SAFETY MANAGEMENT FOR SUPERVISORS AND MANAGERS

Training Syllabus :
“SAFETY MANAGEMENT FOR SUPERVISORS AND MANAGERS”

INTRODUCTION :
Para supervisor dan manajer sangat berperan penting dalam peran dan tanggung jawabnya untuk memastikan bahwa bagian-bagian perusahaan yang dibawah kendalinya beroperasi pada tingkat efisiensi maksimum, tidak hanya dibidang produksi dan mutu tetapi juga dibidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) atau Occupational Health & Safety (OHS) atau dikenal dengan istilah Safety.
Para supervisor dan manajer dapat memberi banyak pengaruh dan motivasi terhadap para pekerja dalam menciptakan suasana dan kondisi kerja yang aman melalui sikap panutan dan kepedulian dari mereka (supervisor & manajer) terhadap K3/safety. Untuk mencapai hal ini, para supervisor dan manajer harus memahami dan/atau mengerti terlebih dahulu tentang pengelolaan K3 (Safety Management) yang efektip dan efisien termasuk implementasinya.

TRAINING OBJECTIVE :
Para peserta pelatihan akan dapat mengetahui, memahami dan melaksanakan prinsip-prinsip Safety Management mulai dari tahap perencanaan (planning), pelaksanaan (implementing), pemeriksaan (checking/auditing) dan pengendalian/ pengontrolan (controlling) berdasarkan peraturan perundang-undangan dari pemerintah Republik Indonesia dan standar-standar K3 yang sudah diakui baik secara nasional maupun internasional termasuk best safe work practices, sehingga para supervisor, manajer dan karyawan/pegawai dapat mencegah, mengurangi atau mengendalikan kecelakaan/insiden dan kerugian-kerugian lainnya.

TRAINING MATERIAL OUTLINE :
1. Pengenalan tentang Peraturan Perundang-undangan K3 dari Pemerintah RI.
2. Pengenalan tentang Standar-Standar K3 Nasional & Internasional .
3. Prinsip-Prinsip Dasar Manajemen Pengendalian Rugi.
4. Akuntabilitas Kepemimpinan K3 Dalam OEMS (Operational Excellence Management System).
5. Keterlibatan & Komitmen Manajemen/ Peran & Tanggung Jawab Manajemen Dalam K3.
6. Supervision Safety Expectations & Individual Safety Expectations.
7. Sistem Manajemen K3 Berdasarkan OHSAS 18001: 2007.
8. Identifikasi Bahaya, Penilaian & Pengendalian Risiko di Tempat Kerja.
9. Safety Golden Rules & Best Safe Work Practices.
10. Komunikasi Perorangan dan Komunikasi Kelompok Dalam K3.
11. Promosi Umum K3.
12. Audit & Inspeksi K3.
13. Studi Kasus & Pemutaran Film/Video K3. Pre-Course Assessment & Post-Course Assessment.

WHO SHOULD ATTEND?
Para Manager, Superintendent dan Supervisor dari berbagai departemen/bagian yang ada didalam perusahaan.

VENUE : Kagum Group Hotel Bandung (Golden Flower, Banana Inn, Serela, Gino Feruci), Amaroossa Hotel, Noor Hotel, Grand Setiabudi Hotel, dll

TRAINING DURATION : 4 days

TRAINING TIME :

Januari 2024Februari 2024Maret 2024April 2024
2 – 5 Januari 20245 – 8 Februari 20244 – 7 Maret 20241 – 4 April 2024
8 – 11 Januari 202412 – 15 Februari 202412 – 15 Maret 202422 – 25 April 2024
15 – 18 Januari 202419 – 22 Februari 202418 – 21 Maret 202429 April – 2 Mei 2024
22 – 25 Januari 202426 – 29 Februari 202425 – 28 Maret 2024
29 Jan – 1 Feb 2024
Mei 2024Juni 2024Juli 2024Agustus 2024
6 – 9 Mei 20243 – 6 Juni 20241 – 4 Juli 20245 – 8 Agustus 2024
13 – 16 Mei 202410 – 13 Juni 20248 – 11 Juli 202412 – 15 Agustus 2024
20 – 23 Mei 202419 – 22 Juni 202415 – 18 Juli 202419 – 22 Agustus 2024
27 – 30 Mei 202424 – 27 Juni 202422 – 25 Juli 202426 – 29 Agustus 2024
29 Juli – 1 Agus 2024
September 2024Oktober 2024November 2024Desember 2024
2 – 5 September 20241 – 4 Oktober 20244 – 7 November 20242 – 5 Desember 2024
9 – 12 September 20247 – 10 Oktober 202411 – 14 November 20249 – 12 Desember 2024
16 – 19 September 202414 – 17 Oktober 202418 – 21 November 202416 – 19 Desember 2024
23 – 26 September 202421 – 24 Oktober 202425 – 28 November 2024
28 – 31 Oktober 2024

 

INVESTMENT PRICE/PERSON :
1. Rp 8.750.000/person (full fare) or
2. Rp 8.500.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
3. Rp 8.250.000/person (if there are 3 or more participants from the same company)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with Full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
10. Qualified Instructor