fbpx

TOTAL QUALITY CONTROL

Silabus Training:
TOTAL QUALITY CONTROL

PENDAHULUAN :
Perusahaan dengan skala besar hendaknya memiliki sebuah managamen yang berkualitas baik dari sisi SDM maupun sisi lainnya, dampaknya akan terlihat pada total performance sebuah perusahaan yang mencakup banyak aspek. Total Quality Control (TQC), adalah suatu tool manajemen untuk meningkatkan total performance, TQC memberdayakan total organisasi, dari tenaga kerja sampai kepada CEO, dengan tanggung jawab penjaminan kualitas terhadap produk dan atau jasa, dan sistem manajemen prosesnya. Kesadaran menumbuhkan bahwa kualitas itu diciptakan diproses, ada perlakuan produk dengan inspeksi, diatasnya adalah Quality Control, lanjut ke Quality Assurance setelah itu TQM. Total Quality Control lebih berfokus pada penekanan pada proses maka harus terukur setiap bagian harus memahami CTQ atau Critical to Quality , dan CTQ bersifat terukur Karena CTQ adalah sesuatu yang terukur dan merupakan spesifikasi maka harus di contol atau tidak boleh dilanggar karena jika dilanggar aka berdampak pada kegagalan produk bisa cacat, defect, delay delivery atau kecelakaan.Proses ini merupakan suatu pendekatan terintegrasi oleh manajemen untuk memfokuskan semua fungsi dan level organisasi pada kualitas dan continuous improvement. Sampai sekarang TQC menjadi sangat penting untuk meningkatkan kapabilitas proses perusahaan untuk mencapai keunggulan kompetitif. Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta dapat memahami konsep-konsep TQC serta menerapkannya dalam ruang lingkup pekerjaan untuk memenuhi harapan konsumen dalam upaya meningkakan daya saing. Focus pembahasan TQC pada pengendalian Input produk proses dan pengiriman produk agar tidak lolos ke proses berikutnya. Mengutamakan Customer internal nex proses adalah pelanggan.

SASARAN TRAINING :
Setelah mengikuti workshop ini, para peserta diharapkan mampu:
 Memahami pentingnya pengendalian kualitas
 Memahami konsep dasar manajemen quality control di perusahaan
 Memahami proses pengendalian IQC, LQC, OQC, QA, Technical Services
 Memahami dan mampu mengendalikan produk dengan presisi dan akurasi
 Memahami “Kesadaran akan Masalah
 Meningkatkan keterampilan memperjelas dan mengurai masalah
 Melakukan pengendalian kualitas di perusahaan
 Meningkatkan program kualitas
 Memahami kegiatan-kegiatan utama kualitas dalam proses
 Memahami faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas kegiatan Quality Control
 Memahami penanganan dan control kualitas dari suplier
 Membekali pengetahuan bagaimana mengoptimalkan fungsi pengendalian kualitas

CAKUPAN MATERI TRAINING :
HARI KE. 1
1. Memanajemeni Qualitas dalam bisnis proses
2. Teknik Pengukuran Biaya Mutu
3. Program peningkatan kualitas dengan metode kaizen
4. Manajemen system mutu

HARI KE. 2
1. Teknik memanajemeni kualitas penerimaan barang dari supplier
2. Manajemen yang efektif penanganan kualitas dalam proses
3. Manajemen yang efektif pemeriksaan produk sebelum dkirim ke pelanggan
4. Manajemen peningkatan kualitas supplier

METODE TRAINING :
Pelatihan dan konsultansi ini akan dibawakan dengan metode :
♦ 60% landasan teori
♦ 40% study kasus, Latihan Praktik
Interaktif dimana peserta dengan bimbingan instruktur membahas hal-hal yang bersifat praktis serta membahas permasalahan yang sering dihadapi para peserta dan Presentasi materi, diskusi, analisa kasus, presentasi kelompok, tugas latihan.

SIAPA SEBAIKNYA MENGIKUTI TRAINING? :
Manager, Assistant Manager, Supervisor, Staf yang ingin meningkatkan kompetensinya.

VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)

TRAINING DURATION : 2 days

TRAINING TIME :

Januari 2024Februari 2024Maret 2024April 2024
3 Januari 20245 Februari 20244 Maret 20241 April 2024
8 Januari 202412 Februari 202412 Maret 202422 April 2024
15 Januari 202419 Februari 202418 Maret 202429 April 2024
22 Januari 202426 Februari 202425 Maret 2024
29 Januari 2024
Mei 2024Juni 2024Juli 2024Agustus 2024
6 Mei 20243 Juni 20241 Juli 20245 Agustus 2024
13 Mei 202410 Juni 20248 Juli 202412 Agustus 2024
20 Mei 202419 Juni 202415 Juli 202419 Agustus 2024
27 Mei 202424 Juni 202422 Juli 202426 Agustus 2024
29 Juli 2024
September 2024Oktober 2024November 2024Desember 2024
2 September 20241 Oktober 20244 November 20242 Desember 2024
9 September 20247 Oktober 202411 November 20249 Desember 2024
16 September 202414 Oktober 202418 November 202416 Desember 2024
23 September 202421 Oktober 202425 November 202423 Desember 2024
28 Oktober 202430 Desember 2024

INVESTMENT PRICE/PERSON :
1. Rp. 4.500.000/person (full fare) or
2. Rp. 4.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
3. Rp. 3.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
1. Training Module
2. Flashdiskcontain training material
3. Certificate
4. NoteBookand Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Foto
8. Training room with full ac facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffee break everyday of training
10. Qualified Instructor