BUSINESS PROCESS MODELING WITH BPMN TOOLS

Silabus Training :

BUSINESS PROCESS MODELING WITH BPMN TOOLS

 TRAINING INTRODUCTION :

Setiap organisasi yang berorientasi pada profit ataupun services masih berkutat pada penguatan fungsi struktur organisasi yang diwakili dalam hal ini oleh departemen masing-masing. Begitu pekerja ditempatkan di dalam departemennya, maka ia seringkali menganggap bahwa departemennya  tersebut merupakan batasan dimana ia harus berada. Hal ini mengakibatkan komunikasi antar departemen sangat terbatas. Anggota departemen hanya melakukan tugas yang menjadi tanggung jawab departemennya, tidak fokus pada proses input atau output yang mengalir dari atau ke customer – nya, baik untuk internal ataupun external customer, sehingga sering mengabaikan komunikasi informal dengan departemen lain (Requirements and feedback) yang berakibat terjadinya Functional Silos di dalam organisasi bisnis tersebut.

Saat ini telah terjadi perubahan dari memandang sebuah perusahaan sebagai beberapa departemen menjadi fokus pada proses bisnis yang dilakukan. Pimpinan perusahaan ataupun departemen yang bertanggungjawab pada suatu proses harus mampu membuat pemodelan proses bisnis agar dapat mengetahui proses – proses yang sudah ada bekerja, mengetahui proses apa yang harus dikerjakan dan kaitannya dengan proses yang lain, membantu memastikan konsistensi dalam pelaksanaan proses dan yang paling penting dapat mengidentifikasi masalah dan kelemahan proses bisnis yang ada sehingga dapat dikembangkan proses yang lebih baik.

Dengan membuat pemodelan proses bisnis dengan tool BPMN (Business Process Modeling Notation) berarti ada usaha untuk memperbaiki proses dan berarti juga akan memperbaiki bisnis organisasi tersebut.

 

TRAINING OBJECTIVES                                       

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu :

  1. Memahami proses bisnis secara umum dalam konteks organisasi dan mengetahui fenomena functional silos yang terjadi pada organisasi
  2. Mengetahui proses-proses bisnis yang ada dalam setiap organisasi dengan rangkaian aktifitas utamanya yang terhubung ke dalam sistem informasi.
  3. Mengetahui komponen-komponen kunci pemicu kejadian proses bisnis dan klasifikasi utama dalam proses bisnis.
  4. Memahami perbaikan proses bisnis dan tools yang digunakan dalam pembuatan dokumentasinya.
  5. Mengetahui manfaat memperbaiki proses bisnis dan pengertian pemodelannya.
  6. Mengetahui komponen-komponen yang harus ada dalam pemodelan proses bisnis dan tujuan pembuatan pemodelannya.
  7. Mengetahui tahapan – tahapan pembuatan pemodelan proses bisnis
  8. Menyelesaikan 3 (tiga) study kasus secara mandiri.

 

CAKUPAN MATERI TRAINING :

  1. Proses bisnis secara umum
  2. Proses bisnis konteks organisasi.
  3. Fenomena functional silos pada perusahaan.
  4. 3 (tiga) proses bisnis yang ada dalam setiap organisasi.
  5. 5 (lima) kegiatan manajemen organisasi yang terhubung ke dalam information system.
  6. Hubungan antara proses bisnis, information system dan aktifitas utama management.
  7. 5 (lima) komponen kunci pemicu kejadian proses bisnis.
  8. 3 (tiga) klasifikasi utama dalam proses bisnis.
  9. Perbaikan proses bisnis metode ESIA :
  • Eliminate
  • Simplify
  • Integrate
  • Automate
  1. Tool-tool dokumentasi proses bisnis :
  • Relationship Mapping
  • Flowchart
  • Cross-Functional Flowchart
  • Work-Flow Chart
  1. Manfaat – manfaat memperbaiki proses bisnis.
  2. Definisi Pemodelan Proses Bisnis (Business Process Modelling Definition):
  • Flow Diagrams
  • Concerned With ‘Mapping’ and ‘Workflow’
  • Sequence of Activities
  • Events, Actions And Links
  • Sequence & Organizational Operations
  1. Komponen-komponen yang harus ada dalam pemodelan proses bisnis :
  • Business actor
  • Business worker
  • Association and generalization relation
  • Business entity
  • Business use case diagram
  • Activity diagram
  • Organization unit
  1. Tujuan pembuatan pemodelan proses bisnis.
  2. Mengetahui tahapan – tahapan pembuatan pemodelan proses bisnis
  3. Pemodelan proses bisnis dengan metode REAL :
  • Resources
  • Events
  • Agents
  • Locations
  1. Cases Study

 

TRAINING METHOD :

  • 30% Theory
  • 70% Practices
  • Dynamic and interactive training presentation
  • Role Play from Cases Study Functional Silos

VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)

 

TRAINING DURATION :   2 hari

 

WAKTU TRAINING :

Januari 2024 Februari 2024 Maret 2024 April 2024
3 – 4 Januari 2024 5 – 6 Februari 2024 4 – 5 Maret 2024 1 – 2 April 2024
8 – 9 Januari 2024 12 – 13 Februari 2024 12 – 13 Maret 2024 22 – 23 April 2024
15 – 16 Januari 2024 19 – 20 Februari 2024 18 – 19 Maret 2024 29 – 30 April 2024
22 – 23 Januari 2024 26 – 27 Februari 2024 25 – 26 Maret 2024
29 – 30 Januari 2024
Mei 2024 Juni 2024 Juli 2024 Agustus 2024
6 – 7 Mei 2024 3 – 4 Juni 2024 1 – 2 Juli 2024 5 – 6 Agustus 2024
13 – 14 Mei 2024 10 – 11 Juni 2024 8 – 9 Juli 2024 12 – 13 Agustus 2024
20 – 21 Mei 2024 19 – 20 Juni 2024 15 – 16 Juli 2024 19 – 20 Agustus 2024
27 – 28 Mei 2024 24 – 25 Juni 2024 22 – 23 Juli 2024 26 – 27 Agustus 2024
29 – 30 Juli 2024
September 2024 Oktober 2024 November 2024 Desember 2024
2 – 3 September 2024 1 – 2 Oktober 2024 4 – 5 November 2024 2 – 3 Desember 2024
9 – 10 September 2024 7 – 8 Oktober 2024 11 – 12 November 2024 9 – 10 Desember 2024
16 – 17 September 2024 14 – 15 Oktober 2024 18 – 19 November 2024 16 – 17 Desember 2024
23 – 24 September 2024 21 – 22 Oktober 2024 25 – 26 November 2024 23 – 24 Desember 2024
28 – 29 Oktober 2024 30 – 31 Desember 2024

HARGA INVESTASI/PESERTA : 

  1. 4.500.000/peserta (bayar penuh) atau
  2. 4.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
  3. 3.950.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

 

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :

  1. Modul Training
  2. Flashdisk Training berisi materi training
  3. Sertifikat
  4. ATK: NoteBook dan Ballpoint
  5. T-Shirt
  6. Ransel
  7. Foto Training
  8. Ruang Training dengan fasilitas Full AC dan multimedia
  9. Makan siang dan 2 kali coffeebreak
  10. Instruktur yang Qualified