Training Syllabus:
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT (SIM-RS)
INTRODUCTION :
Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit yang selanjutnya disingkat SIM-RS adalah suatu sistem teknologi informasi komunikasi yang memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses pelayanan Rumah Sakit dalam bentuk jaringan koordinasi, pelaporan dan prosedur administrasi untuk memperoleh informasi secara tepat dan akurat, dan merupakan bagian dari Sistem Informasi Kesehatan
Peran sistem informasi di dalam kegiatan manajemen rumah sakit sangatlah membantu dan mempunyai peran yang sangat efektif dalam proses pelayanan kesehatan di rumah sakit. Dengan sistem informasi seorang pemimpin rumah sakit dapat mengambil suatu kebijakan secara cepat, tepat dan akurat berdasarkan informasi yang didapat dari pelayanan kesehatan di rumah sakit yang dipimpinnya.
TRAINING OBJECTIVE :
Pelatihan tentang konsep, pengembangan, implementasi dan tata kelola sistem informasi manjemen rumah sakit (SIM-RS), yang disesuaikan dengan pendekatan-pendekatan yang lebih sederhana dan praktis, serta mempertimbangkan kondisi dan kebutuhan Rumah Sakit untuk meningkatkan manajemen dan pelayanan yang lebih efektif – efisien.
TRAINING MATERIAL OUTLINE :
- Pengantar Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIM-RS)
- Perencanaan dan Pengembangan SIM-RS
- Tata Kelola SIM-RS
- Standarisasi Data, Integrasi dan Interoperabilitas System
- Laboratory Information Management Systems (LIMS)
- Picture Archiving and Communications System (PACS)
- Electronic Medical Record (EMR) + EHR
- Clinical Decission Suport System (CDSS) : E-Presciptions, CPOE
- Alih Media Digital dan Digitasi Pelayanan di Rumah Sakit
- Readiness Assessment SIM-RS (Asesmen Keseiapan)
- Sistem Admission, Discharge dan Transfer Rumah Sakit
WHO SHOULD ATTEND THIS TRAINING ? :
Manajemen/ Pelaksana (Administrasi & Pelayanan) di Rumah Sakit (CIO, Manajer Data & Teknologi Informasi, Unit IT/ Sistem Informasi, Manajer Pelayanan Kesehatan/ Medik, Bagian Pelaporan Data dan Statistik RS/ SIM-RS, Ka. Unit Rekam Medis, Petugas di Unit Pelayanan Kesehatan/ Medis : Dokter, Perawat, Bidan, Farmasi, Gizi, dll).
TRAINING METHOD AND TOOLS :
- Metode yang digunakan di traning ini : ceramah, diskusi/ FGD, studi kasus, praktikum/ tutorial.
- Alat yang digunakan di training ini : Laptop, dll.
TEMPAT TRAINING : Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)
DURASI TRAINING : 3 Hari
WAKTU TRAINING :
Januari 2024 | Februari 2024 | Maret 2024 | April 2024 |
3 - 5 Januari 2024 | 5 - 7 Februari 2024 | 4 - 6 Maret 2024 | 1 - 3 April 2024 |
8 - 10 Januari 2024 | 12 - 14 Februari 2024 | 12 - 14 Maret 2024 | 22 - 24 April 2024 |
15 - 17 Januari 2024 | 19 - 21 Februari 2024 | 18 - 20 Maret 2024 | 29 April – 1 Mei 2024 |
22 - 24 Januari 2024 | 26 - 28 Februari 2024 | 25 - 27 Maret 2024 | |
29 - 31 Januari 2024 | |||
Mei 2024 | Juni 2024 | Juli 2024 | Agustus 2024 |
6 - 8 Mei 2024 | 3 - 5 Juni 2024 | 1 - 3 Juli 2024 | 5 - 7 Agustus 2024 |
13 - 15 Mei 2024 | 10 - 12 Juni 2024 | 8 - 10 Juli 2024 | 12 - 14 Agustus 2024 |
20 - 22 Mei 2024 | 19 - 21 Juni 2024 | 15 - 17 Juli 2024 | 19 - 21 Agustus 2024 |
27 - 29 Mei 2024 | 24 - 26 Juni 2024 | 22 - 24 Juli 2024 | 26 - 28 Agustus 2024 |
29 - 31 Juli 2024 | |||
September 2024 | Oktober 2024 | November 2024 | Desember 2024 |
2 - 4 September 2024 | 1 - 3 Oktober 2024 | 4 - 6 November 2024 | 2 - 4 Desember 2024 |
9 - 11 September 2024 | 7 - 9 Oktober 2024 | 11 - 13 November 2024 | 9 - 11 Desember 2024 |
16 - 18 September 2024 | 14 - 16 Oktober 2024 | 18 - 20 November 2024 | 16 - 18 Desember 2024 |
23 - 25 September 2024 | 21 - 23 Oktober 2024 | 25 - 27 November 2024 | 26 - 28 Desember 2024 |
28 - 30 Oktober 2024 |
HARGA INVESTASI/PESERTA :
- 6.500.000/peserta (bayarpenuh) atau
- 6.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
- 5.950.000/peserta (peserta bergroup yang terdiridari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)
FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
- Training Module
- Flash Disk contains training material
- Certificate
- Stationeries: NoteBook and Ballpoint
- T-Shirt
- Backpack
- Training Photo
- Training room with full AC facilities and multimedia
- Lunch and twice coffeebreak everyday of training
- Qualified instructor
- Transportation for participants from hotel of participants to/from hotel of training (if minimal number of participants from one company is 4 persons)