laporan.
• Pelaksanaan dan tindak lanjut dari tindakan perbaikan.
12. Controlling Property Damage.
• Hubungan antara property damage dan cidera (harm).
• Loss caution model.
• Damage control.
• Personnel observation.
• Evaluasi property damage problem.
• Damage control project cost analysis.
13. Group Communication
• Teknik Safety Talk.
• Metode memimpin rapat.
• Pencatatan dan tindak lanjut.
14. Permit System.
• Cold Work.
• Hot Work.
• Excavation
• Confined Space Entry.

METODE TRAINING:
Pelatihan ini dilaksanakan dengan metode penyampaian materi, diskusi dan tanya jawab, kerja kelompok, demonstrasi oleh instruktur dan demonstrasi peserta pelatihan.

VENUE : Kagum Group Hotel Bandung (Golden Flower, Banana Inn, Serela, Gino Feruci), Amaroossa Hotel, Noor Hotel, Grand Setiabudi Hotel, dll

TRAINING DURATION : 3 days

TRAINING TIME :

Januari 2025Februari 2025Maret 2025April 2025
2 - 4 Januari 20253 - 5 Februari 20253 - 5 Maret 20257 - 9 April 2025
6 - 8 Januari 202510 - 12 Februari 202510 - 12 Maret 202514 - 16 April 2025
13 - 15 Januari 202517 - 19 Februari 202517 - 19 Maret 202521 - 23 April 2025
20 - 22 Januari 202524 - 26 Februari 2025 28 - 30 April 2025
27 - 29 Januari 2025   
    
Mei 2025Juni 2025Juli 2025Agustus 2025
5 - 7 Mei 20252 - 4 Juni 20251 - 3 Juli 20254 - 6 Agustus 2025
12 - 14 Mei 20259 - 11 Juni 20257 - 9 Juli 202511 - 13 Agustus 2025
19 - 21 Mei 202516 - 18 Juni 202514 - 16 Juli 202518 - 20 Agustus 2025
26 - 28 Mei 202523 - 25 Juni 202521 - 23 Juli 202525 - 27 Agustus 2025
  28 - 30 Juli 2025 
    
September 2025Oktober 2025November 2025Desember 2025
1 - 3 September 20256 - 8 Oktober 20253 - 5 November 20251 - 3 Desember 2025
8 - 10 September 202513 - 15 Oktober 202510 - 12 November 20258 - 10 Desember 2025
15 - 17 September 202520 - 22 Oktober 202517 - 19 November 202515 - 17 Desember 2025
22 - 24 September 202527 - 29 Oktober 202524 - 26 November 202522 - 24 Desember 2025
29 Sep - 1 Okt 2025  29 - 31 Desember 2025

 

HARGA INVESTASI/PESERTA:
1. Rp 6.500.000(bayar penuh) atau
2. Rp 6.250.000, early bird,yang membayar 2 minggu sebelum training, atau
3. Rp 5.950.000, harga group,jika ada 3 peserta dari perusahaan yang sama

FASILITAS UNTUK PESERTA :
1. Modul Training
2. Flash Disk berisi materi training
3. ATK: NoteBook dan Ballpoint
4. T-Shirt
5. Ransel
6. Foto Training
7. Ruangan Training fasilitas Full AC dan multimedia
8. Lunch dan dua kali coffeebreak
9. Instruktur yang qualified dari praktisi dan akademisi yang berpengalaman dalam penerapan Manajemen Mutu