STANDARD OPERATING PROCEDURE

Training Syllabus:
STANDARD OPERATING PROCEDURE

TRAINING OVERVIEW :
Standard Operating Procedure ( SOP ) adalah aturan yang ditetapkan di suatu perusahaan/ Instansi Pemerintah / Organisasi untuk menjalankan suatu proses kerja .
Secara umum hal hal penting yang ditetapkan dalam suatu aturan menjalankan suatu proses kerja adalah : Tujuan /output proses kerja , rincian proses kerja berupa kegiatan kerja yang harus dilakukan, kelompok kerja/ unit organisasi yang bertanggung jawab melaksanakan kegiatan kerja , definisi pengertian teknis atau konsep yang berkaitan dengan proses kerja .
Berdasarkan peranan dan fungsinya , SOP dapat dikelompokkan sebagai salah satu sarana menjalankan langsung proses manajemen untuk itu hal hal yang ditetapkan dalam SOP harus mengacu kepada referensi berupa perangkat manajemen yaitu : proses bisnis , manual Organisasi dan Sistem Informasi.
Proses bisnis suatu perusahaan / instansi pemerintah/ Organisasi adalah referensi SOP untuk menetapkan Proses kerja yang ditetapkan untuk dijalankan
Apabila semua SOP yang ditetapkan di suatu perusahaan/ Instansi Pemerintah / Organisasi dijalankan dengan lancar dan berhasil maka hal itu berarti proses bisnis berjalan dengan tujuan yang ditetapkan .
Manual Organisasi suatu perusahaan / instansi pemerintah/ Organisasi adalah referensi SOP untuk menetapkan Unit Organisasi yang bertanggung jawab dalam menjalankan proses kerja yang ditetapkan .
Sistem Informasi suatu perusahaan / instansi pemerintah/ Organisasi adalah referensi SOP untuk merinci kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan data/ informasi.
Untuk menghasilkan SOP yang sesuai dengan peranan dan fungsinya maka proses penanganannya dilakukan dengan tahapan sebagai berikut : Analisa dan Identikasi kebutuhan SOP, Penyusunan, Sosialisasi, Implementasi, Audit , Analisa hasil audit dan Revisi .
Pelaksanaan setiap tahap proses penanganan SOP harus terarah dan terkendali hal ini dimaksudkan untuk menghasilkan dan menjalankan SOP sesuai dengan peranan fungsi yang menunjang jalannya proses bisnis .
Pengarahan dan pengendaliaan penanganan SOP harus ditunjang dengan pengelolaan dokumen dimana hasil penyusunan, audit dan revisi SOP dikomunikasikan secara formal melalui dokumen

Sumber daya manusia yang diperlukan untuk menangani SOP terdiri dari beberapa profesi yang masing masing mempunyai spesikasi sebagai berikut :
• Procedure analyst dengan spesifikasi :
 mampu mengkaji Proses bisnis , manual organisasi dan Sistem Informasi .
 Mampu mengidentifikasi kebutuhan SOP
 mampu menyusun dan merevisi SOP ,
 mampu mensosialisi SOP
• Pengatur penanganan SOP , dengan spesifikasi :
 Mampu membuat perencanaan pengembangan SOP
 Mampu mengarahkan disetiap tahap proses penanganan SOP
 Mampu mengendalikan jalannya setiap tahap proses penanganan SOP
• Petugas Pelaksana SOP , dengan spesifikasi :
 Menguasai wawasan SOP dan keterkaitannya dengan SOP lainnya
 Mempunyai kemampuan menjalankan proses kerja yang ditetapkan dalam SOP
 Mampu bekerja sama dengan unit kerja lainnya yang sama sama terlibat menjalankan SOP
• Pejabat struktural organisasi pelaksana SOP dengan spesifikasi :
 Mempunyai wawasan proses bisnis, Sistem Informasi dan manual organisasi
 Menguasai wawasan SOP dan keterkaitannya dengan SOP lainnya
 Mampu mengendalikan kelancaran pelaksanaan SOP
• Auditor SOP dengan spesifikasi :
 Mempunyai wawasan proses bisnis, Sistem Informasi dan manual organisasi
 Menguasai wawasan SOP dan keterkaitannya dengan SOP lainnya
 Mampu mengidentifikasi dan menganalisa secara komprehensip permasalahan yang terjadi pada saat pelaksanaan SOP

