TRAINING NEEDS ANALYSIS WHICH COMPREHENSIVE AND EFFECTIVE

Silabus Training :
TRAINING NEEDS ANALYSIS WHICH COMPREHENSIVE AND EFFECTIVE

TRAINING INTRODUCTION :
Semua organisasi atau perusahaan umumnya selalu didorong untuk berpacu dalam kompetisi yang ketat, sehingga harus selalu memelihara dan meningkatkan kompetensi utamanya. Tak dapat dipungkiri, program pelatihan merupakan salah satu pendekatan utama dalam pengembangan SDM, yang mempunyai peran strategis terhadap keberhasilan operasional perusahaan di satu sisi, dan keberhasilan karir karyawan di sisi yang lain.
Kemampuan seseorang untuk dipekerjakan sangat tergantung bagaimana ia mengembangkan skill-nya agar dapat memenuhi persyaratan yang dibutuhkan sebuah jabatan, yang seringkali terus berkembang mengikuti perkembangan perusahaan dan dinamika persaingan. Pelatihan yang tepat akan membantu mengatasi kesenjangan ini.
Karena hal tersebut di atas, diperlukan kegiatan analisa pelatihan yang komprehensif agar dapat merumuskan program pelatihan yang benar-benar tepat sasaran. Komprehensif karena harus dapat menjawab segala kebutuhan perusahaan. TNA (Training Needs Analysis) yang komprehensif akan dapat mengindentifikasi secara tepat siapa, apa, kapan, bagaimana, dan berapa lama suatu pelatihan, sehingga dapat menurunkan biaya pelatihan yang tidak perlu, sekaligus menjamin efektifitasnya untuk pelatihan yang memang benar-benar diperlukan.
Pada pelatihan ini selain diberikan materi utama, peserta training juga akan diberikan pengetahuan tambahan tentang pembuatan dan penggunaan Levels of Training Evaluation, yang dapat menentukan apakah hasil training yang sudah dijalankan sudah sesuai dengan hasil dari TNA-nya atau belum sesuai dengan yang diharapkan.

TRAINING OBJECTIVE :
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu :
1. Memahami pengertian dan tujuan TNA yang komprehensif dan effective.
2. Mengetahui dan memahami posisi TNA di dalam kerangka BADDIE dalam pengelolaan training.
3. Memahami fungsi-fungsi dari setiap komponen di dalam kerangka BADDIE.
4. Mengetahui sumber informasi untuk kebutuhan pelatihan, baik berkaitan dari aspek organisasi, pekerjaan dan orang/individu.
5. Mengetahui factor-faktor penting di dalam TNA.
6. Mengetahui 4 (empat) level kebutuhan pelatihan dari organisasi.
7. Memahami 2 (dua) jenis TNA dengan tujuannya masing-masing serta ilustrasi dari Performance Relationship Map dengan point-point yang menjadi gap analysisnya..
8. Memahami pengertian core competency dan functional competency.
9. Memahami penggunaan matrix competency dengan pengukuran dan pengisian gap analysisnya.
10. Mengetahui dan memahami faktor – faktor yang dapat membuat pekerja perform atau tidak perform.
11. Memahami langkah-langkah dalam melaksanakan TNA dengan sejumlah metodologinya.
12. Membuat dan menggunakan formulir TNA yang meliputi aspek-aspek Knowledge, Skills & Attitude (KRA) dengan bobot nilai perbaikannya.
13. Mengetahui tahapan-tahapan implementasi training dan point-point feedback untuk evaluasi training tersebut.
14. Memahami pembuatan dan penggunaan form-form evaluasi training dari level 1 s/d 4.
15. Memahami semua materi training dengan melakukan simulasi / role play.

CAKUPAN MATERI TRAINING :
1. Pengertian dan tujuan yang komprehensif dan effective.
2. Posisi TNA di dalam kerangka BADDIE dalam pengelolaan training.
3. Fungsi-fungsi dari setiap komponen di dalam kerangka BADDIE.
4. Sumber informasi untuk kebutuhan pelatihan dari aspek organisasi, pekerjaan & orang/individu
5. Faktor -faktor penting di dalam TNA.
6. 4 (empat) level kebutuhan pelatihan dari organisasi.
7. 2 (dua) jenis TNA dengan tujuannya masing-masing
8. ilustrasi Performance Relationship Map dengan point-point yang menjadi gap analysisnya..
9. Definisi core competency dan functional competency.
10. Penggunaan matrix competency dengan pengukuran dan pengisian gap analysisnya.
11. Faktor – faktor yang dapat membuat pekerja perform atau tidak perform.
12. Langkah-langkah dalam melaksanakan TNA.
13. Metodologi TNA yang umum digunakan.
14. Formulir TNA yang meliputi aspek Knowledge dengan bobot nilai perbaikannya.
15. Formulir TNA yang meliputi aspek Skills dengan bobot nilai perbaikannya.
16. Formulir TNA yang meliputi aspek Attitude dengan bobot nilai perbaikannya.
17. Tahapan-tahapan implementasi training
18. Point-point feedback untuk evaluasi training.
19. Penggunaan form-form evaluasi training dari level 1 s/d 4.
20. Simulasi / role play.

TRAINING METHOD :
1) 30% Theory
2) 70% Practices
3) Dynamic and interactive training presentation
4) Simulation or Role Play

 

VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)

TRAINING DURATION : 2 hari

WAKTU TRAINING :

Januari 2024Februari 2024Maret 2024April 2024
3 – 4 Januari 20245 – 6 Februari 20244 – 5 Maret 20241 – 2 April 2024
8 – 9 Januari 202412 – 13 Februari 202412 – 13 Maret 202422 – 23 April 2024
15 – 16 Januari 202419 – 20 Februari 202418 – 19 Maret 202429 – 30 April 2024
22 – 23 Januari 202426 – 27 Februari 202425 – 26 Maret 2024
29 – 30 Januari 2024
Mei 2024Juni 2024Juli 2024Agustus 2024
6 – 7 Mei 20243 – 4 Juni 20241 – 2 Juli 20245 – 6 Agustus 2024
13 – 14 Mei 202410 – 11 Juni 20248 – 9 Juli 202412 – 13 Agustus 2024
20 – 21 Mei 202419 – 20 Juni 202415 – 16 Juli 202419 – 20 Agustus 2024
27 – 28 Mei 202424 – 25 Juni 202422 – 23 Juli 202426 – 27 Agustus 2024
29 – 30 Juli 2024
September 2024Oktober 2024November 2024Desember 2024
2 – 3 September 20241 – 2 Oktober 20244 – 5 November 20242 – 3 Desember 2024
9 – 10 September 20247 – 8 Oktober 202411 – 12 November 20249 – 10 Desember 2024
16 – 17 September 202414 – 15 Oktober 202418 – 19 November 202416 – 17 Desember 2024
23 – 24 September 202421 – 22 Oktober 202425 – 26 November 202423 – 24 Desember 2024
28 – 29 Oktober 202430 – 31 Desember 2024

HARGA INVESTASI/PESERTA :
1. Rp. 4.500.000/peserta (bayar penuh) atau
2. Rp. 4.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
3. Rp. 3.950.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
1. Modul Training
2. Flashdisk Training berisi materi training
3. Sertifikat
4. ATK: NoteBook dan Ballpoint
5. T-Shirt
6. Ransel
7. Foto Training
8. Ruang Training dengan fasilitas Full AC dan multimedia
9. Makan siang dan 2 kali coffeebreak
10. Instruktur yang Qualified