CORPORATE BUILDNG DALAM MEMBANGUN KULTUR DAN ETIKA INTERNAL ORGANISASI

Silabus Training :
CORPORATE BUILDNG DALAM MEMBANGUN KULTUR DAN ETIKA INTERNAL ORGANISASI

PENDAHULUAN :
Setiap organisasi bertanggungjawab untuk berusaha mengembangkan suatu perilaku organisasi yang mencerminkan kejujuran dan etika yang dikomunikasikan secara tertulis dan dapat dijadikan pegangan oleh seluruh pegawai. Kultur tersebut harus memiliki akar dan memiliki nilai-nilai luhur yang menjadi dasar bagi etika pengelolaan suatu organisasi atau suatu entitas dan disepakati untuk dipktekn oleh seluruh komponen organisasi. Corporate building saat ini pada perusahaan besar lebih difokuskan kepada bagaimana membangun kesamaan visi dna misi organisasi sehinggga tercapai tata laksana organisasi yang trasparan, akuntabel menuju good corporate governance. Untuk mencapai hal tersebut, maka perlu ilakukannya pengelolaan organisasi untuk mampu membangun budaya corporate, sehingga akan tercipta iklim kerja yang : Profesionalisme, Kerjasama, Keserasian,keselarasan dan keseimbangan, Kesejahteraan. Berkaitan dengan itu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dengan SK Nomor 25/KEP/M.PAN/4/2002 tanggal 25 April 2002 telah menentapkan 17 pasang nilai-nilai dasar budaya kerja bagi karyawan yaitu : Keteguhan & Ketegasan, Wewenang & tanggungjawab, Disiplin & Keteraturan kerja, 3 Keikhlasan & Kejujuran , Keberaniab & Kearifan, Integritas & Profesionalisme, Dedikasi & Loyalitas, Kreatifitas & Kepekaan, Semangat & Motivasi, Kepemimpinan & Keteladanan, Ketekunan & Kesabaran, Kebersamaan & Dinamika kelompok kerja 16 Keadilan & Keterbukaan, Ketepatan & Kecepatan , Penguasaan ilmu Pengetahuan & teknologi, Rasionalitas dan Kecerdasan Emosi. Implementasi Nilai-nilai yang terdapat dalam Budaya Kerja tersebut dalam suatu organisasi sangat erat hubungannya dengan kemauan manajemen untuk membangun suatu etika perilaku dan kultur organisasi yang anti kecurangan, sehingga dapat mengurangi atau menghindari terjadinya 3 ( tiga ) kecurangan pokok seperti (1) kecurangan dalam laporan keuangan (2) kecurangan penggelapan asset dan (3) kecurangan tindak pidana korupsi. Berkaitan dengan hal, tersebut maka pelatihan ini lebih diarahkan bagaimana menciptakan budaya organisasi yang lebih difokuskan kedalam nilai-nilai perusahaan untuk menuju perusahaan yang handal dan trasparan.

CAKUPAN MATERI TRAINING :
1. ETIKA PERILAKU
Materi ini berkaitan dengan bagiaman seorang individu berperilaku dalam organisasi sehingga kan membentuk perilaku organisasi :
a. Konsep etika perilaku
b. Bagaimana manusia berperilaku
c. Perilaku individu dalam organisasi
d. Perilaku organisasi
e. Perilaku yang disepakati secra norma dan etika
f. Perilaku yang tiak disepakati secara legal dan etika
g. Meumbuhkan dan memunculkan perilaku individu berorientasi profesionalisme
2. MOTIVASI BERPRESTASI
Materi ini berkaitan erta dengan bagaimana individu-individu sebagai anggota organisasi mampu memotivasi diri dan lingkungannya menuju kerj aproduktiv, kreatif dan mandiri. Materi yang disampaiakn adalah :
a. Konsep motivasi
b. Motivasi sebagai sumber energi abadi
c. Bagaimana mendapatkan energi motivasi
d. Tiga tingkatan motivasi
e. Fear motivation, bagaimana menumbuhkan motivasi dasar dengan motivasi ketakutan sebagai awal membangun komitmen kerja profesional
f. Achievment motivation, bagaimana setiap individu mampu membangun tujuan kejra sebagai dasar motivasi berprestasi
g. Inner motivation, bagaimana individu meningkatkan iner motivation pada dirinya dna lingkungannya.
h. Oeranan supervaiosr dalam membangun inner motivation
3. HUMAN CAPITAL BUILDING
Pada bagian ini akan disampaikan hal-hal yang berkenaan dengan bagaimana memanang SDM sebagai capital organisasi yang sangat vital, dan bagaimana mengelolanya sehingga berdampak signifikans bagi pertumbuhan perusahaan. Materi yang disampaikan adalah :
a. Membangun nilai bisnis pada kinerja karyawan
b. Sarana / Sistem Pendukung program optimalisasi Nilai Bisnis Kinerja Organisasi dan Karyawan (HC) :
 Manajemen & Kepemimpinan
 Sistem rekrutmen dan seleksi karyawan
 Sistem kompensasi & Punishment Performance Measurement Management System
 Training & Coaching
4. MENGELOLA PERUBAHAN
a. Membangun Budaya Bekerja
b. Membangun Budaya Interaksi dan perilaku Di Tempat Kerja
c. Komitmen Jajaran Manajemen
d. Mengelola Perubahan
e. Berbagai aspek perubahan
f. Reaksi Karyawan terhadap rencana perubahan
g. Komitmen Jajaran Manajemen
h. Program Komunikasi Korporat
5. PENYUSUNAN SKENARIO PERUBAHAN
Dengan menggunakan metode workshop

