fbpx

NEED ASSESMENT DAN READINESS ASSESMENT – Akreditasi Puskesmas

Training Syllabus:

NEED ASSESMENT DAN READINESS ASSESMENTAkreditasi Puskesmas

 

INTRODUCTION :

Tujuan utama akreditasi Puskesmas adalah untuk pembinaan peningkatan mutu, kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu dan sistem penyelenggaraan pelayanan dan upaya kesehatan, serta penerapan manajemen risiko, bukan sekedar penilaian untuk mendapatkan sertifikat akreditasi. Pendekatan yang dipakai dalam akreditasi Puskesmas adalah keselamatan dan hak pasien dan keluarga, dengan tetap memperhatikan hak petugas. Prinsip ini ditegakkan sebagai upaya meningkatkan kualitas dan keselamatan dalam pelayanan. Untuk menjamin bahwa perbaikan mutu, peningkatan kinerja dan penerapan manajemen risiko dilaksanakan secara berkesinambungan di Puskemas, diperlukan adanya penilaian oleh pihak eksternal dengan menggunakan standar yang ditetapkan, yaitu melalui mekanisme akreditasi. Tujuan utama akreditasi puskesmas adalah untuk pembinaan peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu, sistem penyelenggaraan pelayanan serta program dan penerapan manajemen risiko. Tentu saja akreditasi ini bukan sekedar penilaian untuk mendapatkan sertifikat akreditasi.

 

TRAINING OBJECTIVE :

Pelatihan Akreditasi Puskesmas berfokus pada tiga kelompok pelayanan yang diselenggarakan di Puskesmas dan sesuai dengan satandart/ sasaran dari akreditasi, yaitu kelompok Administrasi dan Manajemen (diuraikan dalam Bab I, II, dan III), kelompok Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) (diuraikan dalam Bab IV, V, dan VI) dan kelompok Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) (diuraikan dalam bab VII, VIII, dan IX). Masing-masing BAB terdiri dari kriteria-kriteria, dan dalam kriteria-kriteria tersebut terdapat Elemen Penilaian (EP). Secara keseluruhan terdapat 768 EP yang dipersyaratkan untuk dipenuhi sebagai instrument dalam penilaian Akreditasi Puskesmas. Pelatihan disesuaikan dengan pendekatan-pendekatan yang lebih sederhana dan praktis, serta mempertimbangkan kondisi dan kebutuhan institusi untuk meningkatkan manajemen data dan dokumen rekam medis, serta meningkatkan mutu informasi dan pelayanan yang lebih efektif – efisien.

 

TRAINING MATERIAL OUTLINE :

  1. Pengantar Akreditasi Puskesmas
  2. Pembahasan Standart, Elemen Penilaian dan Dokumen Akreditasi
  3. Penyelenggaraan Pelayanan Puskesmas (PPP)
  4. Kepemimpinan dan Manajemen Puskesmas (KMP)
  5. Peningkatan Mutu dan Manajemen Risiko (PMMR)
  6. Upaya Kesehatan Masyarakat yang Berorientasi Sasaran (UKMBS)
  7. Kepemimpinan dan Manajemen Upaya Kesehatan Masyarakat (KMUKM)
  8. Sasaran Kinerja UKM (SKUKM)
  9. Layanan Klinis yang Berorientasi Pasien (LKBP) Manajemen Penunjang Layanan Klinis (MPLK)
  10. Peningkatan Mutu Klinis dan Keselamatan Pasien (PMKP)
  11. Analisis Kesiapan dan Kebutuhan dalam Akreditasi Puskesmas

 

WHO SHOULD ATTEND THIS TRAINING ?

Struktural/ SDM di Puskesmas (Unit Pelayanan, Tim Akreditasi dan Tenaga Medis/ Kesehatan Lainnya)

 

TRAINING METHOD AND TOOLS :

  1. Metode yang digunakan di traning ini : ceramah, diskusi/ FGD, studi kasus, praktikum/ tutorial.
  2. Alat yang digunakan di training ini : Laptop, Modem/ Wifi, dll.

TEMPAT TRAINING :  Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)

 

DURASI TRAINING :    3 Hari

 

WAKTU TRAINING :

Januari 2024Februari 2024Maret 2024April 2024
3 – 5 Januari 20245 – 7 Februari 20244 – 6 Maret 20241 – 3 April 2024
8 – 10 Januari 202412 – 14 Februari 202412 – 14 Maret 202422 – 24 April 2024
15 – 17 Januari 202419 – 21 Februari 202418 – 20 Maret 202429 April – 1 Mei 2024
22 – 24 Januari 202426 – 28 Februari 202425 – 27 Maret 2024
29 – 31 Januari 2024
Mei 2024Juni 2024Juli 2024Agustus 2024
6 – 8 Mei 20243 – 5 Juni 20241 – 3 Juli 20245 – 7 Agustus 2024
13 – 15 Mei 202410 – 12 Juni 20248 – 10 Juli 202412 – 14 Agustus 2024
20 – 22 Mei 202419 – 21 Juni 202415 – 17 Juli 202419 – 21 Agustus 2024
27 – 29 Mei 202424 – 26 Juni 202422 – 24 Juli 202426 – 28 Agustus 2024
29 – 31 Juli 2024
September 2024Oktober 2024November 2024Desember 2024
2 – 4 September 20241 – 3 Oktober 20244 – 6 November 20242 – 4 Desember 2024
9 – 11 September 20247 – 9 Oktober 202411 – 13 November 20249 – 11 Desember 2024
16 – 18 September 202414 – 16 Oktober 202418 – 20 November 202416 – 18 Desember 2024
23 – 25 September 202421 – 23 Oktober 202425 – 27 November 202426 – 28 Desember 2024
28 – 30 Oktober 2024

 

HARGA INVESTASI/PESERTA :

  1. 6.500.000/peserta (bayarpenuh) atau
  2. 6.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
  3. 5.950.000/peserta (peserta bergroup yang terdiridari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

 

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :

  1. Training Module
  2. Flash Disk contains training material
  3. Certificate
  4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
  5. T-Shirt
  6. Backpack
  7. Training Photo
  8. Training room with full AC facilities and multimedia
  9. Lunch and twice coffeebreak everyday of training
  10. Qualified instructor
  11. Transportation for participants from hotel of participants to/from hotel of training (if minimal number of participants from one company is 4 persons)