SYSTEM INFORMASI MANAJEMEN PERGUDANGAN

Silabus Training :
SYSTEM INFORMASI MANAJEMEN PERGUDANGAN

LATAR BELAKANG :
Gudang merupakan bagian penting dari supply chain management. Akurasi stock, order picking system, pengisian kembali stock yang berkurang merupakan kunci penting dalam meningkatkan kecepatan pelayanan.
Untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan kemampuan untuk mengelola persediaan yang ada di gudang
Komputerisasi adalah pemanfaatan komputer sebagai sarana pengolah data, dimana persoalan yang akan didukung oleh komputer harus dapat dijabarkan kedalam sejumlah langkah penyelesaian yang pasti dengan sejumlah masukan dan keluaran yang sudah ditetapkan
Informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang mempunyai arti bagi si penerima dan mempunyai nilai yang nyata atau dapat dirasakan akibatnya pada tindakan atau keputusan saat ini atau yang akan datang.
Nilai informasi adalah nilai dari perubahan tingkah laku keputusan yang disebabkan oleh informasi dikurangi pengorbanan atau biaya untuk mendapatkan informasi tersebut.
Management sumber daya informasi adalah suatu konsep yang menyatakan bahwa informasi adalah sumber daya yang berharga dan harus dikelola seperti sumber daya yang lain seperti uang, material, dan manusia
Umur Informasi adalah lamanya informasi disimpan atau dipelihara dalam suatu sistem informasi.
Inventory Management System adalah suatu aplikasi yang akan memerlihara informasi dasar tentang status part/ material yang terdapat dalam gudang.

TUJUAN/MANFAAT :
Pelatihan ini akan membantu peserta dalam memahami fungsi dari sistim informasi pergudangan dan pengaruhnya dalam meningkatkan efisiensi operasi gudang
Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta akan:
1. Memahami perencanaan dan pengawasan (control) stock material sehingga biaya inventory bisa ditekan secara efektif.
2. Memahami data data persediaan yang perlu dipelihara
3. Memahami cara mengaplikasikan sistim informasi manajemen pergudangan

SIAPA SEBAIKNYA MENGIKUTI TRAINING INI ? :
Peserta dari pelatihan ini adalah Manajer dan Staf yang mengelola persediaan dan gudang baik di perusahaan manufaktur maupun perusahaan jasa dan organisasi lainnya

CAKUPAN MATERI TRAINING :
1. Pengertian Sistim Informasi
2. Sistim Informasi Pergudangan
3. Fungsi utama dari aplikasi adalah memelihara data jumlah barang yang ada (on hand quantity) baik yang sudah dialokasikan untuk suatu proyek tertentu, ataupun yang merupakan stock.
4. Memelihara perpindahan material baik yang masuk ke gudang (received/ incoming) ataupun yang keluar dari gudang (issued/outgoing).
5. Disamping itu akan didapti pula fungsi transfer, yaitu perpindahan material dari stock ke project tertentu atau sebaliknya dari projek tertentu ke stock .
6. Disamping itu aplikasi Item Master juga memelihara data lokasi material, baik material yang disimpan digudang (rak-rak) ataupun dilokasi lain. Penentuan lokasi ini berguna untuk mendapatkan barang secara cepat serta menggunakan tempat (space) secara efektif.
7. Aplikasi Item Master ini akan berhubungan (berinterface) dengan aplikasi Bill of Material (BOM), procurement dan Material Requirement Planning (MRP).
8. Dari BOM, aplikasi Item Master akan mengambil informasi-informasi dasar tentang material yaitu material ID number, material number, material name dan sebagainya.
9. Dari Purchasing aplikasi Item Master mendapatkan data yang berhubungan dengan penerimaan barang seperti Purchase Order (PO) number, quantity Received dan sebagainya. Sedangkan dari aplikasi MRP, aplikasi Item Master akan memperoleh data material / part yang sudah teralokasi untuk suatu proyek tertentu.
10. Incoming Transaction, sebagai fasilitas untuk mencatat data transaksi penerimaan material pada saat material diterima di gudang.
11. Outgoing Transaction, sebagai fasilitas untuk mencatat data transaction pengeluaran material pada saat material keluar dari gudang.
12. Transfer Transaction, sebagai fasilitas untuk mencatat data perpindahan material dari yang teralokasi pada projek ke stock, atau sebaliknya dari stock ke proyek tertentu. Pencatatan transaksi ini dilakukan pada saat material dipindahkan
13. Adjustment Transaction, sebagai fasilitas untuk mencatat data penyesuaian jumlah material (tambah atau kurang) antara yang tercatat dalam tabel dengan yang ada secara fisik. Pencatatan transaksi ini dilakukan pada saat material disesuaikan .
14. Laporan Status & Lokasi Material yang ada di gudang .
15. Laporan Pemakaian Material untuk suatu projek tertentu.
16. Laporan Tahunan Physical Inventory dan sebagainya.
17. Laporan status & Lokasi Material yang ada digudang.
18. Laporan Pemakaian Material untuk suatu projek.
19. Laporan tahunan Physical Inventory.

VENUE : Kagum Group Hotel Bandung (Golden Flower, Banana Inn, Serela, Gino Feruci), Amaroossa Hotel, Noor Hotel, Grand Setiabudi Hotel, dll

TRAINING DURATION : 2 hari

TRAINING TIME :

Januari 2025Februari 2025Maret 2025April 2025
2 - 3 Januari 20253 - 4 Februari 20253 - 4 Maret 20257 - 8 April 2025
6 - 7 Januari 202510 - 11 Februari 202510 - 11 Maret 202514 - 15 April 2025
13 - 14 Januari 202517 - 18 Februari 202517 - 18 Maret 202521 - 22 April 2025
20 - 21 Januari 202524 - 25 Februari 2025 28 - 29 April 2025
27 - 28 Januari 2025   
    
Mei 2025Juni 2025Juli 2025Agustus 2025
2 - 3 Mei 20252 - 3 Juni 20251 - 2 Juli 20251 - 2 Agustus 2025
5 - 6 Mei 20259 - 10 Juni 20257 - 8 Juli 20254 - 5 Agustus 2025
12 - 13 Mei 202516 - 17 Juni 202514 - 15 Juli 202511 - 12 Agustus 2025
19 - 20 Mei 202523 - 24 Juni 202521 - 22 Juli 202518 - 19 Agustus 2025
26 - 27 Mei 2025 28 - 29 Juli 202525 - 26 Agustus 2025
    
September 2025Oktober 2025November 2025Desember 2025
1 - 2 September 20251 - 2 Oktober 20253 - 4 November 20251 - 2 Desember 2025
8 - 9 September 20256 - 7 Oktober 202510 - 11 November 20258 - 9 Desember 2025
15 - 16 September 202513 - 14 Oktober 202517 - 18 November 202515 - 16 Desember 2025
22 - 23 September 202520 - 21 Oktober 202524 - 25 November 202522 - 23 Desember 2025
29 - 30 September 202527 - 28 Oktober 2025 29 - 30 Desember 2025

INVESTATION PRICE/PERSON :
1. Rp 4.950.000/peserta (bayar penuh) atau
2. Rp 4.750.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
3. Rp 4.500.000/peserta (grup, untuk 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
1. Modul Training
2. Flashdisk Training berisi materi training
3. Sertifikat
4. ATK: NoteBook dan Ballpoint
5. T-Shirt
6. Ransel
7. Foto Training
8. Ruang Training dengan fasilitas Full AC dan multimedia
9. Makan siang dan 2 kali coffeebreak
10. Instruktur yang Qualified