ASPEK HUKUM DAN OE PENGADAAN BARANG/ JASA PEMERINTAH

Silabus Training:

ASPEK HUKUM DAN OE PENGADAAN BARANG/ JASA PEMERINTAH

 

 

  1. Aspek Hukum:
  • Penyusunan Paket dan Ketentuan Pemaketan Pekerjaan
  • Biaya Pengadaan
  • Definisi Kuasa Pengguna Anggaran dan Implikasi Kepres 80 Tahun 2003 Melalui Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2006:
  • Struktur dan Unsur Anggota Panitia Pengadaan
  • Metode Pemilihan Barang, Jasa Pemborongan dan Jasa Lainnya (B/JP/JL) serta Jasa Konsultasi (JK):
  • Pemilihan Penyedia Barang dan Jasa (Lelang umum, lelang terbatas, pemilihan langsung, penunjukan langsung)
  1. Metode penyampaian dokumen penawaran
  2. Metode evaluasi
  3. Evaluasi penawaran untuk jasa konsultasi
  • Sistem Prakualifikasi
  • Alokasi waktu pengadaan Pasca kualifikasi
  • Penyusunan Dokumen Pengadaan Barang dan Jasa

(i)pengumuman, (ii) undangan, (iii) instruksi, (iv) bentuk penawaran & kontrak, (v) syarat kontrak, (vi) daftar kuantitas & harga, (vi) spesifikasi teknis; pengadaan JK: (i) pengumuman, (ii) undangan, (iii) KAK; (iv) RKS, (v) konsep kontrak

 

  1. Peran Owners Estimate dalam Proses Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah
  • Fungsi Owners Estimate di Pengadaan B/J
  • Peran Owners Estimate dalam berbagai pola pengadaan.
  • Diskusi dan studi kasus.

 

  1. Teknik Penyusunan Owners Estimate
  • Harga pasar
  • Data Kontrak masa lalu
  • Perhitungan harga satuan dan Cost of goods Sold
  • Price list dari pabrikan
  • Delphi Method
  • Referensi harga yang lain.

 

  1. Perhitungan OE untuk pengadaaan international
  • Ketentuan – ketentuan pengadaan internasional
  • Biaya-biaya pengadaan internasional
  • Ilustrasi perhitungan OE untuk pengadaan internasional

 

  1. Perhitungan OE Proyek
  • Network Planning
  • Menerjemahkan network planning menjadi bar chart
  • Estimasi biaya setiap aktivitas proyek dengan konsep ABB (Activity- Based Budgeting)
  • Penentuan Project Cash Budget.

 

  1. Perhitungan OE untuk pengadaan jasa
  • Perbedaan barang dan jasa
  • Ketentuan pengadaan jasa bagi BUMN dan lembaga pemerintah
  • Aplikasi traditional cost accounting dan Activity-Based Costing untuk perhitungan OE pengadaan jasa.

 

  1. Konsep TCO (Total Cost of Ownership) untuk pengadaan aktiva tetap
  • Konsep Biaya dan Penganggaran Modal
  • Time value of money
  • Menghitung TCO dengan Net Present Value (NPV)
  • Latihan perhitungan TCO.

 

  1. Studi Kasus dan Diskusi

 

TEMPAT TRAINING : Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)

 

DURASI TRAINING :    3 hari

 

WAKTU TRAINING :

Januari 2025Februari 2025Maret 2025April 2025
2 - 4 Januari 20253 - 5 Februari 20253 - 5 Maret 20257 - 9 April 2025
6 - 8 Januari 202510 - 12 Februari 202510 - 12 Maret 202514 - 16 April 2025
13 - 15 Januari 202517 - 19 Februari 202517 - 19 Maret 202521 - 23 April 2025
20 - 22 Januari 202524 - 26 Februari 2025 28 - 30 April 2025
27 - 29 Januari 2025   
    
Mei 2025Juni 2025Juli 2025Agustus 2025
5 - 7 Mei 20252 - 4 Juni 20251 - 3 Juli 20254 - 6 Agustus 2025
12 - 14 Mei 20259 - 11 Juni 20257 - 9 Juli 202511 - 13 Agustus 2025
19 - 21 Mei 202516 - 18 Juni 202514 - 16 Juli 202518 - 20 Agustus 2025
26 - 28 Mei 202523 - 25 Juni 202521 - 23 Juli 202525 - 27 Agustus 2025
  28 - 30 Juli 2025 
    
September 2025Oktober 2025November 2025Desember 2025
1 - 3 September 20256 - 8 Oktober 20253 - 5 November 20251 - 3 Desember 2025
8 - 10 September 202513 - 15 Oktober 202510 - 12 November 20258 - 10 Desember 2025
15 - 17 September 202520 - 22 Oktober 202517 - 19 November 202515 - 17 Desember 2025
22 - 24 September 202527 - 29 Oktober 202524 - 26 November 202522 - 24 Desember 2025
29 Sep - 1 Okt 2025  29 - 31 Desember 2025

HARGA INVESTASI/PESERTA :

  1. 6.500.000/peserta (bayarpenuh) atau
  2. 6.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggusebelum training) atau
  3. 5.950.000/peserta (pesertabergroup yang terdiridari 3 pesertaataulebihdari 1 perusahaan yang sama)

 

FACILITIES FOR PARTICIPANTS:

  1. Training Module
  2. Flash Disk contains training material
  3. Certificate
  4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
  5. T-Shirt
  6. Backpack
  7. Training Photo
  8. Training room with Full AC facilities and multimedia
  9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
  10. Qualified Instructor