SALESMANSHIP SKILLS : VALUE-BASED SELLING

Training Syllabus :
SALESMANSHIP SKILLS : VALUE-BASED SELLING

PENDAHULUAN :
Value-Based Selling (VBS) adalah keterampilan penjualan yang berorientasi pada kebutuhan dan kepuasan konsumen. Teknik ini secara luas dikenal sebagai sebuah teknik yang efektif karena kesan customer-orientednya. Menguasai keterampilan VBS akan membantu seorang penjual untuk menggali kebutuhan dari konsumennya, mempresentasikan produk sesuai kebutuhan konsumennya, dan menutup penjualan secara elegan. Peserta juga dibekali teknik-teknik dasar dari NLP (Neuro-Linguistic Programming) sehingga peserta memiliki keterampilan tambahan dalam mengoptimalkan penggunaan kata-kata dan bahasa tubuhnya.

TUJUAN TRAINING :
 Peserta memahami konsep penjualan berbasis nilai.
 Peserta memahami siklus penjualan yang efektif.
 Peserta memahami strategi menyesuaikan pendekatan pada konsumen.
 Peserta memahami strategi menggali kebutuhan konsumen dengan mengajukan pertanyaan yang tepat.
 Peserta memahami strategi mempresentasikan produk kepada konsumen yang berbeda-beda.
 Peserta memahami strategi menutup penjualan yang efektif.
 Peserta memahami pentingnya melakukan follow up dan after sales service.

CAKUPAN MATERI TRAINING :
1. Personal Excellence for Sales Person
• Mampu mengelola kondisi pikiran dan mental sehingga mampu bertindak tepat di waktu yang dibutuhkan (menelpon, membuat janji, presentasi dll).
• Mampu menyikapi “kegagalan” (penolakan, keberatan, pelecehan, dll) dengan bijak dan tetap mempertahankan sikap mental positif.
• Memahami kekuatan fleksibilitas dalam mengelola kesuksesan pribadi (self-regulation).
2. Selling 1o1
• Memahami piramida penjualan yang efektif
• Strategi 4 langkah dalam penjualan :
– Menciptakan dan mempertahankan hubungan dengan calon pelanggan
– Menemukan kebutuhan: mengajukan pertanyaan
– Mempresentasikan solusi
– Mendapatkan komitmen
3. Establish Rapport
• Strategi membangun dan mempertahankan hubungan yang bernilai dengan calon pelanggan.
• Melatih teknik instan untuk membangun kepercayaan dari prospek.
4. Questions are the Answers
• Strategi bertanya untuk menggali kebutuhan calon pelanggan.
• Strategi bertanya untuk mengenali profil motivasi calon pelanggan.
5. Brain-Friendly Presentation
• Memahami 3 saluran informasi ke otak manusia : visual, auditori, kinestetik.
• Memahami tipe informasi pelanggan dengan cepat.
• Memahami strategi presentasi multi inderawi yang ramah otak.
6. Closing, Follow Up, After Sales Service
• Melatih tiga strategi closing yang efektif.
• Strategi reframing untuk menangani keberatan.
• Memahami pentingnya follow up & after sales service.

METODE PELATIHAN :
Pelatihan ini menekankan pada aspek praktikal, dimana peserta akan dilibatkan secara aktif dalam proses berlatih. Dengan filososfi:
 Simple: menyederhanakan hal-hal kompleks, menyajikan hal-hal yang mendasar.
 Practical: praktis, bermanfaat, relevan dengan konteks pekerjaan/kehidupan peserta
 Fun: disajikan dengan menyenangkan, melibatkan peserta secara aktif dan multi-inderawi dengan mengombinasikan: Presentasi Audio-Visual, Diskusi dan Studi Kasus, Praktek dan Simulasi, Self Assessment.

SIAPA YANG SEBAIKNYA MENGIKUTI TRAINING INI :
Supervisor Penjualan maupun Staff Penjualan (yang sudah pernah melakukan proses penjualan).

TEMPAT TRAINING : Kagum Group Hotel Bandung (Golden Flower, Banana Inn, Serela, Gino Feruci), Amaroossa Hotel, Noor Hotel, Grand Setiabudi Hotel, dll

DURASI TRAINING : 2 hari

WAKTU TRAINING :

Januari 2025Februari 2025Maret 2025April 2025
2 - 3 Januari 20253 - 4 Februari 20253 - 4 Maret 20257 - 8 April 2025
6 - 7 Januari 202510 - 11 Februari 202510 - 11 Maret 202514 - 15 April 2025
13 - 14 Januari 202517 - 18 Februari 202517 - 18 Maret 202521 - 22 April 2025
20 - 21 Januari 202524 - 25 Februari 2025 28 - 29 April 2025
27 - 28 Januari 2025   
    
Mei 2025Juni 2025Juli 2025Agustus 2025
2 - 3 Mei 20252 - 3 Juni 20251 - 2 Juli 20251 - 2 Agustus 2025
5 - 6 Mei 20259 - 10 Juni 20257 - 8 Juli 20254 - 5 Agustus 2025
12 - 13 Mei 202516 - 17 Juni 202514 - 15 Juli 202511 - 12 Agustus 2025
19 - 20 Mei 202523 - 24 Juni 202521 - 22 Juli 202518 - 19 Agustus 2025
26 - 27 Mei 2025 28 - 29 Juli 202525 - 26 Agustus 2025
    
September 2025Oktober 2025November 2025Desember 2025
1 - 2 September 20251 - 2 Oktober 20253 - 4 November 20251 - 2 Desember 2025
8 - 9 September 20256 - 7 Oktober 202510 - 11 November 20258 - 9 Desember 2025
15 - 16 September 202513 - 14 Oktober 202517 - 18 November 202515 - 16 Desember 2025
22 - 23 September 202520 - 21 Oktober 202524 - 25 November 202522 - 23 Desember 2025
29 - 30 September 202527 - 28 Oktober 2025 29 - 30 Desember 2025

HARGA INVESTASI/PESERTA :
1. Rp. 4.950.000/peserta (bayarpenuh) atau
2. Rp. 4.750.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggusebelum training) atau
3. Rp. 4.500.000/peserta (pesertabergroup yang terdiridari 3 pesertaataulebihdari 1 perusahaan yang sama)

FACILITAS UNTUK PESERTA:
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with Full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
10. Qualified Instructor