CORPORATE BUILDNG DALAM MEMBANGUN KULTUR DAN ETIKA INTERNAL ORGANISASI

Silabus Training :
CORPORATE BUILDNG DALAM MEMBANGUN KULTUR DAN ETIKA INTERNAL ORGANISASI

PENDAHULUAN :
Setiap organisasi bertanggungjawab untuk berusaha mengembangkan suatu perilaku organisasi yang mencerminkan kejujuran dan etika yang dikomunikasikan secara tertulis dan dapat dijadikan pegangan oleh seluruh pegawai. Kultur tersebut harus memiliki akar dan memiliki nilai-nilai luhur yang menjadi dasar bagi etika pengelolaan suatu organisasi atau suatu entitas dan disepakati untuk dipktekn oleh seluruh komponen organisasi. Corporate building saat ini pada perusahaan besar lebih difokuskan kepada bagaimana membangun kesamaan visi dna misi organisasi sehinggga tercapai tata laksana organisasi yang trasparan, akuntabel menuju good corporate governance. Untuk mencapai hal tersebut, maka perlu ilakukannya pengelolaan organisasi untuk mampu membangun budaya corporate, sehingga akan tercipta iklim kerja yang : Profesionalisme, Kerjasama, Keserasian,keselarasan dan keseimbangan, Kesejahteraan. Berkaitan dengan itu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dengan SK Nomor 25/KEP/M.PAN/4/2002 tanggal 25 April 2002 telah menentapkan 17 pasang nilai-nilai dasar budaya kerja bagi karyawan yaitu : Keteguhan & Ketegasan, Wewenang & tanggungjawab, Disiplin & Keteraturan kerja, 3 Keikhlasan & Kejujuran , Keberaniab & Kearifan, Integritas & Profesionalisme, Dedikasi & Loyalitas, Kreatifitas & Kepekaan, Semangat & Motivasi, Kepemimpinan & Keteladanan, Ketekunan & Kesabaran, Kebersamaan & Dinamika kelompok kerja 16 Keadilan & Keterbukaan, Ketepatan & Kecepatan , Penguasaan ilmu Pengetahuan & teknologi, Rasionalitas dan Kecerdasan Emosi. Implementasi Nilai-nilai yang terdapat dalam Budaya Kerja tersebut dalam suatu organisasi sangat erat hubungannya dengan kemauan manajemen untuk membangun suatu etika perilaku dan kultur organisasi yang anti kecurangan, sehingga dapat mengurangi atau menghindari terjadinya 3 ( tiga ) kecurangan pokok seperti (1) kecurangan dalam laporan keuangan (2) kecurangan penggelapan asset dan (3) kecurangan tindak pidana korupsi. Berkaitan dengan hal, tersebut maka pelatihan ini lebih diarahkan bagaimana menciptakan budaya organisasi yang lebih difokuskan kedalam nilai-nilai perusahaan untuk menuju perusahaan yang handal dan trasparan.

CAKUPAN MATERI TRAINING :
1. ETIKA PERILAKU
Materi ini berkaitan dengan bagiaman seorang individu berperilaku dalam organisasi sehingga kan membentuk perilaku organisasi :
a. Konsep etika perilaku
b. Bagaimana manusia berperilaku
c. Perilaku individu dalam organisasi
d. Perilaku organisasi
e. Perilaku yang disepakati secra norma dan etika
f. Perilaku yang tiak disepakati secara legal dan etika
g. Meumbuhkan dan memunculkan perilaku individu berorientasi profesionalisme
2. MOTIVASI BERPRESTASI
Materi ini berkaitan erta dengan bagaimana individu-individu sebagai anggota organisasi mampu memotivasi diri dan lingkungannya menuju kerj aproduktiv, kreatif dan mandiri. Materi yang disampaiakn adalah :
a. Konsep motivasi
b. Motivasi sebagai sumber energi abadi
c. Bagaimana mendapatkan energi motivasi
d. Tiga tingkatan motivasi
e. Fear motivation, bagaimana menumbuhkan motivasi dasar dengan motivasi ketakutan sebagai awal membangun komitmen kerja profesional
f. Achievment motivation, bagaimana setiap individu mampu membangun tujuan kejra sebagai dasar motivasi berprestasi
g. Inner motivation, bagaimana individu meningkatkan iner motivation pada dirinya dna lingkungannya.
h. Oeranan supervaiosr dalam membangun inner motivation
3. HUMAN CAPITAL BUILDING
Pada bagian ini akan disampaikan hal-hal yang berkenaan dengan bagaimana memanang SDM sebagai capital organisasi yang sangat vital, dan bagaimana mengelolanya sehingga berdampak signifikans bagi pertumbuhan perusahaan. Materi yang disampaikan adalah :
a. Membangun nilai bisnis pada kinerja karyawan
b. Sarana / Sistem Pendukung program optimalisasi Nilai Bisnis Kinerja Organisasi dan Karyawan (HC) :
 Manajemen & Kepemimpinan
 Sistem rekrutmen dan seleksi karyawan
 Sistem kompensasi & Punishment Performance Measurement Management System
 Training & Coaching
4. MENGELOLA PERUBAHAN
a. Membangun Budaya Bekerja
b. Membangun Budaya Interaksi dan perilaku Di Tempat Kerja
c. Komitmen Jajaran Manajemen
d. Mengelola Perubahan
e. Berbagai aspek perubahan
f. Reaksi Karyawan terhadap rencana perubahan
g. Komitmen Jajaran Manajemen
h. Program Komunikasi Korporat
5. PENYUSUNAN SKENARIO PERUBAHAN
Dengan menggunakan metode workshop

