BANKING FRAUD AND PREVENTIONS

Training Syllabus:

BANKING FRAUD AND PREVENTIONS

 

DESKRIPSI

Kerugian yang dialami oleh bank akibat tindak kecurangan terhadap kegiatan operasional bank hingga saat ini masih terus terjadi dalam berbagai ukuran dan bentuk, baik yang dilakukan oleh oknum pelaku eksternal maupun dari internal karyawan. Salah satu upaya yang dilakukan oleh bank dalam pencegahan tindak kecurangan adalah memberikan pendidikan kepada karyawannya dan membekali mereka dengan alat yang mereka butuhkan untuk mencegah dan mendeteksi penipuan. Peristiwa potensial seperti penyalahgunaan wewenang (fraud), kegagalan sistem teknologi informasi, standar proses operasi yang belum sesuai dengan peraturan/regulasi yang berlaku, dan kejahatan pihak eksternal terhadap bank jika tidak identifikasi dan dikelola dengan baik dapat menimbulkan permasalahan yang berat bahkan bencana bagi bank.Program ini fokus kepada pencegahan fraud dengan memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mencegah penipuan serta meminimalkan risiko aktivitas penipuan di Bank. Program ini memberikan gambaran yang mendalam dan komprehensif mengenai jenis-jenis tindak kecurangan yang biasa dilakukan di Bank, serta skema penipuan yang terbaru seperti pencurian identitas nasabah. Peserta juga akan belajar tentang alat-alat pencegahan penipuan bank untuk membantu melindungi bank dan nasabahnya.

 

TUJUAN

  1. Meningkatkan pemahaman dan kemampuan praktis peserta dalam penerapan manajemen risiko operasional melalui aplikasi pembuatan SOP Mitigasi risiko Operasional
  2. Peserta mengenali modus-modus Tindak Kecurangan yang biasa terjadi
  3. Mengidentifikasi kemungkinan oknum / pelaku kecurangan
  4. Peserta mampu melakukan pencegahan penipuan sebelum terjadi (Micro Investigations – Credit Risk Investigations)
  5. Pelaporan temuan atas prosedur tindak kecurangan

 

CAKUPAN MATERI TRAINING

  1. Mengenali Jenis-jenis Kegagalan Operasional Bank: people risk, process risk (model, transaksi, dan kegiatan operasional), system and technology risk, external party risk, dan natural disaster
  2. Faktor-faktor yang menyebabkan peluang Fraud pada Bank terutama BPR
  3. Cara Mendeteksi Fraud dan Proses Mitigasi Risiko Operasional pada Aktivitas Perbankan
  4. Peran BI dan PPATK dalam Antisipasi Terjadinya Fraud
  5. Solusi menghadapi Fraud:
    • Litigasi
    • Penelusuran aliran dana (Tracing Fund)
  6. Reporting Fraud Procedures (Strategi Anti FRAUD)

 

METODE TRAINING

Kegiatan pelatihan dirancang agar peserta dapat memahami secara komprehensif materi yang disampaikan, sehingga dapat dimplementasikan secara aplikatif dalam dunia kerja. Adapun metode yang digunakan adalah:

  • Presentation
  • Discuss (Team Work)
  • Case Study (RISK MITIGATIONS)
  • Evaluation

 

INSTRUCTOR :   Arno Haryo Utomo, SE., MM

 

VENUE :  Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)

 

TRAINING DURATION :  2 days

 

TRAINING TIME :

  1. 02 Jan 2020-03 Jan 2020
  2. 24 Feb 2020-25 Feb 2020
  3. 23 Mar 2020-24 Mar 2020
  4. 06 Apr 2020-07 Apr 2020
  5. 19 Mei 2020-20 Mei 2020
  6. 22 Jun 2020-23 Jun 2020
  7. 06 Jul 2020-07 Jul 2020
  8. 24 Agust 2020-25 Agust 2020
  9. 07 Sep 2020-08 Sep 2020
  10. 26 Okt 2020-27 Okt 2020
  11. 23 Nop 2020-24 Nop 2020
  12. 07 Des 2020-08 Des 2020

 

 

INVESTMENT PRICE/PERSON :

  1. Rp. 4.500.000/person (full fare) or
  2. Rp. 4.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
  3. Rp. 3.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

 

FACILITIES FOR PARTICIPANTS:

  1. Training Module
  2. Flash Disk contains training material
  3. Certificate
  4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
  5. T-Shirt
  6. Backpack
  7. Training Photo
  8. Training room with Full AC facilities and multimedia
  9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
  10. Qualified Instructor
  11. Transportation for participants from hotel of participants to/from hotel of training – VV (if minimal participants is 4 persons from the same company)