fbpx

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT (SIM-RS)

Training Syllabus:

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT (SIM-RS)

 

INTRODUCTION :

Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit yang selanjutnya disingkat SIM-RS adalah suatu sistem teknologi informasi komunikasi yang memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses pelayanan Rumah Sakit dalam bentuk jaringan koordinasi, pelaporan dan prosedur administrasi untuk memperoleh informasi secara tepat dan akurat, dan merupakan bagian dari Sistem Informasi Kesehatan

Peran sistem informasi di dalam kegiatan manajemen rumah sakit sangatlah membantu dan mempunyai peran yang sangat efektif dalam proses pelayanan kesehatan di rumah sakit. Dengan sistem informasi seorang pemimpin rumah sakit dapat mengambil suatu kebijakan secara cepat, tepat dan akurat berdasarkan informasi yang didapat dari pelayanan kesehatan di rumah sakit yang dipimpinnya.

 

TRAINING OBJECTIVE :

Pelatihan tentang konsep, pengembangan, implementasi dan tata kelola sistem informasi manjemen rumah sakit (SIM-RS), yang disesuaikan dengan pendekatan-pendekatan yang lebih sederhana dan praktis, serta mempertimbangkan kondisi dan kebutuhan Rumah Sakit untuk meningkatkan manajemen dan pelayanan yang lebih efektif – efisien.

 

TRAINING MATERIAL OUTLINE :

  1. Pengantar Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIM-RS)
  2. Perencanaan dan Pengembangan SIM-RS
  3. Tata Kelola SIM-RS
  4. Standarisasi Data, Integrasi dan Interoperabilitas System
  5. Laboratory Information Management Systems (LIMS)
  6. Picture Archiving and Communications System (PACS)
  7. Electronic Medical Record (EMR) + EHR
  8. Clinical Decission Suport System (CDSS) : E-Presciptions, CPOE
  9. Alih Media Digital dan Digitasi Pelayanan di Rumah Sakit
  10. Readiness Assessment SIM-RS (Asesmen Keseiapan)
  11. Sistem Admission, Discharge dan Transfer Rumah Sakit

 

WHO SHOULD ATTEND THIS TRAINING ? :

Manajemen/ Pelaksana (Administrasi & Pelayanan) di Rumah Sakit (CIO, Manajer Data & Teknologi Informasi, Unit IT/ Sistem Informasi, Manajer Pelayanan Kesehatan/ Medik, Bagian Pelaporan Data dan Statistik RS/ SIM-RS, Ka. Unit Rekam Medis, Petugas di Unit Pelayanan Kesehatan/ Medis : Dokter, Perawat, Bidan, Farmasi, Gizi, dll).

 

TRAINING METHOD AND TOOLS :

  1. Metode yang digunakan di traning ini : ceramah, diskusi/ FGD, studi kasus, praktikum/ tutorial.
  2. Alat yang digunakan di training ini : Laptop, dll.

 

TEMPAT TRAINING :  Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)

 

DURASI TRAINING :    3 Hari

 

WAKTU TRAINING :

Januari 2024Februari 2024Maret 2024April 2024
3 - 5 Januari 20245 - 7 Februari 20244 - 6 Maret 20241 - 3 April 2024
8 - 10 Januari 202412 - 14 Februari 202412 - 14 Maret 202422 - 24 April 2024
15 - 17 Januari 202419 - 21 Februari 202418 - 20 Maret 202429 April – 1 Mei 2024
22 - 24 Januari 202426 - 28 Februari 202425 - 27 Maret 2024 
29 - 31 Januari 2024   
    
Mei 2024Juni 2024Juli 2024Agustus 2024
6 - 8 Mei 20243 - 5 Juni 20241 - 3 Juli 20245 - 7 Agustus 2024
13 - 15 Mei 202410 - 12 Juni 20248 - 10 Juli 202412 - 14 Agustus 2024
20 - 22 Mei 202419 - 21 Juni 202415 - 17 Juli 202419 - 21 Agustus 2024
27 - 29 Mei 202424 - 26 Juni 202422 - 24 Juli 202426 - 28 Agustus 2024
  29 - 31 Juli 2024 
    
September 2024Oktober 2024November 2024Desember 2024
2 - 4 September 20241 - 3 Oktober 20244 - 6 November 20242 - 4 Desember 2024
9 - 11 September 20247 - 9 Oktober 202411 - 13 November 20249 - 11 Desember 2024
16 - 18 September 202414 - 16 Oktober 202418 - 20 November 202416 - 18 Desember 2024
23 - 25 September 202421 - 23 Oktober 202425 - 27 November 202426 - 28 Desember 2024
 28 - 30 Oktober 2024  

HARGA INVESTASI/PESERTA :

  1. 6.500.000/peserta (bayarpenuh) atau
  2. 6.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
  3. 5.950.000/peserta (peserta bergroup yang terdiridari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

 

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :

  1. Training Module
  2. Flash Disk contains training material
  3. Certificate
  4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
  5. T-Shirt
  6. Backpack
  7. Training Photo
  8. Training room with full AC facilities and multimedia
  9. Lunch and twice coffeebreak everyday of training
  10. Qualified instructor
  11. Transportation for participants from hotel of participants to/from hotel of training (if minimal number of participants from one company is 4 persons)