METODE TRAINING :
a. Ceramah
b. Diskusi
c. Kuliah
d. Studi kasus
e. Workshop

OUTPUT TRAINING YANG DIHARAPKAN :
a. Memahami Konsep budaya dan etika kerja, sehingga dicapai sebuah pemahaman dan kesadaran akan pentingnya bekerja secara beretika dan profesional.
b. Membangun nilai-nilai budaya perusahaan yang handal, kreatif, trasparan, bermoral dll
c. Memperkenalkan Performance Measurement Management System untuk mengukur nilai bisnis kinerja organisasi dan nilai bisnis kinerja sumber daya manusia ( Human Capital).
d. Meninjau metode yang dipakai dalam memfasilitasi program optimalisasi nilai bisnis kinerja organisasi dan pengembangan nilai bisnis kinerja sumber daya manusia ( Human Capital).
e. Menyusun strategi mengelola program perubahan.

TEMPAT TRAINING : Kagum Group Hotel Bandung (Golden Flower, Banana Inn, Serela, Gino Feruci), Amaroossa Hotel, Noor Hotel, Grand Setiabudi Hotel, dll

DURASI TRAINING : 3 hari

WAKTU TRAINING :

Januari 2024Februari 2024Maret 2024April 2024
3 – 5 Januari 20245 – 7 Februari 20244 – 6 Maret 20241 – 3 April 2024
8 – 10 Januari 202412 – 14 Februari 202412 – 14 Maret 202422 – 24 April 2024
15 – 17 Januari 202419 – 21 Februari 202418 – 20 Maret 202429 April – 1 Mei 2024
22 – 24 Januari 202426 – 28 Februari 202425 – 27 Maret 2024
29 – 31 Januari 2024
Mei 2024Juni 2024Juli 2024Agustus 2024
6 – 8 Mei 20243 – 5 Juni 20241 – 3 Juli 20245 – 7 Agustus 2024
13 – 15 Mei 202410 – 12 Juni 20248 – 10 Juli 202412 – 14 Agustus 2024
20 – 22 Mei 202419 – 21 Juni 202415 – 17 Juli 202419 – 21 Agustus 2024
27 – 29 Mei 202424 – 26 Juni 202422 – 24 Juli 202426 – 28 Agustus 2024
29 – 31 Juli 2024
September 2024Oktober 2024November 2024Desember 2024
2 – 4 September 20241 – 3 Oktober 20244 – 6 November 20242 – 4 Desember 2024
9 – 11 September 20247 – 9 Oktober 202411 – 13 November 20249 – 11 Desember 2024
16 – 18 September 202414 – 16 Oktober 202418 – 20 November 202416 – 18 Desember 2024
23 – 25 September 202421 – 23 Oktober 202425 – 27 November 202426 – 28 Desember 2024
28 – 30 Oktober 2024

HARGA INVESTASI/PESERTA :
1. Rp. 6.500.000/peserta (bayar penuh) atau
2. Rp. 6.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
3. Rp. 5.950.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

FASILITAS UNTUK PESERTA :
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak everyday of training
10. Qualified instructor