fbpx

SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (SCM)

Silabus Training:
SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (SCM)

INTRODUCTION :
Supply Chain (SC) dapat didefinisikan sebagai sekumpulan aktifitas (dalam bentuk entitas/fasilitas) yang terlibat dalam proses transformasi dan distribusi barang mulai dari bahan baku paling awal dari alam sampai produk jadi pada konsumen akhir. Menyimak dari definisi ini, maka suatu supply chain terdiri dari perusahaan yang mengangkat bahan baku dari bumi/alam, perusahaan yang mentransformasikan bahan baku menjadi bahan setengah jadi atau komponen, supplier bahan-bahan pendukung produk, perusahaan perakitan, distributor, dan retailer yang menjual barang tersebut ke konsumen akhir. Dengan definisi ini tidak jarang supply chain juga banyak diasosiasikan dengan suatu jaringan value adding activities. Posisi perusahaan dalam berbagai supply chain dimana ia beroperasi bisa berlainan.
Dalam suatu supply chain terdapat tiga macam aliran utama, yaitu aliran produk, uang dan informasi. Pengelolaan dan sinkronisasi ketiga aliran inilah yang menjadi ruh dan jiwa dari supply chain management (SCM). Semua perusahaan memerlukan sesuatu yang sangat ekonomis guna melakukan kegiatan memproduksi untuk memperoleh keuntungan. Untuk mencapai keinginan tersebut, kelancaran arus material yang diperlukan pasti melibatkan lebih dari satu rantai pasokan. Faktor kritis dalam rantai pasokan yang efisien adalah pembelian, karena tugas pembeliaan untuk menyeleksi pemasok (berikut materialnya) dan kemudian membangun hubungan yang saling menguntungkan. Tanpa pemasok yang baik dan tanpa pembelian yang memadai, rantai pasokan tidak akan memiliki peran untuk kondisi pasar pada masa seperti sekarang ini.

TRAINING OBJECTIVE & BENEFIT :
1. Peserta pelatihan mampu menjelaskan mengenai area cakupan SCM
2. Peserta pelatihan mampu mengimplementasikan strategi SC.
3. Peserta pelatihan mampu melakukan perancangan produk baru dalam persfektif SCM
4. Peserta pelatihan mampu mengelola persediaan pada SC.
5. Peserta pelatihan mampu melakukan manajemen pengadaan.
6. Peserta pelatihan mampu melakukan manajemen transportasi dan distribusi
7. Peserta pelatihan mampu melakukan pengukuran kinerja SC.

TRAINING MATERIAL OUTLINE :
1. Konsep SC dan SCM
2. Aktivitas-aktivitas SCM
3. Strategi SC (Definisi strategi SC, Tujuan strategi SC, Decopling point)
4. Pengukuran Kinerja SC (Manfaat pengukuran kinerja SC, Cara pengukuran kinerja SC)
5. Manajemen Pengadaan (Tujuan dan prinsip pengadaan, Strategi pengadaan, Proses pembelian, Cara pemilihan pemasok, Pengendalian pemasok).
6. Pengendalian Persediaan (Pengertian persediaan, Fungsi persediaan, Biaya persediaan, EOQ, Safety stock, Reorder point)
7. Pengelolaan Gudang (Fungsi gudang, Jenis gudang, tata letak gudang, Peralatan dan perlengkapan gudang, Penerimaan barang, Pemeliharaan barang)
8. Distribusi (Fungsi saluran distribusi, Struktur saluran distribusi, strategi saluran distribusi, Distribusi yang efektif dan efisien).
9. Pengelolaan Transportasi Barang (Peran transportasi dalam SC, Macam-macam moda transportasi, Strategi-atrategi dan taktik pemenuhan kebutuhan transportasi dan pengelolaan transportasi)

VENUE : Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)

TRAINING DURATION : 3 days

TRAINING TIME :

Januari 2024Februari 2024Maret 2024April 2024
3 – 5 Jan 20245 – 7 Feb 20244 – 6 Mar 20241 – 3 Apr 2024
8 – 10 Jan 202412 – 14 Feb 202412 – 14 Mar 202422 – 24 Apr 2024
15 – 17 Jan 202419 – 21 Feb 202418 – 20 Mar 202429 Apr – 1 Mei 2024
22 – 24 Jan 202426 – 28 Feb 202425 – 27 Mar 2024
29 – 31 Jan 2024
Mei 2024Juni 2024Juli 2024Agustus 2024
6 – 8 Mei 20243 – 5 Juni 20241 – 3 Juli 20245 – 7 Agus 2024
13 – 15 Mei 202410 – 12 Juni 20248 – 10 Juli 202412 – 14 Agus 2024
20 – 22 Mei 202419 – 21 Juni 202415 – 17 Juli 202419 – 21 Agus 2024
27 – 29 Mei 202424 – 26 Juni 202422 – 24 Juli 202426 – 28 Agus 2024
29 – 31 Juli 2024
September 2024Oktober 2024November 2024Desember 2024
2 – 4 Sep 20241 – 3 Okt 20244 – 6 Nov 20242 – 4 Des 2024
9 – 11 Sep 20247 – 9 Okt 202411 – 13 Nov 20249 – 11 Des 2024
16 – 18 Sep 202414 – 16 Okt 202418 – 20 Nov 202416 – 18 Des 2024
23 – 25 Sep 202421 – 23 Okt 202425 – 27 Nov 202426 – 28 Des 2024
28 – 30 Okt 2024

INVESTMENT PRICE/PERSON :
1. Rp. 6.500.000/person (full fare) or
2. Rp. 6.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
3. Rp. 5.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS:
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with Full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
10. Qualified Instructor