BUSINESS PROCESS MODELING WITH BPMN TOOLS

Silabus Training :

BUSINESS PROCESS MODELING WITH BPMN TOOLS

 TRAINING INTRODUCTION :

Setiap organisasi yang berorientasi pada profit ataupun services masih berkutat pada penguatan fungsi struktur organisasi yang diwakili dalam hal ini oleh departemen masing-masing. Begitu pekerja ditempatkan di dalam departemennya, maka ia seringkali menganggap bahwa departemennya  tersebut merupakan batasan dimana ia harus berada. Hal ini mengakibatkan komunikasi antar departemen sangat terbatas. Anggota departemen hanya melakukan tugas yang menjadi tanggung jawab departemennya, tidak fokus pada proses input atau output yang mengalir dari atau ke customer – nya, baik untuk internal ataupun external customer, sehingga sering mengabaikan komunikasi informal dengan departemen lain (Requirements and feedback) yang berakibat terjadinya Functional Silos di dalam organisasi bisnis tersebut.

Saat ini telah terjadi perubahan dari memandang sebuah perusahaan sebagai beberapa departemen menjadi fokus pada proses bisnis yang dilakukan. Pimpinan perusahaan ataupun departemen yang bertanggungjawab pada suatu proses harus mampu membuat pemodelan proses bisnis agar dapat mengetahui proses – proses yang sudah ada bekerja, mengetahui proses apa yang harus dikerjakan dan kaitannya dengan proses yang lain, membantu memastikan konsistensi dalam pelaksanaan proses dan yang paling penting dapat mengidentifikasi masalah dan kelemahan proses bisnis yang ada sehingga dapat dikembangkan proses yang lebih baik.

Dengan membuat pemodelan proses bisnis dengan tool BPMN (Business Process Modeling Notation) berarti ada usaha untuk memperbaiki proses dan berarti juga akan memperbaiki bisnis organisasi tersebut.

 

TRAINING OBJECTIVES                                       

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu :

  1. Memahami proses bisnis secara umum dalam konteks organisasi dan mengetahui fenomena functional silos yang terjadi pada organisasi
  2. Mengetahui proses-proses bisnis yang ada dalam setiap organisasi dengan rangkaian aktifitas utamanya yang terhubung ke dalam sistem informasi.
  3. Mengetahui komponen-komponen kunci pemicu kejadian proses bisnis dan klasifikasi utama dalam proses bisnis.
  4. Memahami perbaikan proses bisnis dan tools yang digunakan dalam pembuatan dokumentasinya.
  5. Mengetahui manfaat memperbaiki proses bisnis dan pengertian pemodelannya.
  6. Mengetahui komponen-komponen yang harus ada dalam pemodelan proses bisnis dan tujuan pembuatan pemodelannya.
  7. Mengetahui tahapan – tahapan pembuatan pemodelan proses bisnis
  8. Menyelesaikan 3 (tiga) study kasus secara mandiri.

 

CAKUPAN MATERI TRAINING :

  1. Proses bisnis secara umum
  2. Proses bisnis konteks organisasi.
  3. Fenomena functional silos pada perusahaan.
  4. 3 (tiga) proses bisnis yang ada dalam setiap organisasi.
  5. 5 (lima) kegiatan manajemen organisasi yang terhubung ke dalam information system.
  6. Hubungan antara proses bisnis, information system dan aktifitas utama management.
  7. 5 (lima) komponen kunci pemicu kejadian proses bisnis.
  8. 3 (tiga) klasifikasi utama dalam proses bisnis.
  9. Perbaikan proses bisnis metode ESIA :
  • Eliminate
  • Simplify
  • Integrate
  • Automate
  1. Tool-tool dokumentasi proses bisnis :
  • Relationship Mapping
  • Flowchart
  • Cross-Functional Flowchart
  • Work-Flow Chart
  1. Manfaat – manfaat memperbaiki proses bisnis.
  2. Definisi Pemodelan Proses Bisnis (Business Process Modelling Definition):
  • Flow Diagrams
  • Concerned With ‘Mapping’ and ‘Workflow’
  • Sequence of Activities
  • Events, Actions And Links
  • Sequence & Organizational Operations
  1. Komponen-komponen yang harus ada dalam pemodelan proses bisnis :
  • Business actor
  • Business worker
  • Association and generalization relation
  • Business entity
  • Business use case diagram
  • Activity diagram
  • Organization unit
  1. Tujuan pembuatan pemodelan proses bisnis.
  2. Mengetahui tahapan – tahapan pembuatan pemodelan proses bisnis
  3. Pemodelan proses bisnis dengan metode REAL :
  • Resources
  • Events
  • Agents
  • Locations
  1. Cases Study

 

TRAINING METHOD :

  • 30% Theory
  • 70% Practices
  • Dynamic and interactive training presentation
  • Role Play from Cases Study Functional Silos

VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)

 

TRAINING DURATION :   2 hari

 

WAKTU TRAINING :

Januari 2025Februari 2025Maret 2025April 2025
2 - 3 Januari 20253 - 4 Februari 20253 - 4 Maret 20257 - 8 April 2025
6 - 7 Januari 202510 - 11 Februari 202510 - 11 Maret 202514 - 15 April 2025
13 - 14 Januari 202517 - 18 Februari 202517 - 18 Maret 202521 - 22 April 2025
20 - 21 Januari 202524 - 25 Februari 2025 28 - 29 April 2025
27 - 28 Januari 2025   
    
Mei 2025Juni 2025Juli 2025Agustus 2025
2 - 3 Mei 20252 - 3 Juni 20251 - 2 Juli 20251 - 2 Agustus 2025
5 - 6 Mei 20259 - 10 Juni 20257 - 8 Juli 20254 - 5 Agustus 2025
12 - 13 Mei 202516 - 17 Juni 202514 - 15 Juli 202511 - 12 Agustus 2025
19 - 20 Mei 202523 - 24 Juni 202521 - 22 Juli 202518 - 19 Agustus 2025
26 - 27 Mei 2025 28 - 29 Juli 202525 - 26 Agustus 2025
    
September 2025Oktober 2025November 2025Desember 2025
1 - 2 September 20251 - 2 Oktober 20253 - 4 November 20251 - 2 Desember 2025
8 - 9 September 20256 - 7 Oktober 202510 - 11 November 20258 - 9 Desember 2025
15 - 16 September 202513 - 14 Oktober 202517 - 18 November 202515 - 16 Desember 2025
22 - 23 September 202520 - 21 Oktober 202524 - 25 November 202522 - 23 Desember 2025
29 - 30 September 202527 - 28 Oktober 2025 29 - 30 Desember 2025

HARGA INVESTASI/PESERTA : 

  1. 4.950.000/peserta (bayar penuh) atau
  2. 4.750.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
  3. 4.500.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

 

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :

  1. Modul Training
  2. Flashdisk Training berisi materi training
  3. Sertifikat
  4. ATK: NoteBook dan Ballpoint
  5. T-Shirt
  6. Ransel
  7. Foto Training
  8. Ruang Training dengan fasilitas Full AC dan multimedia
  9. Makan siang dan 2 kali coffeebreak
  10. Instruktur yang Qualified