STRATEGIC PUBLIC RELATION (SPR)

Silabus Training:
STRATEGIC PUBLIC RELATION (SPR)

POKOK BAHASAN:
Public relations adalah salah satu adalah fungsi manajemen yang berperan membantu dalam pembentukan dan pemeliharaan kegiatan komunikasi dua arah, saling pengertian, dan kerja sama antara organisasi dan masyarakat. Public relations membantu manajemen untuk mendapatkan, mendefinisikan dan merespon informasi, membantu manajemen dalam beradaptasi menghadapi perubahan lingkungan secara efektif, berperan sebagai sistem peringatan dini dalam mengantisipasi krisis, dan menggunakan riset serta komunikasi yang logis dan beretika. Public relations merupakan salah satu bentuk komunikasi memiliki tujuan menciptakan kerja sama dan hubungan yang harmonis antara suatu lembaga/perusahaan dengan publik, baik publik internal maupun eksternal. Berdasarkan pengertian tersebut, maka Public relations merupakan suatu kegiatan dalam mengelola komunikasi antara suatu organisasi dan publiknya untuk mendapatkan perhatian dari target komunikasinya yang bertujuan untuk membangun kepercayaan public. Public relations merupakan representatif organisasi dalam berinteraksi dengan publik, media, pelanggan, community leaders, atau government officials. Public relations harus mempunyai memiliki kompetensi untuk membangun major impact dalam lingkungan bisnis. Perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat mengakibatkan meningkatnya tuntutan masyarakat terhadap pemenuhan kebutuhan informasi yang cepat, actual, factual dan beretika, karena masyarakat semakin kritis dan cenderung reaktif terhadap suatu informasi yang diterima.
Perubahan lingkungan informasi yang dihadapi organisasi menuntut organisasi untuk meningkatkan peran Public relations dalam mendukung kinerjanya, sehingga peran Public relations yang memiliki kualifikasi unggul sangat diperlukan organisasi.

GAMBARAN UMUM:
Pelatihan ini dikembangkan dengan metode tutorial, diskusi kasus up to date dan praktek simulasi. Metode ini sangat sesuai baik untuk orang yang baru belajar public relation maupun yang sudah memiliki pengetahuan dan pengalaman di bidang public relation, karena materi dalam penelitian ini merupakan topik aktual dan digunakan contoh kasus kontekstual sehingga perserta pelatihan mudah memahami.
Dalam penelitian ini juga akan diberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai perkembangan public relation terkini yang meliputi.
1. The traditional press release is no more.
2. Thought leadership will become a growing PR budget priority
3. Content amplification will become (even more) critical.
4. Negative brand advocates will be prevented through content.
5. Online reputation management will be necessary.
6. True influence will win over number of followers.
7. Use of paid promotion and social ads will continue to rise.

TUJUAN PELATIHAN:
Setelah mengikuti pelatihan, peserta diharapkan memiliki:
1. Pemahaman mengenai konsep dan peranan public relation strategic
2. Ketrampilan mengembangkan program public relation strategic
3. Ketrampilan dalam mengelola media relation

CAKUPAN MATERI TRAINING:
1. Pengertian Public Relation
a. Ruang Lingkup Public Relation
b. Peran Public Relation
c. Prinsip-prinsip Public Relation
d. Kedudukan Public Relation dalam organisasi
e. Kompetensi Public Relation
2. Public Relation dan Citra Perusahaan
a. Membangun Citra Perusahaan
b. Pengaruh Publik terhadap Citra Perusahaan
3. Krisis Manajemen
a. Tujuan Manajemen Krisis
b. Tahapan Krisis
c. Proses Manajemen Krisis
d. Panduan Manajemen Krisis
4. Public Relation Process
a. Enviromental Scanning
b. Formative Research
c. Planning
d. Message Design and Execution
e. Evaluation
5. Public Relation Evaluation
a. Why Measure?
b. Setting Public Relation Objectives
c. Evaluation Approach
d. Evaluating Data
6. Strategic Marketing Communication
a. Public Relation dan Advertising
b. Media Relation
c. Non Media Activities
d. Mass Communication
7. Public Speaking
a. Problem in Public Speaking
b. Self Management
c. Management Public Speaking
d. Dynamic Public Speaking
8. Master of Ceremony dan Protoler
a. Pengertian MC dan Protokoler
b. Dasar-dasar MC dan Protokoler
c. Membangun Kepercayaan Diri
9. Public Relation Ethics
a. Pengertian Etika
b. Nilai dan Norma
c. Etika dan Citra
d. Etika Profesi
e. IPRA Code of Conduct
f. Etika Public Relation

VENUE : Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)

TRAINING DURATION : 2 days

TRAINING TIME :

Januari 2025Februari 2025Maret 2025April 2025
2 - 3 Januari 20253 - 4 Februari 20253 - 4 Maret 20257 - 8 April 2025
6 - 7 Januari 202510 - 11 Februari 202510 - 11 Maret 202514 - 15 April 2025
13 - 14 Januari 202517 - 18 Februari 202517 - 18 Maret 202521 - 22 April 2025
20 - 21 Januari 202524 - 25 Februari 2025 28 - 29 April 2025
27 - 28 Januari 2025   
    
Mei 2025Juni 2025Juli 2025Agustus 2025
2 - 3 Mei 20252 - 3 Juni 20251 - 2 Juli 20251 - 2 Agustus 2025
5 - 6 Mei 20259 - 10 Juni 20257 - 8 Juli 20254 - 5 Agustus 2025
12 - 13 Mei 202516 - 17 Juni 202514 - 15 Juli 202511 - 12 Agustus 2025
19 - 20 Mei 202523 - 24 Juni 202521 - 22 Juli 202518 - 19 Agustus 2025
26 - 27 Mei 2025 28 - 29 Juli 202525 - 26 Agustus 2025
    
September 2025Oktober 2025November 2025Desember 2025
1 - 2 September 20251 - 2 Oktober 20253 - 4 November 20251 - 2 Desember 2025
8 - 9 September 20256 - 7 Oktober 202510 - 11 November 20258 - 9 Desember 2025
15 - 16 September 202513 - 14 Oktober 202517 - 18 November 202515 - 16 Desember 2025
22 - 23 September 202520 - 21 Oktober 202524 - 25 November 202522 - 23 Desember 2025
29 - 30 September 202527 - 28 Oktober 2025 29 - 30 Desember 2025

INVESTMENT PRICE/PERSON :
1. Rp. 4.500.000/person (full fare) or
2. Rp. 4.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
3. Rp. 3.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS:
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with Full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
10. Qualified Instructor