DEVELOPMENT OF RELATIONAL DATABASE MANAGEMENT WITH ACCESS FOR IT & NON IT

Silabus Training :

DEVELOPMENT OF RELATIONAL DATABASE MANAGEMENT WITH ACCESS FOR IT & NON IT

 

INTRODUCTION

Umumnya karyawan di sejumlah organisasi, mulai dari level staff sampai dengan level pimpinan departemen (marketing, finance, sales, production, purchasing dan HRD / Non IT) tidak terlalu mengerti tentang penerapan teknologi informasi relational database management system dengan menggunakan aplikasi Microsoft Access. Microsoft Access adalah software database dan pemrograman visual yang sangat handal untuk sistem manajemen database relasional (Relational Database Management System / RDBMS). Pelatihan ini bisa dikuti oleh karyawan departemen IT atau bukan dari departement IT, karena akan membantu karyawan tersebut dalam membuat pengolahan database yang jumlah baris datanya besar, lebih dari 100.000, bahkan bisa lebih dari itu, contohnya pengolahan data stok barang, yang dapat melihat data stok akhirnya dengan cepat dan tepat berdasarkan kriteria dari item barang yang diinginkan di mana table-table data tersebut antara penjualan, pembelian dan stok barang saling berhubungan (relational table) dalam hitungan detik, walaupun Microsoft Access yang digunakan versi yang lama, bukan yang terbaru. Hal ini tidak bisa lagi dilakukan dengan menggunakan Excel meskipun dengan versi terbaru. Jika dipaksakan prosesnya akan memakan waktu yang lama dan akhirnya Excelnya mengalami kerusakan atau “hang”.

 

TRAINING OBJECTIVES

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu untuk :

  1. Mengetahui konsep dan fungsi database, table, record dan field dengan persyaratan penulisan namanya.
  2. Mengetahui pembuatan Field Name dengan penggunaan type-type datanya
  3. Membuat Database, Table, Record dan Field
  4. Membuat Field Index Primary Key.
  5. Memasukkan data ke dalam database dengan metode standard dan import file.
  6. Mengetahui konsep normalisasi database dengan kelebihan dan kelemahannya.
  7. Mengetahui konsep dan fungsi table master dan transaction
  8. Mengetahui persyaratan dalam pembuatan Relational Data Table.
  9. Membuat proses pembuatan normalisasi database.
  10. Membuat table master dan transaction dengan menggunakan SQL –
  11. Membuat, mendisain dan menjalankan standard query dengan kriteria tertentu.
  12. Membuat, mendisain dan menjalankan updated query dengan arithmetic dan logic function.
  13. Membuat dan mendisain Form data.
  14. Membuat dan mendisain Report data.

 

CAKUPAN MATERI TRAINING :

  1. The concept of databases, tables, records and fields.
  2. Functions of databases, tables, records and fields.
  3. Terms – conditions for writing database names, tables, records and fields.
  4. Create a Field Name by using the data types.
  5. Creating Databases, Tables, Records and Fields
  6. Creating the Index Primary Key
  7. Entering data into database with standard method
  8. Entering data into the database with the import file method
  9. The concept of database normalization with its advantages and disadvantages.
  10. Master table concept and transaction
  11. Master and transaction table functions
  12. Requirements in making Relational Data Table.
  13. Database normalization process
  14. Create master tables and transactions using SQL – Distinct
  15. Create and design standard queries with certain criteria
  16. Run a standard query with certain criteria
  17. Create and design updated queries using arithmetic functions
  18. Running an updated query using arithmetic functions
  19. Create and design updated queries using logical functions
  20. Menjalankan updated query dengan menggunakan fungsi logika
  21. Running an updated query using logical functions
  22. Create and Design Form data
  23. Create and design Report data

 

TRAINING METHOD :

Terangkan – Tunjukkan – Lakukan

Dengan metode ini Anda akan mengenal subyek pelatihan secara lebih baik, karena langsung ditunjukkan oleh ahlinya, dan Anda akan diajak untuk langsung melakukan/ menggunakannya.

 

VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)

 

TRAINING DURATION :   2 hari

 

WAKTU TRAINING :

Januari 2025Februari 2025Maret 2025April 2025
2 - 3 Januari 20253 - 4 Februari 20253 - 4 Maret 20257 - 8 April 2025
6 - 7 Januari 202510 - 11 Februari 202510 - 11 Maret 202514 - 15 April 2025
13 - 14 Januari 202517 - 18 Februari 202517 - 18 Maret 202521 - 22 April 2025
20 - 21 Januari 202524 - 25 Februari 2025 28 - 29 April 2025
27 - 28 Januari 2025   
    
Mei 2025Juni 2025Juli 2025Agustus 2025
2 - 3 Mei 20252 - 3 Juni 20251 - 2 Juli 20251 - 2 Agustus 2025
5 - 6 Mei 20259 - 10 Juni 20257 - 8 Juli 20254 - 5 Agustus 2025
12 - 13 Mei 202516 - 17 Juni 202514 - 15 Juli 202511 - 12 Agustus 2025
19 - 20 Mei 202523 - 24 Juni 202521 - 22 Juli 202518 - 19 Agustus 2025
26 - 27 Mei 2025 28 - 29 Juli 202525 - 26 Agustus 2025
    
September 2025Oktober 2025November 2025Desember 2025
1 - 2 September 20251 - 2 Oktober 20253 - 4 November 20251 - 2 Desember 2025
8 - 9 September 20256 - 7 Oktober 202510 - 11 November 20258 - 9 Desember 2025
15 - 16 September 202513 - 14 Oktober 202517 - 18 November 202515 - 16 Desember 2025
22 - 23 September 202520 - 21 Oktober 202524 - 25 November 202522 - 23 Desember 2025
29 - 30 September 202527 - 28 Oktober 2025 29 - 30 Desember 2025

 

HARGA INVESTASI/PESERTA : 

  1. 4.950.000/peserta (bayar penuh) atau
  2. 4.750.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
  3. 4.500.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

 

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :

  1. Modul Training
  2. Flashdisk Training berisi materi training
  3. Sertifikat
  4. ATK: NoteBook dan Ballpoint
  5. T-Shirt
  6. Ransel
  7. Foto Training
  8. Ruang Training dengan fasilitas Full AC dan multimedia
  9. Makan siang dan 2 kali coffeebreak
  10. Instruktur yang Qualified