SELLING SKILLS FOR SALES BANKING

Silabus Training

SELLING SKILLS FOR SALES BANKING

 

LATAR BELAKANG

Tantangan terbesar di dalam melakukan penjualan produk-produk perbankan, baik itu funding ataupun lending adalah bagaimana meyakinkan calon nasabah ataupun nasabah bahwa mereka akan mendapatkan nilai tambah (added value) atau keuntungan. Membangun kepercayaan dan membangun kebutuhan nasabah tentunya menjadi kunci awal suksesnya seorang penjual produk perbankan.

 

TUJUAN

Pelatihan ini secara khusus dirancang untuk memberikan karyawan bank pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk meningkatkan berkomunikasi secara efektif dengan nasabah dan memenuhi tantangan kompetitif di perbankan saat ini. Program dua hari membahas semua bagian dari proses bagaimana membangun kepercayaan dan kebutuhan pelanggan sehingga tertarik menggunakan produk perbankan tersebut.

 

SASARAN

Setelah menyelesaikan program ini, karyawan akan lebih mampu:

  • Memahami peran kita sebagai seorang salespeople banking.
  • Membangun komunikasi yang efektif dengan nasabah.
  • Mengidentifikasi apa yang menjadi kunci pemikiran nasabah.
  • Menghubungkan kebutuhan nasabah dengan produk dan pelayanan bank yang sesuai.
  • Menjelaskan tentang features dan benefits yang relevan dengan produk bank.
  • Menangani apa yang menjadi concerns, objections, and resistance dari nasabah.
  • Menyelesaikan proses penjualan.
  • Memberikan pelayanan yang berkelanjutan.

 

TRAINING MATERIAL OUTLINE:

DAY 1 

  1. Your Career in Sales 
    Modul ini ini dirancang untuk menghilangkan  keraguan peserta dan keberatan tentang pekerjaaan sebagai penjual. Menjual didefinisikan sebagai “seni membangun kepercayaan dan kemudian meningkatkan suatu keyakinan ke tingkat tindakan.”
  • Apa definisi ‘Salesmanship”.
  • Prinsip-prinsip dasar menjual.
  • Apa definisi “Customer”
  • Alasan orang tidak suka menjadi seorang penjual
  • Beda penjual yang sukses dan penjual yang gagal

Peserta didorong untuk membedakan antara penjual profesional dan penjual yang kurang terlatih dan pengalaman penjualan yang mengganggu.

 

  1. Customer Sales Map  
    Modul ini menerangkan tentang gambaran dari proses penjualan, dari mengidentifikasi seorang prospek nasabah melalui membangun hubungan dan “close the sales”. Customer Sales Map ini dibagi menjadi dua bagian utama: “Prospecting dan Sales Presentation” :

 

PROSPECTING :

  1. What is Prospecting ?
  2. Why do we need Prospecting?
  3. How to Prospect
  4. Prospecting Ladder
  5. Tools for Prospecting

 

DAY 2

SALES PRESENTATION :

  1. Presenting :
    • Menceritakan produk dalam bahasa yang dipahami oleh nasabah.
    • Memaparkan fitur dan manfaat produk secara konsisten.
  2. Handling Objection :
    • Menangani apa yang menjadi keberatan nasabah tentang product.
    • mengidentifikasi “real problem” dan menjawab dengan solusi yang relevan di dalam menangani keberatan atau penolakan.
  3. Close the Sales
    • Mengetahui kapan dan bagaimana menutup penjualan.
    • Mendengar dan memberikan reaksi terhadap buying signal.
    • Melakukan penutupan sales dengan berbagai tekhnik.
  4. Post Call Activity
  5. Memastikan eksekusi tentang kesepakatan dan tindakan yang telah disetujui bersama.
  6. Menindaklanjuti apa yang sudah dijanjikan.
  7. Berpikir tentang sales tidak berhenti pada saat order.

 

  1. Individual Role Play

Role play Selling Skill masing-masing peserta (Nasabah, Sales Team dan Pengamat).

 

TEMPAT TRAINING :     Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)

 

DURASI TRAINING :    2 hari

WAKTU TRAINING :

Januari 2024Februari 2024Maret 2024April 2024
3 Januari 20245 Februari 20244 Maret 20241 April 2024
8 Januari 202412 Februari 202412 Maret 202422 April 2024
15 Januari 202419 Februari 202418 Maret 202429 April 2024
22 Januari 202426 Februari 202425 Maret 2024
29 Januari 2024
Mei 2024Juni 2024Juli 2024Agustus 2024
6 Mei 20243 Juni 20241 Juli 20245 Agustus 2024
13 Mei 202410 Juni 20248 Juli 202412 Agustus 2024
20 Mei 202419 Juni 202415 Juli 202419 Agustus 2024
27 Mei 202424 Juni 202422 Juli 202426 Agustus 2024
29 Juli 2024
September 2024Oktober 2024November 2024Desember 2024
2 September 20241 Oktober 20244 November 20242 Desember 2024
9 September 20247 Oktober 202411 November 20249 Desember 2024
16 September 202414 Oktober 202418 November 202416 Desember 2024
23 September 202421 Oktober 202425 November 202423 Desember 2024
28 Oktober 202430 Desember 2024

 

HARGA INVESTASI/PESERTA :   

  1. 4.500.000/peserta (bayar penuh) atau
  2. 4.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
  3. 3.950.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

 

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :

  1. Modul Training
  2. Flashdisk Training berisimateri training
  3. Sertifikat
  4. ATK: Notesdan Ballpoint
  5. T-Shirt
  6. Ransel
  7. Foto Training
  8. Ruang Training denganfasilitas Full AC dan multimedia
  9. Makansiangdan 2 kali coffeebreak
  10. Instruktur yang Qualified