Silabus Training:
SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (SCM)
INTRODUCTION :
Supply Chain (SC) dapat didefinisikan sebagai sekumpulan aktifitas (dalam bentuk entitas/fasilitas) yang terlibat dalam proses transformasi dan distribusi barang mulai dari bahan baku paling awal dari alam sampai produk jadi pada konsumen akhir. Menyimak dari definisi ini, maka suatu supply chain terdiri dari perusahaan yang mengangkat bahan baku dari bumi/alam, perusahaan yang mentransformasikan bahan baku menjadi bahan setengah jadi atau komponen, supplier bahan-bahan pendukung produk, perusahaan perakitan, distributor, dan retailer yang menjual barang tersebut ke konsumen akhir. Dengan definisi ini tidak jarang supply chain juga banyak diasosiasikan dengan suatu jaringan value adding activities. Posisi perusahaan dalam berbagai supply chain dimana ia beroperasi bisa berlainan.
Dalam suatu supply chain terdapat tiga macam aliran utama, yaitu aliran produk, uang dan informasi. Pengelolaan dan sinkronisasi ketiga aliran inilah yang menjadi ruh dan jiwa dari supply chain management (SCM). Semua perusahaan memerlukan sesuatu yang sangat ekonomis guna melakukan kegiatan memproduksi untuk memperoleh keuntungan. Untuk mencapai keinginan tersebut, kelancaran arus material yang diperlukan pasti melibatkan lebih dari satu rantai pasokan. Faktor kritis dalam rantai pasokan yang efisien adalah pembelian, karena tugas pembeliaan untuk menyeleksi pemasok (berikut materialnya) dan kemudian membangun hubungan yang saling menguntungkan. Tanpa pemasok yang baik dan tanpa pembelian yang memadai, rantai pasokan tidak akan memiliki peran untuk kondisi pasar pada masa seperti sekarang ini.
TRAINING OBJECTIVE & BENEFIT :
1. Peserta pelatihan mampu menjelaskan mengenai area cakupan SCM
2. Peserta pelatihan mampu mengimplementasikan strategi SC.
3. Peserta pelatihan mampu melakukan perancangan produk baru dalam persfektif SCM
4. Peserta pelatihan mampu mengelola persediaan pada SC.
5. Peserta pelatihan mampu melakukan manajemen pengadaan.
6. Peserta pelatihan mampu melakukan manajemen transportasi dan distribusi
7. Peserta pelatihan mampu melakukan pengukuran kinerja SC.
TRAINING MATERIAL OUTLINE :
1. Konsep SC dan SCM
2. Aktivitas-aktivitas SCM
3. Strategi SC (Definisi strategi SC, Tujuan strategi SC, Decopling point)
4. Pengukuran Kinerja SC (Manfaat pengukuran kinerja SC, Cara pengukuran kinerja SC)
5. Manajemen Pengadaan (Tujuan dan prinsip pengadaan, Strategi pengadaan, Proses pembelian, Cara pemilihan pemasok, Pengendalian pemasok).
6. Pengendalian Persediaan (Pengertian persediaan, Fungsi persediaan, Biaya persediaan, EOQ, Safety stock, Reorder point)
7. Pengelolaan Gudang (Fungsi gudang, Jenis gudang, tata letak gudang, Peralatan dan perlengkapan gudang, Penerimaan barang, Pemeliharaan barang)
8. Distribusi (Fungsi saluran distribusi, Struktur saluran distribusi, strategi saluran distribusi, Distribusi yang efektif dan efisien).
9. Pengelolaan Transportasi Barang (Peran transportasi dalam SC, Macam-macam moda transportasi, Strategi-atrategi dan taktik pemenuhan kebutuhan transportasi dan pengelolaan transportasi)
VENUE : Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)
TRAINING DURATION : 3 days
TRAINING TIME :
Januari 2024 | Februari 2024 | Maret 2024 | April 2024 |
3 – 5 Jan 2024 | 5 – 7 Feb 2024 | 4 – 6 Mar 2024 | 1 – 3 Apr 2024 |
8 – 10 Jan 2024 | 12 – 14 Feb 2024 | 12 – 14 Mar 2024 | 22 – 24 Apr 2024 |
15 – 17 Jan 2024 | 19 – 21 Feb 2024 | 18 – 20 Mar 2024 | 29 Apr – 1 Mei 2024 |
22 – 24 Jan 2024 | 26 – 28 Feb 2024 | 25 – 27 Mar 2024 | |
29 – 31 Jan 2024 | |||
Mei 2024 | Juni 2024 | Juli 2024 | Agustus 2024 |
6 – 8 Mei 2024 | 3 – 5 Juni 2024 | 1 – 3 Juli 2024 | 5 – 7 Agus 2024 |
13 – 15 Mei 2024 | 10 – 12 Juni 2024 | 8 – 10 Juli 2024 | 12 – 14 Agus 2024 |
20 – 22 Mei 2024 | 19 – 21 Juni 2024 | 15 – 17 Juli 2024 | 19 – 21 Agus 2024 |
27 – 29 Mei 2024 | 24 – 26 Juni 2024 | 22 – 24 Juli 2024 | 26 – 28 Agus 2024 |
29 – 31 Juli 2024 | |||
September 2024 | Oktober 2024 | November 2024 | Desember 2024 |
2 – 4 Sep 2024 | 1 – 3 Okt 2024 | 4 – 6 Nov 2024 | 2 – 4 Des 2024 |
9 – 11 Sep 2024 | 7 – 9 Okt 2024 | 11 – 13 Nov 2024 | 9 – 11 Des 2024 |
16 – 18 Sep 2024 | 14 – 16 Okt 2024 | 18 – 20 Nov 2024 | 16 – 18 Des 2024 |
23 – 25 Sep 2024 | 21 – 23 Okt 2024 | 25 – 27 Nov 2024 | 26 – 28 Des 2024 |
28 – 30 Okt 2024 |
INVESTMENT PRICE/PERSON :
1. Rp. 6.500.000/person (full fare) or
2. Rp. 6.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
3. Rp. 5.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)
FACILITIES FOR PARTICIPANTS:
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with Full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
10. Qualified Instructor