Training Syllabus:
Seri Sistem Manajemen Mutu
DOCUMENTING AND IMPLEMENTING OF ISO 9001:2008 FOR SERVICE INDUSTRIES
PENGANTAR:
Awalnya penerapan maupun sertifikasi ISO 9001 selalu identik dengan perusahaan manufaktur karena berperan sebagai keterjaminan dalam menjalankan ”Just in Time” ataupun program mutu dan produktivitas lainnya. Namun kebutuhan terhadap yang namanya ”Mutu”, ”konsistensi”, ”kehandalan”, ”contonuous improvement” merebak pula ke industri jasa yang identik dengan ”dunia kepercayaan”. Bagaimana akan percaya bila pelayanan yang dijanjikan bukan merupakan ”suatu sistem manajemen” yang handal? Menurut standar seri ISO 9000, Dokumentasi merupakan sesuatu yang jauh lebih luas dari pada sekedar arsip, catatan, (dan tentu saja foto-foto yang mungkin sempat Anda bayangkan).
TUJUAN TRAINING:
- Memahami secara benar, konseptual, dan komprehensif tentang persyaratan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008
- Memahami kebijakan-kebijakan perusahaan/ institusi jasa yang perlu dituangkan dalam dokumen SMM ISO 9001:2008
- Memahami langkah-langkah untuk membentuk dan mengembangkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008
- Memahami kebutuhan sumber daya untuk menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008
- Memahami “Continuous Quality Improvement” dalam implementasi SMM ISO 9001:2008 pada perusahaan/ institusi jasa
OBJEKTIF TRAINING:
Diharapkan setelah mengikuti training, peserta:
- Mampu menuangkan kebijakan-kebijakan dalam dokumen SMM ISO 9001:2008
- Mampu merencanakan langkah-langkah pengembangan sistem manajemen mutu pada industri jasa berdasarkan persyaratan ISO 9001:2008
- Mampu mengidentifikasi sumber daya & kemampuan yang dibutuhkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 pada industri jasa
- Mampu bekerjasama dan mendukung Wakil Manajemen
- Mampu memberi saran/ pilihan sumber daya dalam menerapkan ISO 9001:2008 di perusahaan/ institusi jasa
- Mampu memberi saran/ pilihan Lembaga Sertifikasi Sistem Mutu bagi perusahaan/ institusi jasa
CAKUPAN MATERI TRAINING:
- Prinsip-prinsip Sistem Manajemen Mutu ISO 9000
- Pemahaman Persyaratan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 bagi industri jasa
- Penyusunan Kebijakan Mutu dan Sasaran Mutu pada industri jasa
- Penyusunan Dokumen Persyaratan Sistem Manajemen Mutu
- Penyusunan Dokumen Persyaratan Tanggung Jawab Manajemen
- Penyusunan Dokumen Persyaratan Manajemen Sumber Daya
- Penyusunan Dokumen Persyaratan Realisasi Jasa
- Penyusunan Dokumen Persyaratan Analisis, Pengukuran dan Peningkatan
- Kiat-kiat dalam menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 pada industri jasa
- Lembaga Sertifikasi Sistem Mutu
METODE TRAINING:
Pelatihan ini menekankan penggunaan Diskusi, Simulasi, Kasus-kasus dan Latihan.
SIAPA SEBAIKNYA MENGIKUTI TRAINING INI?:
Kandidat Wakil Manajemen, Tim Implementasi ISO 9000, Manager, Supervisor, Praktisi di bidang continuous improvement/ industri jasa dan semua pihak yang terkait dengan proses improvement.
INSTRUCTOR : Ir. Yuwono D. Sucipto, MM.
VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)
TRAINING DURATION : 2 days
WAKTU TRAINING :
- 09 Jan 2020-10 Jan 2020
- 03 Feb 2020-04 Feb 2020
- 04 Mar 2020-05 Mar 2020
- 06 Apr 2020-07 Apr 2020
- 19 Mei 2020-20 Mei 2020
- 04 Jun 2020-05 Jun 2020
- 09 Jul 2020-10 Jul 2020
- 03 Agust 2020-04 Agust 2020
- 10 Sep 2020-11 Sep 2020
- 05 Okt 2020-06 Okt 2020
- 02 Nop 2020-03 Nop 2020
- 10 Des 2020-11 Des 2020
HARGA INVESTASI/PESERTA :
- 4.500.000/peserta (bayar penuh) atau
- 4.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
- 3.950.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)
FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
- Training Module
- Flash Disk contains training material
- Certificate
- Stationeries: NoteBook and Ballpoint
- T-Shirt
- Backpack
- Training Photo
- Training room with full AC facilities and multimedia
- Lunch and twice coffeebreak everyday of training
- Qualified instructor