TRAINING MATERIAL OUTLINE :
I. Proses bisnis
II. Manual Organisasi
III. Sistem Informasi
IV. Peran dan Fungsi SOP
V. Spesifikasi Sop
VI. Referensi SOP
VII. Siklus proses penanganan SOP
1. Pengkajian proses bisnis
2. Identifikasi Kebutuhan
3. Penyusunan dan Penetapan
4. Sosialisasi
5. Implementasi
6. Audit
7. Analisa hasil Audit
8. Revisi
VIII. Gambaran diagram alir proses penanganan SOPManajemen proses penanganan SOP
IX. Sumber daya manusia penanganan SOP
X. Pengelolaan dokumentasi penanganan SOP
XI. Work shop penyusunan SOP

TRAINING OBJECTIVES:
1. Dengan mengikuti workshop / kelas ini, peserta akan:
2. Memahami wawasan SOP secara komprehensip
3. Memahami proses penanganan SOP secara lengkap
4. Memahami wawasan SOP secara komprehensip
5. Dapat menyusun SOP sesuai dengan spesifikasi
6. Memahami spesifikasi sumber daya manusia untuk melaksanakan penanganan SOP
7. Memahami pengelolaan dokumen penunjang proses penanganan SOP

VENUE : Kagum Group Hotel Bandung (Golden Flower, Banana Inn, Serela, Gino Feruci), Amaroossa Hotel, Noor Hotel, Grand Setiabudi Hotel, dll

TRAINING DURATION : 2 days

WAKTU TRAINING :

Januari 2025Februari 2025Maret 2025April 2025
2 - 3 Januari 20253 - 4 Februari 20253 - 4 Maret 20257 - 8 April 2025
6 - 7 Januari 202510 - 11 Februari 202510 - 11 Maret 202514 - 15 April 2025
13 - 14 Januari 202517 - 18 Februari 202517 - 18 Maret 202521 - 22 April 2025
20 - 21 Januari 202524 - 25 Februari 2025 28 - 29 April 2025
27 - 28 Januari 2025   
    
Mei 2025Juni 2025Juli 2025Agustus 2025
2 - 3 Mei 20252 - 3 Juni 20251 - 2 Juli 20251 - 2 Agustus 2025
5 - 6 Mei 20259 - 10 Juni 20257 - 8 Juli 20254 - 5 Agustus 2025
12 - 13 Mei 202516 - 17 Juni 202514 - 15 Juli 202511 - 12 Agustus 2025
19 - 20 Mei 202523 - 24 Juni 202521 - 22 Juli 202518 - 19 Agustus 2025
26 - 27 Mei 2025 28 - 29 Juli 202525 - 26 Agustus 2025
    
September 2025Oktober 2025November 2025Desember 2025
1 - 2 September 20251 - 2 Oktober 20253 - 4 November 20251 - 2 Desember 2025
8 - 9 September 20256 - 7 Oktober 202510 - 11 November 20258 - 9 Desember 2025
15 - 16 September 202513 - 14 Oktober 202517 - 18 November 202515 - 16 Desember 2025
22 - 23 September 202520 - 21 Oktober 202524 - 25 November 202522 - 23 Desember 2025
29 - 30 September 202527 - 28 Oktober 2025 29 - 30 Desember 2025

 

HARGA INVESTASI/PESERTA :
1. Rp. 4.950.000/peserta (bayar penuh) atau
2. Rp. 4.750.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
3. Rp. 4.500.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
1. Training Module
2. Flashdisk contain training material
3. Certificate
4. NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Foto
8. Training room with full ac facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffee break everyday of training
10. Qualified Instructor