Training Syllabus:
STANDARD OPERATING PROCEDURE
TRAINING OVERVIEW :
Standard Operating Procedure ( SOP ) adalah aturan yang ditetapkan di suatu perusahaan/ Instansi Pemerintah / Organisasi untuk menjalankan suatu proses kerja .
Secara umum hal hal penting yang ditetapkan dalam suatu aturan menjalankan suatu proses kerja adalah : Tujuan /output proses kerja , rincian proses kerja berupa kegiatan kerja yang harus dilakukan, kelompok kerja/ unit organisasi yang bertanggung jawab melaksanakan kegiatan kerja , definisi pengertian teknis atau konsep yang berkaitan dengan proses kerja .
Berdasarkan peranan dan fungsinya , SOP dapat dikelompokkan sebagai salah satu sarana menjalankan langsung proses manajemen untuk itu hal hal yang ditetapkan dalam SOP harus mengacu kepada referensi berupa perangkat manajemen yaitu : proses bisnis , manual Organisasi dan Sistem Informasi.
Proses bisnis suatu perusahaan / instansi pemerintah/ Organisasi adalah referensi SOP untuk menetapkan Proses kerja yang ditetapkan untuk dijalankan
Apabila semua SOP yang ditetapkan di suatu perusahaan/ Instansi Pemerintah / Organisasi dijalankan dengan lancar dan berhasil maka hal itu berarti proses bisnis berjalan dengan tujuan yang ditetapkan .
Manual Organisasi suatu perusahaan / instansi pemerintah/ Organisasi adalah referensi SOP untuk menetapkan Unit Organisasi yang bertanggung jawab dalam menjalankan proses kerja yang ditetapkan .
Sistem Informasi suatu perusahaan / instansi pemerintah/ Organisasi adalah referensi SOP untuk merinci kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan data/ informasi.
Untuk menghasilkan SOP yang sesuai dengan peranan dan fungsinya maka proses penanganannya dilakukan dengan tahapan sebagai berikut : Analisa dan Identikasi kebutuhan SOP, Penyusunan, Sosialisasi, Implementasi, Audit , Analisa hasil audit dan Revisi .
Pelaksanaan setiap tahap proses penanganan SOP harus terarah dan terkendali hal ini dimaksudkan untuk menghasilkan dan menjalankan SOP sesuai dengan peranan fungsi yang menunjang jalannya proses bisnis .
Pengarahan dan pengendaliaan penanganan SOP harus ditunjang dengan pengelolaan dokumen dimana hasil penyusunan, audit dan revisi SOP dikomunikasikan secara formal melalui dokumen
Sumber daya manusia yang diperlukan untuk menangani SOP terdiri dari beberapa profesi yang masing masing mempunyai spesikasi sebagai berikut :
• Procedure analyst dengan spesifikasi :
mampu mengkaji Proses bisnis , manual organisasi dan Sistem Informasi .
Mampu mengidentifikasi kebutuhan SOP
mampu menyusun dan merevisi SOP ,
mampu mensosialisi SOP
• Pengatur penanganan SOP , dengan spesifikasi :
Mampu membuat perencanaan pengembangan SOP
Mampu mengarahkan disetiap tahap proses penanganan SOP
Mampu mengendalikan jalannya setiap tahap proses penanganan SOP
• Petugas Pelaksana SOP , dengan spesifikasi :
Menguasai wawasan SOP dan keterkaitannya dengan SOP lainnya
Mempunyai kemampuan menjalankan proses kerja yang ditetapkan dalam SOP
Mampu bekerja sama dengan unit kerja lainnya yang sama sama terlibat menjalankan SOP
• Pejabat struktural organisasi pelaksana SOP dengan spesifikasi :
Mempunyai wawasan proses bisnis, Sistem Informasi dan manual organisasi
Menguasai wawasan SOP dan keterkaitannya dengan SOP lainnya
