Silabus Training
SELLING SKILLS FOR SALES BANKING
LATAR BELAKANG
Tantangan terbesar di dalam melakukan penjualan produk-produk perbankan, baik itu funding ataupun lending adalah bagaimana meyakinkan calon nasabah ataupun nasabah bahwa mereka akan mendapatkan nilai tambah (added value) atau keuntungan. Membangun kepercayaan dan membangun kebutuhan nasabah tentunya menjadi kunci awal suksesnya seorang penjual produk perbankan.
TUJUAN
Pelatihan ini secara khusus dirancang untuk memberikan karyawan bank pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk meningkatkan berkomunikasi secara efektif dengan nasabah dan memenuhi tantangan kompetitif di perbankan saat ini. Program dua hari membahas semua bagian dari proses bagaimana membangun kepercayaan dan kebutuhan pelanggan sehingga tertarik menggunakan produk perbankan tersebut.
SASARAN
Setelah menyelesaikan program ini, karyawan akan lebih mampu:
- Memahami peran kita sebagai seorang salespeople banking.
- Membangun komunikasi yang efektif dengan nasabah.
- Mengidentifikasi apa yang menjadi kunci pemikiran nasabah.
- Menghubungkan kebutuhan nasabah dengan produk dan pelayanan bank yang sesuai.
- Menjelaskan tentang features dan benefits yang relevan dengan produk bank.
- Menangani apa yang menjadi concerns, objections, and resistance dari nasabah.
- Menyelesaikan proses penjualan.
- Memberikan pelayanan yang berkelanjutan.
TRAINING MATERIAL OUTLINE:
DAY 1
- Your Career in Sales
Modul ini ini dirancang untuk menghilangkan keraguan peserta dan keberatan tentang pekerjaaan sebagai penjual. Menjual didefinisikan sebagai “seni membangun kepercayaan dan kemudian meningkatkan suatu keyakinan ke tingkat tindakan.”
- Apa definisi ‘Salesmanship”.
- Prinsip-prinsip dasar menjual.
- Apa definisi “Customer”
- Alasan orang tidak suka menjadi seorang penjual
- Beda penjual yang sukses dan penjual yang gagal
Peserta didorong untuk membedakan antara penjual profesional dan penjual yang kurang terlatih dan pengalaman penjualan yang mengganggu.
- Customer Sales Map
Modul ini menerangkan tentang gambaran dari proses penjualan, dari mengidentifikasi seorang prospek nasabah melalui membangun hubungan dan “close the sales”. Customer Sales Map ini dibagi menjadi dua bagian utama: “Prospecting dan Sales Presentation” :
PROSPECTING :
- What is Prospecting ?
- Why do we need Prospecting?
- How to Prospect
- Prospecting Ladder
- Tools for Prospecting
DAY 2
SALES PRESENTATION :
- Presenting :
- Menceritakan produk dalam bahasa yang dipahami oleh nasabah.
- Memaparkan fitur dan manfaat produk secara konsisten.
- Handling Objection :
- Menangani apa yang menjadi keberatan nasabah tentang product.
- mengidentifikasi “real problem” dan menjawab dengan solusi yang relevan di dalam menangani keberatan atau penolakan.
- Close the Sales
- Mengetahui kapan dan bagaimana menutup penjualan.
- Mendengar dan memberikan reaksi terhadap buying signal.
- Melakukan penutupan sales dengan berbagai tekhnik.
- Post Call Activity
- Memastikan eksekusi tentang kesepakatan dan tindakan yang telah disetujui bersama.
- Menindaklanjuti apa yang sudah dijanjikan.
- Berpikir tentang sales tidak berhenti pada saat order.
- Individual Role Play
Role play Selling Skill masing-masing peserta (Nasabah, Sales Team dan Pengamat).
TEMPAT TRAINING : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)
DURASI TRAINING : 2 hari
WAKTU TRAINING :
Januari 2024 | Februari 2024 | Maret 2024 | April 2024 |
3 Januari 2024 | 5 Februari 2024 | 4 Maret 2024 | 1 April 2024 |
8 Januari 2024 | 12 Februari 2024 | 12 Maret 2024 | 22 April 2024 |
15 Januari 2024 | 19 Februari 2024 | 18 Maret 2024 | 29 April 2024 |
22 Januari 2024 | 26 Februari 2024 | 25 Maret 2024 | |
29 Januari 2024 | |||
Mei 2024 | Juni 2024 | Juli 2024 | Agustus 2024 |
6 Mei 2024 | 3 Juni 2024 | 1 Juli 2024 | 5 Agustus 2024 |
13 Mei 2024 | 10 Juni 2024 | 8 Juli 2024 | 12 Agustus 2024 |
20 Mei 2024 | 19 Juni 2024 | 15 Juli 2024 | 19 Agustus 2024 |
27 Mei 2024 | 24 Juni 2024 | 22 Juli 2024 | 26 Agustus 2024 |
29 Juli 2024 | |||
September 2024 | Oktober 2024 | November 2024 | Desember 2024 |
2 September 2024 | 1 Oktober 2024 | 4 November 2024 | 2 Desember 2024 |
9 September 2024 | 7 Oktober 2024 | 11 November 2024 | 9 Desember 2024 |
16 September 2024 | 14 Oktober 2024 | 18 November 2024 | 16 Desember 2024 |
23 September 2024 | 21 Oktober 2024 | 25 November 2024 | 23 Desember 2024 |
28 Oktober 2024 | 30 Desember 2024 |
HARGA INVESTASI/PESERTA :
- 4.500.000/peserta (bayar penuh) atau
- 4.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
- 3.950.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)
FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
- Modul Training
- Flashdisk Training berisimateri training
- Sertifikat
- ATK: Notesdan Ballpoint
- T-Shirt
- Ransel
- Foto Training
- Ruang Training denganfasilitas Full AC dan multimedia
- Makansiangdan 2 kali coffeebreak
- Instruktur yang Qualified