MANAJEMEN ARSIP DINAMIS DAN MANAJEMEN PERPUSTAKAAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI

Training Syllabus:

MANAJEMEN ARSIP DINAMIS DAN

MANAJEMEN PERPUSTAKAAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI

 

 

PENDAHULUAN :

Arsip merupakan komponen penting yang menopang aktivitas sebuah institusi, baik itu institusi pemerintah maupun institusi swasta. Manajemen  arsip terkait dengan kegiatan mengelola dokumen-dokumen yang dihasilkan dari aktivitas yang dilakukan sebuah institusi.

Manajemen arsip diperlukan agar institusi mampu memanfaatkan arsip secara optimal dalam rangka penyelenggaraan tertib administrasi institusi serta mencapai tujuan yang ingin dicapai institusi. Manjemen arsip merupakan sebuah kebutuhan karena arsip merupakan bahan utama bagi pimpinan dalam pengambilan keputusan, bukti otentik dipengadilan, alat pengawasan kegiatan, dan alat yang berfungsi sebagai sumber pengingat. Manajemen arsip yang tidak baik akan mengakibatkan arsip sulit ditemukan sehingga akan menghambat pimpinan dalam mengambil keputusan, hilangnya bukti-bukti otentik baik yang menyangkut kepemilikikan/transaksi yang akan mengakibatkan institusi maupun warga organisasi  kehilangan hak-haknya, dan hilangnya rekaman kegiatan sehingga institusi akan kehilangan memori.

Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi, dokumen atau arsip tidak hanya tersimpan dalam format tercetak. Saat ini arsip atau dokumen mulai tersimpan dalam format digital. Bahkan jumlah arsip digital saat ini melipah dibandingkan dengan arsip tercetak atau arsip manual.

Namun kondisi manajemen arsip dan perpustakaan diberbagai institusi di Tanah Air masih memprihatinkan. Banyak institusi yang tidak mampu melakukan manajemen arsip dan perpustakaan dengan baik. Kondisi ini menyebabkan institusi tidak mampu memanfaatkan arsip yang dimiliki secara optimal serta perpustakaan tidak mampu memainkan perannya secara maksimal.

Atas dasar inilah maka kami berencana melaksanakan pelatihan manajemen arsip manual dan digital. Melalui pelatihan ini penyelenggara berharap mampu memberikan pengetahuan kepada peserta tentang manajemen arsip manual dan digital.

 

TUJUAN TRAINING :

  1. Peserta pelatihan diharapkan mampu menjelaskan definisi arsip,
  2. Memahami arti penting arsip,
  3. memahami jenis-jenisnya,
  4. Memberikan pengetahuan bagaimana mengelola arsip-arsip yang dimiliki institusi mulai dari arsip tercipta, digunakan, dipelihara, sampai disusutkan (dimusnahkan)

 

 

CAKUPAN MATERI TRAINING:

Materi yang akan diberikan pada pelatihan ini antara lain Manajemen Arsip Dinamis

  1. Pengantar Kearsipan.
  2. Pengertian arsip
  3. Dasar hukum kearsipan
  4. Organisasi kearsipan
  5. Jenis arsip
  6. Pentingnya arsip
  7. Daur hidup arsip
  8. Sanksi dan ketentuan pidana bidang kearsipan kearsipan
  9. Sarana dan prasarana kearsipan
  10. Sumber Daya Manusia Kearsipan
  11. Pengurusan Surat
  12. Pengertian pengurusan surat
  13. Tujuan pengurusan Surat
  14. Asas pengurusan surat
  15. Sistem pengurusan surat
  16. Unit kearsipan dan unit pengolah
  17. Prosedur pengurusan surat
  18. Penataan Berkas
  19. Pengertia penataan berkas
  20. Tujuan penataan berkas
  21. Azas penataan berkas
  22. Macam pemberkasan
  23. Tahapan penataan berkas
  24. Indeks
  25. Klasifikasi
  26. Tunjuk silang
  27. Penyusunan Daftar Arsip
  28. Peralatan penataan berkas
  29. Penggunaan dan pemeliharaan arsip
  30. Pengertian penggunaan dan pemeliharaan arsip
  31. Keterbukaan dan ketertutupan arsip
  32. Jenis pemeliharaan
  33. Faktor perusak arsip
  34. Prosedur penggunaan
  35. Bentuk pemeliharaan
  36. Hak dan kewajiban pengguna arsip.
  37. Penyusutan Arsip
  38. Pengertian penyusutan
  39. Tujuan Penyusutan
  40. Nilaiguna Arsip
  41. Jadwal Retensi Arsip
  42. Penilaian arsip
  43. Syarat dan prosedur penyusutan
  44. Pemindahan, penyerahan, dan pemusnahan arsip
  45. Pengantar Arsip digital
  46. Definisi arsip digital
  47. Fungsi arsip digital
  48. konsep pengelolaan arsip digital
  49. Instalasi program arsip digital
  50. Pengantar program arsip digital
  51. Ragam aplikasi arsip digital
  52. Instalasi OpenDocMan
  53. Operasional OpenDocMan

 

SIAPA SEBAIKNYA MENGIKUTI TRAINING?

  1. Arsiparis
  2. Pengelola arsip
  3. Pejabat struktural bidang kearsipan
  4. Staf tata usaha di berbagai institusi baik institusi pemerintah, lembaga pendidikan, maupun swasta.

 

TEMPAT TRAINING : Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)

DURASI TRAINING :    2 hari

WAKTU TRAINING :

Januari 2025Februari 2025Maret 2025April 2025
2 - 3 Januari 20253 - 4 Februari 20253 - 4 Maret 20257 - 8 April 2025
6 - 7 Januari 202510 - 11 Februari 202510 - 11 Maret 202514 - 15 April 2025
13 - 14 Januari 202517 - 18 Februari 202517 - 18 Maret 202521 - 22 April 2025
20 - 21 Januari 202524 - 25 Februari 2025 28 - 29 April 2025
27 - 28 Januari 2025   
    
Mei 2025Juni 2025Juli 2025Agustus 2025
2 - 3 Mei 20252 - 3 Juni 20251 - 2 Juli 20251 - 2 Agustus 2025
5 - 6 Mei 20259 - 10 Juni 20257 - 8 Juli 20254 - 5 Agustus 2025
12 - 13 Mei 202516 - 17 Juni 202514 - 15 Juli 202511 - 12 Agustus 2025
19 - 20 Mei 202523 - 24 Juni 202521 - 22 Juli 202518 - 19 Agustus 2025
26 - 27 Mei 2025 28 - 29 Juli 202525 - 26 Agustus 2025
    
September 2025Oktober 2025November 2025Desember 2025
1 - 2 September 20251 - 2 Oktober 20253 - 4 November 20251 - 2 Desember 2025
8 - 9 September 20256 - 7 Oktober 202510 - 11 November 20258 - 9 Desember 2025
15 - 16 September 202513 - 14 Oktober 202517 - 18 November 202515 - 16 Desember 2025
22 - 23 September 202520 - 21 Oktober 202524 - 25 November 202522 - 23 Desember 2025
29 - 30 September 202527 - 28 Oktober 2025 29 - 30 Desember 2025

 

HARGA INVESTASI/PESERTA :

  1. 4.500.000/peserta (bayar penuh) atau
  2. 4.250.000 /peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
  3. 3.950.000 /peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

 

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :

  1. Training Module
  2. Flash Disk contains training material
  3. Certificate
  4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
  5. T-Shirt
  6. Backpack
  7. Training Photo
  8. Training room with Full AC facilities and multimedia
  9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
  10. Qualified Instructor