Mampu mengendalikan kelancaran pelaksanaan SOP
• Auditor SOP dengan spesifikasi :
Mempunyai wawasan proses bisnis, Sistem Informasi dan manual organisasi
Menguasai wawasan SOP dan keterkaitannya dengan SOP lainnya
Mampu mengidentifikasi dan menganalisa secara komprehensip permasalahan yang terjadi pada saat pelaksanaan SOP
TRAINING MATERIAL OUTLINE :
I. Proses bisnis
II. Manual Organisasi
III. Sistem Informasi
IV. Peran dan Fungsi SOP
V. Spesifikasi Sop
VI. Referensi SOP
VII. Siklus proses penanganan SOP
1. Pengkajian proses bisnis
2. Identifikasi Kebutuhan
3. Penyusunan dan Penetapan
4. Sosialisasi
5. Implementasi
6. Audit
7. Analisa hasil Audit
8. Revisi
VIII. Gambaran diagram alir proses penanganan SOPManajemen proses penanganan SOP
IX. Sumber daya manusia penanganan SOP
X. Pengelolaan dokumentasi penanganan SOP
XI. Work shop penyusunan SOP
TRAINING OBJECTIVES:
1. Dengan mengikuti workshop / kelas ini, peserta akan:
2. Memahami wawasan SOP secara komprehensip
3. Memahami proses penanganan SOP secara lengkap
4. Memahami wawasan SOP secara komprehensip
5. Dapat menyusun SOP sesuai dengan spesifikasi
6. Memahami spesifikasi sumber daya manusia untuk melaksanakan penanganan SOP
7. Memahami pengelolaan dokumen penunjang proses penanganan SOP
VENUE : Kagum Group Hotel Bandung (Golden Flower, Banana Inn, Serela, Gino Feruci), Amaroossa Hotel, Noor Hotel, Grand Setiabudi Hotel, dll
TRAINING DURATION : 2 days
WAKTU TRAINING :
Januari 2024 | Februari 2024 | Maret 2024 | April 2024 |
3 - 4 Januari 2024 | 5 - 6 Februari 2024 | 4 - 5 Maret 2024 | 1 - 2 April 2024 |
8 - 9 Januari 2024 | 12 - 13 Februari 2024 | 12 - 13 Maret 2024 | 22 - 23 April 2024 |
15 - 16 Januari 2024 | 19 - 20 Februari 2024 | 18 - 19 Maret 2024 | 29 - 30 April 2024 |
22 - 23 Januari 2024 | 26 - 27 Februari 2024 | 25 - 26 Maret 2024 | |
29 - 30 Januari 2024 | |||
Mei 2024 | Juni 2024 | Juli 2024 | Agustus 2024 |
6 - 7 Mei 2024 | 3 - 4 Juni 2024 | 1 - 2 Juli 2024 | 5 - 6 Agustus 2024 |
13 - 14 Mei 2024 | 10 - 11 Juni 2024 | 8 - 9 Juli 2024 | 12 - 13 Agustus 2024 |
20 - 21 Mei 2024 | 19 - 20 Juni 2024 | 15 - 16 Juli 2024 | 19 - 20 Agustus 2024 |
27 - 28 Mei 2024 | 24 - 25 Juni 2024 | 22 - 23 Juli 2024 | 26 - 27 Agustus 2024 |
29 - 30 Juli 2024 | |||
September 2024 | Oktober 2024 | November 2024 | Desember 2024 |
2 - 3 September 2024 | 1 - 2 Oktober 2024 | 4 - 5 November 2024 | 2 - 3 Desember 2024 |
9 - 10 September 2024 | 7 - 8 Oktober 2024 | 11 - 12 November 2024 | 9 - 10 Desember 2024 |
16 - 17 September 2024 | 14 - 15 Oktober 2024 | 18 - 19 November 2024 | 16 - 17 Desember 2024 |
23 - 24 September 2024 | 21 - 22 Oktober 2024 | 25 - 26 November 2024 | 23 - 24 Desember 2024 |
28 - 29 Oktober 2024 | 30 - 31 Desember 2024 |
HARGA INVESTASI/PESERTA :
1. Rp. 4.950.000/peserta (bayar penuh) atau
2. Rp. 4.750.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
3. Rp. 4.500.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)
FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
1. Training Module
2. Flashdisk contain training material
3. Certificate
4. NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Foto
8. Training room with full ac facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffee break everyday of training
10. Qualified Instructor