TRAINING COMPRESSOR

COMPRESSOR: Operation, Maintenance, and Troubleshooting

Saatnya meningkatkan kompetensi kita dalam mengelola compresor! Ayo ikuti training compressor ini dan raih pengetahuan mendalam tentang prinsip-prinsip operasional, perawatan, dan pemecahan masalah.

Kontinuitas produksi merupakan kata kunci dalam setiap proses kegiatan produksi, dimana sistem tenaga listrik memegang peranan penting dalam kelangsungan seluruh operasionalnya.
Kompresor dikenal dengan kemampuannya menyimpan energi dalam bentuk tekanan udara. Dalam aplikasi industri, kompresor dilengkapi dengan alat bantu untuk mengontrol aliran udara, tekanan, dan aktuator. Kompresor akan menjadi sebuah keuntungan jika dioperasikan dan dirawat dengan baik. Prinsip kompresor dan kinerja sistemnya harus dipahami oleh operator dan siapa pun yang terlibat dengannya untuk meningkatkan kinerja pengoperasian, pemeliharaan, keselamatan, dll.

Pada training compressor ini akan dibahas kompresor mulai dari prinsip, aplikasi, komponen dan perawatannya. Selain itu, sistem kontrol untuk meningkatkan kinerja dan keselamatan juga akan diperkenalkan. Setelah menyelesaikan pelatihan ini peserta akan memahami prinsip dasar, penerapan dan sistem pengendalian yang akan membantu mereka dalam meningkatkan keselamatan dan pemecahan masalah pada kegiatan operasi dan pemeliharaan.

1. DASAR:
A. Menjelaskan teori kompresi udara/gas.
B. Jelaskan bagaimana ketinggian dan kelembaban mempengaruhi kompresi udara.
C. Jelaskan prinsip pengoperasian kompresor perpindahan positif dan dinamis.
D. Definisikan terminologi kompresi udara seperti tekanan absolut dan pengukur, kompresor
e. Perpindahan dan kapasitas kompresor, udara bebas, efisiensi volumetrik, aksi tunggal dan ganda, tunggal dan multistage.
F. Berdasarkan data relatif, lakukan perhitungan dasar untuk menyelesaikan perpindahan kompresor dan efisiensi volumetrik kompresor.
2. KOMPRESOR BALIK:
A. Sebutkan dan jelaskan macam-macam kompresor bolak-balik satu tahap dan banyak tahap, sebutkan fungsi berbagai bagian kompresor, termasuk katup.
B. Jelaskan metode yang digunakan untuk mendinginkan udara atau gas selama kompresi.
C. Sebutkan dan jelaskan berbagai jenis penggerak mula yang digunakan untuk kompresor.
3. KOMPRESOR ROTARY:
Jelaskan prinsip operasi, penerapannya, kemampuan volume dan tekanan, metode pengaturan, kelebihan dan kekurangan dari jenis kompresor putar (perpindahan positif) berikut:
A. baling-baling geser
B. tipe lobus
C. jenis akar
D. baut
e. tertutup cairan
4. KOMPRESOR SENTRIFUGAL DAN AKSIAL:
A. Jelaskan desain dan pengoperasian kompresor sentrifugal tipe volute dan diffuser.
B. Jelaskan desain dan pengoperasian kompresor aliran ganda satu tahap dan kompresor sentrifugal empat tahap.
C. Jelaskan desain dan pengoperasian kompresor aliran aksial.
D. Sebutkan penyebab dan solusi kompresor melonjak.
5. BANTU SISTEM KOMPRESOR:
A. Jelaskan desain dan pengoperasian intercooler dan aftercooler; nyatakan lokasinya di dalam sistem, jelaskan persyaratan pemeliharaan komponen-komponen ini.
B. Nyatakan kebutuhan penerima udara, lokasi pilihannya, dan persyaratan pemeriksaan dan pemeliharaan sesuai Kode.
C. Jelaskan penggunaan filter udara, daftar dan berikan penjelasan tentang berbagai jenis yang umum digunakan.
6. PENGOPERASIAN, KONTROL DAN PEMELIHARAAN:
A. Jelaskan metode berikut yang digunakan untuk mengontrol keluaran kompresor:
– Mulai/berhenti, kontrol ganda
– Kecepatan variabel
– Katup saluran hisap
– Katup hisap atau pelepasan
– Pukulan yang dapat disesuaikan
– Volume izin variabel
B. Sebutkan dan jelaskan pengoperasian berbagai jenis pengontrol dan perangkat keselamatan yang digunakan dalam sistem udara bertekanan. Jelaskan bagaimana perangkat ini dapat diuji saat sistem sedang beroperasi.
C. Jelaskan metode pelumasan kompresor internal dan eksternal.
D. Nyatakan berbagai pemeriksaan operasional yang dilakukan oleh operator pada kompresor dan sistem udara/gas bertekanan untuk memastikan pengoperasian yang aman dan efisien.
e. Nyatakan persyaratan pemeliharaan preventif kompresor, alat bantu, pipa dan penerima.
F. Nyatakan kemungkinan penyebab ledakan kompresor udara/gas, penerima atau pipa.


