CUSTOMER SERVICE IN CREDIT UNION

Silabus Training :
CUSTOMER SERVICE IN CREDIT UNION

LATAR BELAKANG :
Customer service hakikatnya mempelajari berbagai teknik yang berkaitan dengan tatacara penanganan nasabah yang baik. Dalam hubungan interaksi bisnis ini, perlakuan kita terhadap nasabah menjadi hal yang sangat penting dalam membangun dan memelihara kelangsungan bisnis yang berkelanjutan. Termasuk menjamin kepercayaan dan kepuasan nasabah. Terlebih dalam koperasi kredit, dimana nasabah kita adalah pemilik dari usaha itu sendiri, sehingga perlakuan dan pelayanan terhadap mereka sangat penting untuk diperhatikan. Ketidakmampuan kita dalam melakukan
pelayanan yang baik, seringkali menjadi salah satu hambatan dalam membesarkan koperasi kredit. Pendekatan psikologis yang kurang, komunikasi yang tidak interaktif, ketidakpuasan pelayanan adalah suatu pencitraan yang sering terjadi. Hal ini tentu harus segera dirubah, sehingga pelayanan dalam koperasi kredit tidak boleh kalah jauh dari pelayanan keuangan pada lembaga keuangan lainnya, seperti perbankan misalnya. Credit Union ( Koperasi Kredit ) sebagai entitas bisnis tidak bisa mengandalkan ikatan bisnis sekedar ikatan keanggotaan semata, tetapi harus memikirkan pelayanan yang baik dengan harapan nasabah terpuaskan, karena hakikat bisnis itu sendiri adalah pemenuhan pelayanan pada nasabah. Hal ini sangat relevan dengan apa yang pernah disampaikan oleh Peter F. Drucker, seorang pakar dan praktisi manajemen yang menyatakan bahwa ” The purpose of any business is to create customer ”. Jadi di sini mengandung pengertian bahwa tujuan dari setiap aktivitas bisnis adalah menciptakan nasabah. Nasabah akan tercipta dan berkembang dengan baik, jika kita bisa memahami karakteristik nasabah dan terampil dalam memberikan pelayanan yang prima. Terlebih paradigma pelayanan saat ini telah bergeser dari Customer Satisfaction ke Customer Loyalty sesungguhnya menuntut peningkatan pengetahuan dan keterampilan pelayanan terhadap seluruh elemen bisnis yang terkait dengan koperasi kredit. Jadi penekanan dalam hal ini adalah bahwa Customer Service tidak sekedar pemenuhan menyangkut pengetahuan semata, tetapi
lebih dari itu adalah keterampilan dalam menerapkannya. Pemahaman aspek pelayanan bukan hanya kewajiban pengelola, khususnya kasir semata, tetapi juga Pengurus dan Pengawas, karena satu sama lain hakikatnya selalu berinteraksi dengan pihak lain. “ The next process is our customer “, adalah sebuah jargon dalam standar mutu yang erat hubungannya dalam operasional koperasi kredit. Namun penekanan dalam hal ini tentunya diprioritaskan pada Pengelola, baik Manager, kasir atau staf pengelola lainnya.

MANFAAT:
Mampu memahami aspek – aspek yang penting dalam melakukan pelayanan yang baik terhadap nasabah koperasi kredit, dan terampil dalam menerapkannya dalam praktik operasional sehari – hari. Mampu menerapkan interaksi yang baik antar seluruh elemen yang terlibat dalam koperasi kredit, sehingga satu sama lain bisa solid dan menjadi satu kesatuan kepengurusan koperasi kredit yang solid.

CAKUPAN MATERI TRAINING :
1. Pengertian umum Customer Service
2. Service Excellent Awareness
3. Mengenal needs & wants nasabah
4. Faktor dan dimensi pelayanan
5. Teknik pelayanan ( Knowledge, Skill, & Attitude )
6. Interpersonal Communications Skill ( Active listening & Assertiveness )
7. Teleservice
8. Handling Complaint
9. Human Relation & Customer Behavior
10. Customer Loyalty

METODE :
– Ceramah umum – Tanya jawab dan – Hand on / praktik

VENUE : Kagum Group Hotel Bandung (Golden Flower, Banana Inn, Serela, Gino Feruci), Amaroossa Hotel, Noor Hotel, Grand Setiabudi Hotel, dll

TRAINING DURATION : 3 hari

WAKTU TRAINING :

Januari 2024 Februari 2024 Maret 2024 April 2024
3 – 5 Januari 2024 5 – 7 Februari 2024 4 – 6 Maret 2024 1 – 3 April 2024
8 – 10 Januari 2024 12 – 14 Februari 2024 12 – 14 Maret 2024 22 – 24 April 2024
15 – 17 Januari 2024 19 – 21 Februari 2024 18 – 20 Maret 2024 29 April – 1 Mei 2024
22 – 24 Januari 2024 26 – 28 Februari 2024 25 – 27 Maret 2024
29 – 31 Januari 2024
Mei 2024 Juni 2024 Juli 2024 Agustus 2024
6 – 8 Mei 2024 3 – 5 Juni 2024 1 – 3 Juli 2024 5 – 7 Agustus 2024
13 – 15 Mei 2024 10 – 12 Juni 2024 8 – 10 Juli 2024 12 – 14 Agustus 2024
20 – 22 Mei 2024 19 – 21 Juni 2024 15 – 17 Juli 2024 19 – 21 Agustus 2024
27 – 29 Mei 2024 24 – 26 Juni 2024 22 – 24 Juli 2024 26 – 28 Agustus 2024
29 – 31 Juli 2024
September 2024 Oktober 2024 November 2024 Desember 2024
2 – 4 September 2024 1 – 3 Oktober 2024 4 – 6 November 2024 2 – 4 Desember 2024
9 – 11 September 2024 7 – 9 Oktober 2024 11 – 13 November 2024 9 – 11 Desember 2024
16 – 18 September 2024 14 – 16 Oktober 2024 18 – 20 November 2024 16 – 18 Desember 2024
23 – 25 September 2024 21 – 23 Oktober 2024 25 – 27 November 2024 26 – 28 Desember 2024
28 – 30 Oktober 2024

HARGA INVESTASI/PESERTA :
1. Rp. 6.500.000/peserta (bayar penuh) atau
2. Rp. 6.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
3. Rp. 5.950.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
1. Modul Training
2. Flashdisk Training berisi materi training
3. Sertifikat
4. ATK: NoteBook dan Ballpoint
5. T-Shirt
6. Ransel
7. Foto Training
8. Ruang Training dengan fasilitas Full AC dan multimedia
9. Makan siang dan 2 kali coffeebreak
10. Instruktur yang Qualified