METODE TRAINING :
a. Ceramah
b. Diskusi
c. Kuliah
d. Studi kasus
e. Workshop

OUTPUT TRAINING YANG DIHARAPKAN :
a. Memahami Konsep budaya dan etika kerja, sehingga dicapai sebuah pemahaman dan kesadaran akan pentingnya bekerja secara beretika dan profesional.
b. Membangun nilai-nilai budaya perusahaan yang handal, kreatif, trasparan, bermoral dll
c. Memperkenalkan Performance Measurement Management System untuk mengukur nilai bisnis kinerja organisasi dan nilai bisnis kinerja sumber daya manusia ( Human Capital).
d. Meninjau metode yang dipakai dalam memfasilitasi program optimalisasi nilai bisnis kinerja organisasi dan pengembangan nilai bisnis kinerja sumber daya manusia ( Human Capital).
e. Menyusun strategi mengelola program perubahan.

TEMPAT TRAINING : Kagum Group Hotel Bandung (Golden Flower, Banana Inn, Serela, Gino Feruci), Amaroossa Hotel, Noor Hotel, Grand Setiabudi Hotel, dll

DURASI TRAINING : 3 hari

WAKTU TRAINING :

Januari 2025Februari 2025Maret 2025April 2025
2 - 4 Januari 20253 - 5 Februari 20253 - 5 Maret 20257 - 9 April 2025
6 - 8 Januari 202510 - 12 Februari 202510 - 12 Maret 202514 - 16 April 2025
13 - 15 Januari 202517 - 19 Februari 202517 - 19 Maret 202521 - 23 April 2025
20 - 22 Januari 202524 - 26 Februari 2025 28 - 30 April 2025
27 - 29 Januari 2025   
    
Mei 2025Juni 2025Juli 2025Agustus 2025
5 - 7 Mei 20252 - 4 Juni 20251 - 3 Juli 20254 - 6 Agustus 2025
12 - 14 Mei 20259 - 11 Juni 20257 - 9 Juli 202511 - 13 Agustus 2025
19 - 21 Mei 202516 - 18 Juni 202514 - 16 Juli 202518 - 20 Agustus 2025
26 - 28 Mei 202523 - 25 Juni 202521 - 23 Juli 202525 - 27 Agustus 2025
  28 - 30 Juli 2025 
    
September 2025Oktober 2025November 2025Desember 2025
1 - 3 September 20256 - 8 Oktober 20253 - 5 November 20251 - 3 Desember 2025
8 - 10 September 202513 - 15 Oktober 202510 - 12 November 20258 - 10 Desember 2025
15 - 17 September 202520 - 22 Oktober 202517 - 19 November 202515 - 17 Desember 2025
22 - 24 September 202527 - 29 Oktober 202524 - 26 November 202522 - 24 Desember 2025
29 Sep - 1 Okt 2025  29 - 31 Desember 2025

HARGA INVESTASI/PESERTA :
1. Rp. 6.500.000/peserta (bayar penuh) atau
2. Rp. 6.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
3. Rp. 5.950.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

FASILITAS UNTUK PESERTA :
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak everyday of training
10. Qualified instructor