TRAINING SOP (STANDARD OPERATING PROCEDURE) WRITING & IMPROVEMENT

Training Syllabus:

TRAINING SOP (STANDARD OPERATING PROCEDURE) WRITING & IMPROVEMENT

 

 

PENDAHULUAN :

Pada bisnis yang mengedepankan “sistem” keberadaan Standard Operating Procedure (SOP) merupakan hal yang mutlak. Sistem pada perusahaan identik dengan menonjolkan kerja sama bukan individual, penerapan sistem bertujuan pelaksanaan layanan-layanan sesuai mutu yang ditentukan dan konsisten dari waktu ke waktu serta dimanapun disediakannya layanan tersebut.
Setiap bisnis boleh memilih dan menentukan bagaimana memberikan layanan-layanan/ produknya. Pada bisnis franchise yang sudah mapan contohnya, dimanapun outlet franchisenya yang baru dibuka, disana para pelanggan akan menikmati kenyamanan “atmosphere” dan layanan-layanan yang sama sebagaimana yang sudah terekam dalam benak pelanggan. Bagaimana franchise tersebut bisa melakukannya? Jawabannya dengan menerapkan “sistem” atau kata lainnya adalah SOP. Mau tidak mau SOP menjadi suatu paket dokumen tertulis dari Franchisor yang diberikan kepada Franchisee, dan Franchisee wajib mengikuti dan menjalankan SOP agar bisa menjalankan bisnis franchise tesebut dengan sukses.

TUJUAN TRAINING:

  • Memahami dan mengerti latar belakang dan pentingnya kegunaan SOP
  • Memahami prinsip, metode, dan teknik penyusunan SOP
  • Memberikan pedoman dalam pembuatan SOP yang efektif dalam rangka meningkatkan kinerja dan wawasan perusahaan.

 

 

CAKUPAN MATERI TRAINING:

  • Review : Pengertian Perusahaan sebagai business entity, praktek bisnis yang sehat
  • Interface relationship – organisasi, people, dan business process
  • Strategi dan Kebijakan sebagai dasar SOP
  • Mendesain SOP Perusahaan melalui Evaluasi hubungan antar fungsi
  • Menyusun dan menulis SOP
  • Jenis-jenis SOP
  • Penyajian SOP
  • Teknik-teknik Penulisan SOP
  • Kiat Penulisan SOP
  • Mengembangkan Tim Penyusun dan Revisi SOP secara struktural ataupun fungsional
  • Mengembangkan mekanisme Sosialisasi, Uji Coba, Monitoring, Revisi, dan Pengesahan SOP.
  • Dilengkapi contoh – contoh SOP berbagai fungsi baik yang bersifat parsial maupun terintegrasi antar fungsi.

 

SASARAN PESERTA:

Tim  SOP, Manager, Supervisor, Engineer, Praktisi di bidang continuous improvement/ produksi & operasi dan semua pihak yang terkait dengan proses improvement.

 

METODE TRAINING:

Pelatihan ini menekankan penggunaan Diskusi, Simulasi, Kasus-kasus dan Latihan

 

INSTRUCTOR :   Yuwono D. Sucipto

 

VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)

 

TRAINING DURATION :   2 days

 

WAKTU TRAINING :

  1. 02 Jan 2020-03 Jan 2020
  2. 27 Feb 2020-28 Feb 2020
  3. 23 Mar 2020-24 Mar 2020
  4. 01 Apr 2020-02 Apr 2020
  5. 14 Mei 2020-15 Mei 2020
  6. 25 Jun 2020-26 Jun 2020
  7. 01 Jul 2020-02 Jul 2020
  8. 27 Agust 2020-28 Agust 2020
  9. 02 Sep 2020-03 Sep 2020
  10. 29 Okt 2020-30 Okt 2020
  11. 26 Nop 2020-27 Nop 2020
  12. 02 Des 2020-03 Des 2020

 

 

HARGA INVESTASI/PESERTA : 

  1. 4.500.000/peserta (bayar penuh) atau
  2. 4.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
  3. 3.950.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

 

FACILITIES FOR PARTICIPANTS:

  1. Training Module
  2. Flash Disk contains training material
  3. Certificate
  4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
  5. T-Shirt
  6. Backpack
  7. Training Photo
  8. Training room with Full AC facilities and multimedia
  9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
  10. Qualified Instructor