7. UNDANG-UNDANG, PERATURAN DAN KODE :
Kandidat diharapkan dapat menemukan informasi yang berkaitan dengan penempatan staf, pengoperasian, pemeliharaan, inspeksi, dan pengujian pabrik kompresor dan peralatannya.
8. KESELAMATAN:
Kandidat diharapkan mampu menjelaskan secara lengkap bahaya yang terkait dengan pengoperasian instalasi kompresor dan seluruh komponennya, serta menyatakan tindakan pencegahan yang harus diambil untuk meminimalkan atau mencegah bahaya tersebut.

Pelatihan ini penting bagi semua personel yang terlibat dengan desain, instalasi, pemeliharaan, pengoperasian dan servis kompresor dan sistem dasarnya.

DETAIL JADWAL DAN BIAYA INVESTASI TRAINING

Jadwal Training

6 – 9 Mei 2024 / 13 – 16 Mei 2024 / 20 – 23 Mei 2024 / 27 – 30 Mei 2024

Durasi Training

4 Hari

VENUE PELATIHAN

Bandung

Kagum Group Hotel, Asmila Hotel, Tebu Hotel, Amaris Hotel, Santika Hotel, Grand Setiabudi Hotel, Gas Block, dll

Jakarta

Dreamtel Hotel, Sofyatn Cut Meutia Hotel, Ibis Tamarin/ Arcadia Hotel, Asyana Kemayoran Hotel, Maxone Hotel Menteng, dll

Yogyakarta

Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, Fave Malioboro, dll

Online

Via Zoom

In House

Untuk peserta yang bergroup dari 1 perusahaan yang sama

HARGA INVESTASI / PESERTA (HARGA OFFLINE)

Rp 8.500.000

Bayar Penuh

Rp. 8.250.000

Early bid, yang membayar 1 minggu sebelumnya

Rp. 7.950.000

Untuk peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama

Mengapa Lebih Baik di Mairodi Training?

Trainer Yang Kompeten

Kami bekerjasama dengan Trainer yang kompeten di bidangnya, dengan kualifikasi Professor, Doktor, Master dan Sarjana yang berasal dari institusi terkenal di Indonesia, seperti ITB, LIPI, UI, UGM, IPB, UNPAD, STKS, BAPPENAS, BATAN dan institusi profesi lainnya

Review Positif

PT Mairodi Mandiri Sejahtera banyak mendapat respon positif dari peserta dan mendapat total rating 4,9 di Review Google

Berpengalaman

PT Mairodi Mandiri Sejahtera Sudah Berpengalaman menjadi provider Training selama 16 Tahun

Judul Training Bisa Menyesuaikan dengan Kebutuhan Perusahaan

Mairodi Training bisa membantu menyesuaikan kebutuhan pelatihan perusahaan dan Memilih Trainer yang sesuai dan kompeten di bidang tersebut

Venue Training yang Nyaman

Venue Training di Provider kami diselenggarakan di hotel – hotel berbintang yang ternama yang memiliki ruangan yang nyaman dan fasilitas yang lengkap

Biaya Investasi Training yang Terjangkau

Kami memberikan biaya Training yang terjangkau dengan berbagai fasilitas yang membuat peserta pelatihan menjadi nyaman mengikuti pelatihan di Mairodi Training

