DEVELOPMENT OF RELATIONAL DATABASE MANAGEMENT WITH ACCESS FOR IT & NON IT

Silabus Training :

DEVELOPMENT OF RELATIONAL DATABASE MANAGEMENT WITH ACCESS FOR IT & NON IT

 

INTRODUCTION

Umumnya karyawan di sejumlah organisasi, mulai dari level staff sampai dengan level pimpinan departemen (marketing, finance, sales, production, purchasing dan HRD / Non IT) tidak terlalu mengerti tentang penerapan teknologi informasi relational database management system dengan menggunakan aplikasi Microsoft Access. Microsoft Access adalah software database dan pemrograman visual yang sangat handal untuk sistem manajemen database relasional (Relational Database Management System / RDBMS). Pelatihan ini bisa dikuti oleh karyawan departemen IT atau bukan dari departement IT, karena akan membantu karyawan tersebut dalam membuat pengolahan database yang jumlah baris datanya besar, lebih dari 100.000, bahkan bisa lebih dari itu, contohnya pengolahan data stok barang, yang dapat melihat data stok akhirnya dengan cepat dan tepat berdasarkan kriteria dari item barang yang diinginkan di mana table-table data tersebut antara penjualan, pembelian dan stok barang saling berhubungan (relational table) dalam hitungan detik, walaupun Microsoft Access yang digunakan versi yang lama, bukan yang terbaru. Hal ini tidak bisa lagi dilakukan dengan menggunakan Excel meskipun dengan versi terbaru. Jika dipaksakan prosesnya akan memakan waktu yang lama dan akhirnya Excelnya mengalami kerusakan atau “hang”.

 

TRAINING OBJECTIVES

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu untuk :

  1. Mengetahui konsep dan fungsi database, table, record dan field dengan persyaratan penulisan namanya.
  2. Mengetahui pembuatan Field Name dengan penggunaan type-type datanya
  3. Membuat Database, Table, Record dan Field
  4. Membuat Field Index Primary Key.
  5. Memasukkan data ke dalam database dengan metode standard dan import file.
  6. Mengetahui konsep normalisasi database dengan kelebihan dan kelemahannya.
  7. Mengetahui konsep dan fungsi table master dan transaction
  8. Mengetahui persyaratan dalam pembuatan Relational Data Table.
  9. Membuat proses pembuatan normalisasi database.
  10. Membuat table master dan transaction dengan menggunakan SQL –
  11. Membuat, mendisain dan menjalankan standard query dengan kriteria tertentu.
  12. Membuat, mendisain dan menjalankan updated query dengan arithmetic dan logic function.
  13. Membuat dan mendisain Form data.
  14. Membuat dan mendisain Report data.

 

CAKUPAN MATERI TRAINING :

  1. The concept of databases, tables, records and fields.
  2. Functions of databases, tables, records and fields.
  3. Terms – conditions for writing database names, tables, records and fields.
  4. Create a Field Name by using the data types.
  5. Creating Databases, Tables, Records and Fields
  6. Creating the Index Primary Key
  7. Entering data into database with standard method
  8. Entering data into the database with the import file method
  9. The concept of database normalization with its advantages and disadvantages.
  10. Master table concept and transaction
  11. Master and transaction table functions
  12. Requirements in making Relational Data Table.
  13. Database normalization process
  14. Create master tables and transactions using SQL – Distinct
  15. Create and design standard queries with certain criteria
  16. Run a standard query with certain criteria
  17. Create and design updated queries using arithmetic functions
  18. Running an updated query using arithmetic functions
  19. Create and design updated queries using logical functions
  20. Menjalankan updated query dengan menggunakan fungsi logika
  21. Running an updated query using logical functions
  22. Create and Design Form data
  23. Create and design Report data

 

TRAINING METHOD :

Terangkan – Tunjukkan – Lakukan

Dengan metode ini Anda akan mengenal subyek pelatihan secara lebih baik, karena langsung ditunjukkan oleh ahlinya, dan Anda akan diajak untuk langsung melakukan/ menggunakannya.

 

VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)

 

TRAINING DURATION :   2 hari

 

WAKTU TRAINING :

Januari 2024Februari 2024Maret 2024April 2024
3 – 4 Januari 20245 – 6 Februari 20244 – 5 Maret 20241 – 2 April 2024
8 – 9 Januari 202412 – 13 Februari 202412 – 13 Maret 202422 – 23 April 2024
15 – 16 Januari 202419 – 20 Februari 202418 – 19 Maret 202429 – 30 April 2024
22 – 23 Januari 202426 – 27 Februari 202425 – 26 Maret 2024
29 – 30 Januari 2024
Mei 2024Juni 2024Juli 2024Agustus 2024
6 – 7 Mei 20243 – 4 Juni 20241 – 2 Juli 20245 – 6 Agustus 2024
13 – 14 Mei 202410 – 11 Juni 20248 – 9 Juli 202412 – 13 Agustus 2024
20 – 21 Mei 202419 – 20 Juni 202415 – 16 Juli 202419 – 20 Agustus 2024
27 – 28 Mei 202424 – 25 Juni 202422 – 23 Juli 202426 – 27 Agustus 2024
29 – 30 Juli 2024
September 2024Oktober 2024November 2024Desember 2024
2 – 3 September 20241 – 2 Oktober 20244 – 5 November 20242 – 3 Desember 2024
9 – 10 September 20247 – 8 Oktober 202411 – 12 November 20249 – 10 Desember 2024
16 – 17 September 202414 – 15 Oktober 202418 – 19 November 202416 – 17 Desember 2024
23 – 24 September 202421 – 22 Oktober 202425 – 26 November 202423 – 24 Desember 2024
28 – 29 Oktober 202430 – 31 Desember 2024

 

 

HARGA INVESTASI/PESERTA : 

  1. 4.950.000/peserta (bayar penuh) atau
  2. 4.750.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
  3. 4.500.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

 

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :

  1. Modul Training
  2. Flashdisk Training berisi materi training
  3. Sertifikat
  4. ATK: NoteBook dan Ballpoint
  5. T-Shirt
  6. Ransel
  7. Foto Training
  8. Ruang Training dengan fasilitas Full AC dan multimedia
  9. Makan siang dan 2 kali coffeebreak
  10. Instruktur yang Qualified