fbpx

STRATEGIC PROCUREMENT MANAGEMENT

Silabus Training :
STRATEGIC PROCUREMENT MANAGEMENT

PENDAHULUAN DAN TUJUAN TRAINING
Efisiensi biaya, kemampuan untuk berinovasi, dan nilai kepada pelanggan salah satunya berasal dari bagaimana cara melakuakan proses pengaturan procurement dan bagaimana menjaga hubungan dengan supplier. Dalam prakteknya dalam proses procurement seringkali timbul permasalahan dalam proses pelaksanaannya, mulai dari perencanaan yang tidak terintegrasi, perubahan harga dan pasokan tersedia, seleksi supplier yang mengundang potensi fraud, miskomunikasi, hingga Vendor/Supplier yang wan prestasi terhadap order & kontrak. Tujuan dari training ini adalah untuk memberikan knowledge tetang prinsip-prinsip utama dan teori manajemen pembelian dan perannya dalam organisasi tertentu. Termasuk dalam konteks yang lebih luas dari jaringan pasokan kompleks global, dapat membantu organisasi perusahaan dalam mengatasi tantangan kompetisi, dan berkontribusi dalam mendukung pengembangan organisasi perusahaan dalam sekala makro. Dengan pelatihan procurement purchasing ini, maka peserta dapat memahami prinsip, teori, dan praktik manajemen procurement dan pasokan yang sudah mapan, evaluasi secara kritis, dan hubungkan ke berbagai aspek kinerja, memahami peran pembelian dan manajemen pasokan dalam organisasi, dan juga terhadap proses manajemen rantai pasokan lainnya, memahami dan menjelaskan proses manajemen pembelian, strategi pasokan, dan hubungan pemasok dalam berbagai konteks, menganalisis dan menilai secara kritis semua kekuatan strategi pasokan.

MANFAAT TRAINING
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta akan memiliki kemampuan untuk:
1. Memahami kode etik & prosedur baku procurement
2. Memahami tahapan administrasi & dokumentasi procurement mulai dari prakualifikasi supplier/vendor, analisa penawaran, kontrak, hingga proses tender
3. Memahami metode sourcing, teknik analisa penawaran, & strategi negosiasi
4. Memahami regulasi & konsep hukum bisnis
5. Memahami bagaimana proses menyeleksi, memilih, & mengevaluasi kinerja pemasok

METODE TRAINING
Class presentation, discussion, study analysis

PESERTA TRAINING
Para Profesional di bidang:
1. Supply Chain/Logistics, Procurement/Purchasing, PPIC, Komite Pembelian, Unit Layanan Pengadaan.
2. GA, Administrasi Kontrak, Legal Perusahaan.
3. Project Manager, Internal Auditor, Compliance Unit.
4. Supervisor/Manager terkait proses Procurement.
5. Yang ingin meningkatkan kompetensi di bidang ini.

CAKUPAN MATERI TRAINING :
A. OVERVIEW PROCUREMENT MANAGEMENT

1. Procurement vs. Purchasing, traditional vs compared with new roles
2. The future trends of procurement management

B. PERANAN PROCUREMENT DALAM ORGANISASI DAN SUPPLY CHAIN

1. Strategi Bisnis Organisasi Vs Procurement Strategi
2. Planning Dan Procurement Strategy
3. Prinsip Strategi Purchasing
4. Proses Pengembangan Strategi
5. Hubungan Dengan Fungsi Di Internal
6. Procurement Policy And Procedure
7. Etika Kebijakan Procurement

C. PROCUREMENT STRATEGY GUIDANCE

1. Internal Need Analysis,
2. Supply Market Analysis
3. Make Or Buy Insourcing Or Outsourcing Decision
4. Procurement Position And Supplier Perception Model
5. Cost Saving and Cost Avoidance Strategy, Price and Cost Analysis
6. TCO Model, matriks Kraljic, and Purchasing Chessboard Analysis
7. Procurement Lagging and Leading KPI Guidance Step by Step

D. PROCUREMENT ADMINISTRATION PROCESS

1. Procurement Workflow
2. New Procurement Professional Skills

E. SUPPLIER RELATIONSHIP MANAGEMENT VENDOR SELECTION AND EVALUATION STRATEGY

1. Strategi pemilihan dan evaluasi pemasok
2. Manajemen Kualitas Pemasok
3. Pengembangan Pemasok
4. Portofolio Hubungan Pemasok
5. Negosiasi dan Penawaran dalam proses Pengadaan
6. E-Procurement
7. Pengadaan Global dan Cross Border Management

F. PROCUREMENT RISK MANAGEMENT

1. Fungsi Proses Managemen Resiko dalam procurement
2. Metode mereview resiko Procuremen
3. Pemicu Risiko Procurement
4. Identifikasi area resiko Procurement

 

VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)

TRAINING DURATION : 2 hari

WAKTU TRAINING :

Januari 2024 Februari 2024 Maret 2024 April 2024
3 - 4 Januari 2024 5 - 6 Februari 2024 4 - 5 Maret 2024 1 - 2 April 2024
8 - 9 Januari 2024 12 - 13 Februari 2024 12 - 13 Maret 2024 22 - 23 April 2024
15 - 16 Januari 2024 19 - 20 Februari 2024 18 - 19 Maret 2024 29 - 30 April 2024
22 - 23 Januari 2024 26 - 27 Februari 2024 25 - 26 Maret 2024  
29 - 30 Januari 2024      
       
Mei 2024 Juni 2024 Juli 2024 Agustus 2024
6 - 7 Mei 2024 3 - 4 Juni 2024 1 - 2 Juli 2024 5 - 6 Agustus 2024
13 - 14 Mei 2024 10 - 11 Juni 2024 8 - 9 Juli 2024 12 - 13 Agustus 2024
20 - 21 Mei 2024 19 - 20 Juni 2024 15 - 16 Juli 2024 19 - 20 Agustus 2024
27 - 28 Mei 2024 24 - 25 Juni 2024 22 - 23 Juli 2024 26 - 27 Agustus 2024
    29 - 30 Juli 2024  
       
September 2024 Oktober 2024 November 2024 Desember 2024
2 - 3 September 2024 1 - 2 Oktober 2024 4 - 5 November 2024 2 - 3 Desember 2024
9 - 10 September 2024 7 - 8 Oktober 2024 11 - 12 November 2024 9 - 10 Desember 2024
16 - 17 September 2024 14 - 15 Oktober 2024 18 - 19 November 2024 16 - 17 Desember 2024
23 - 24 September 2024 21 - 22 Oktober 2024 25 - 26 November 2024 23 - 24 Desember 2024
  28 - 29 Oktober 2024   30 - 31 Desember 2024

HARGA INVESTASI/PESERTA :
1. Rp. 4.950.000/peserta (bayar penuh) atau
2. Rp. 4.750.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
3. Rp. 4.500.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
1. Modul Training
2. Flashdisk Training berisi materi training
3. Sertifikat
4. ATK: Notes dan Ballpoint
5. T-Shirt
6. Ransel
7. Foto Training
8. Ruang Training dengan fasilitas Full AC dan multimedia
9. Makan siang dan 2 kali coffeebreak
10. Instruktur yang Qualified