FASILITAS YANG DIDAPAT DI MAIRODI TRAINING

Modul Pelatihan

Sertifikat

T-Shirt

backpack

Ransel

Alat Tulis

Ruang Training Nyaman

Makan Siang + Coffee Break

Instruktur yang Qualified

Pencapaian Kami

0 +

Pelatihan Selesai

0 +

Judul Pelatihan

0 +

Jumlah Klien

0

Tahun Pengalaman

Ulasan dari Peserta

Saya berterima kasih kepada penyelenggara training sertifikasi Loading Master yang di lakukan oleh PT. Mairodi Mandiri Sejahtera dan para staffnya Semoga tetap berkelanjutan kedepannya.bagus dan kerenn. Terlebih kepada Bapak Capt . RI. Triyanto. M.MAR sebagai pembicara yang luar biasa bisa memberikan ilmu yg sangat berguna untuk menunjang job saya di lapangan sebagai L/M
5/5
Instruktur nya bagus2 dan berpengalaman, pelayanan untuk peserta training bagus2. Recommended training provider
5/5
PT. Mairodi Mandiri Sejahtera adalah lembaga pelatihan yang memiliki sumber daya yang mumpuni untuk meningkatkan pengetahuan.
5/5

Our Clients

711 + Perusahaan sudah mempercayakan training karyawannya dengan kami

DOKUMENTASI TRAINING COMPRESSOR

DOKUMENTASI PELATIHAN LAINNYA

UNTUK INFO LEBIH LANJUT TENTANG PELATIHAN YANG DIINGINKAN SILAHKAN HUBUNGI TIM MARKETING KAMI:

Lokasi Kantor
PT Mairodi Mandiri Sejahtera

TENTANG PT MAIRODI MANDIRI SEJAHTERA

Assalamu’alaikum Wr. Wb,

Salam Sejahtera,

Selamat memasuki Tahun 2024, semoga menjadi tahun kesuksesan buat kita semua!

Menjumpai semua rekan-rekan insan pembangunan Indonesia. Kami dari PT. Mairodi Mandiri Sejahtera (MMS) Training, Consulting & Engineering Services, sebagai institusi professional yang bergerak di bidang jasa training, consulting dan Engineering Services dengan bangga dan senang hati bekerja sama dengan saudara-saudara semua dalam membangun bangsa Indonesia dengan cara peningkatan, pengembangan dan pembangunan Sumber daya manusia(SDM), yang pada akhirnya akan meningkatkan performansi kerja Bangsa secara keseluruhan dan mempercepat terwujudnya Indonesia yang sejahtera dan makmur.

Kami sebagai institusi professional berusaha keras memberikan pelayanan yang maksimal dengan personel yang mengerti kebutuhan pasar dan didukung oleh instruktur-instruktur kami yang memahami dan pakar di bidangnya masing-masing dengan kualifikasi Professor, Doktor, Master dan Sarjana yang berasal dari institusi terkenal di Indonesia, seperti ITB, LIPI, UI, UGM, IPB, UNPAD, STKS, BAPPENAS, BATAN dan institusi profesi lainnya.

Kami mengerti akan kebutuhan pasar atau patner kami, yaitu kami memberikan training dengan muatan yang efektif, dengan keseimbangan kepentingan teoretikal dan praktikal sedemikian sehingga peserta merasa antusias dan nyaman berada di dalam kelas maupun workshop.

Berdasarkan tempat, kami menyelenggarakan training yang dilaksanakan di Hotel berbintang dan kami juga bersedia melaksanakan training inhouse. Berdasarkan schedule, kami menyelenggarakan training yang sudah kami atur jadwalnya(scheduled training) dan bisa juga pada waktu lain yang disepakati bersama (Customized training), termasuk judul training baru.

Jenis training yang kami selenggarakan mencakup seluruh range kebutuhan real yang ada di kantor-kantor, di pabrik-pabrik, di industri-industri, di tambang-tambang dan lain-lain dengan tema dari persoalan teknikal, non teknikal sampai persoalan sosial dan humaniora.

Kami hadir untuk memberikan service yang terbaik buat ANDA !…….

©2024. PT Mairodi Mandiri Sejahtera. All Rights Reserved.
Post Views: 184