EFFECTIVE WAYS TO INCREASE SALES

Training Syllabus:
EFFECTIVE WAYS TO INCREASE SALES

DESKRIPSI
Saat ini pasar semakin kompeitif. Seorang sales people dalam hal ini berarti dituntut semakin kreatifitas untuk memenangkan penjualan. Belumlah cukup bagi seorang sales people meskipun telah dibekali produk yang bagus dan selalu memberi layanan yang bagus, pendekatan yang mengundang minat, dan hubungan baik dengan pelanggan. Dibutuhkan sesuatu yang lebih dari itu. Sebagai sales people, Anda perlu memahami kebutuhan konsumen, memilih pendekatan yang tepat, menangani proses penjualan, tetap terkendali, dan tentunya yang ditunggu-tunggu adalah membuat konsumen mengatakan ‘ya’.

CAKUPAN MATERI TRAINING:
Dalam 2 hari training peserta akan mendapat materi pembelajaran dan praktek sebagai berikut :
1. FRAME BERPIKIR
• Perencanaan dan persiapan
• Selalu termotivasi
• Menetapkan tujuan yang SMART
• Antisipasi keberatan atau penolakan yang mungkin akan muncul
• Persiapkan alat bantu penjualan yang sesuai
• Jangan menjadi one man show
• Mengenali “bisnis” Anda dan konsumen
• Mengenali produk Anda
• Menuju sasaran : menemui orang yang tepat
2. Mencari Prospek
• Metode pencarian prospek : rantai tak berujung, pusat pengaruh, observasi pribadi, kemungkinan koneksi, cold canvass, daftar komunitas, koneksi lama, supplier, direktori, selalu siaga
• Membuat janji temu dan datang sebelum waktunya
3. Kesan Pertama
• Kesan pertama yang membekas di benak konsumen
• Perhatikan tata perilaku
• Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku dalam pendekatan penjualan
• 4 Tipe sales people
• Manfaatkan kontak mata
4. Memahami Konsumen
• Kebutuhan memahami konsumen
• Kekuatan empati
• Menghargai sudut pandang konsumen
• Bekerja sama dengan konsumen
• Mengenal 4 Tipe konsumen dan bagaimana membuka penjualan sesuai masing-masing tipe konsumen
• Menghormati konsumen
5. Mengenal dan Mengidentifikasi kebutuhan konsumen
• Apa yang diinginkan konsumen
• Pertanyaan latar belakang
• Pertanyaan masalah
• Pertanyaan implikasi
• Pertanyaan kebutuhan
• Mendengarkan dengan aktif untuk dapatkan informasi
• Membuat catatan
• 2 jenis kebutuhan (intangible & tangible)
• Identifikasi dan menyepakati prioritas konsumen
• Kartu catatan konsumen
6. Mempresentasikan kasus Anda
• Bagaimana menjadi persuasif?
• Buat apa yang Anda katakan mudah dimengerti : gunakan struktur, alat peraga, dan deskripsi
• Berbicara mengenai keuntungan-keuntungan
• Menghubungkan keuntungan-keuntungan dengan masing-masing konsumen : kecocokan (suitability) dan kelengkapan (comprehensiveness)
• 4 Tipe keuntungan / manfaat : bagi seseorang dalam pekerjaannya, bagi pelanggan sebagai seseorang, bagi orang lain yang penting bagi pelanggan
• Menawarkan bukti
• Memeriksa kemajuan penjualan Anda
• Jangan melebih-lebihkan
• Jangan terlalu menekan
• Demonstrasi secara efektif
• Memperjelas syarat dan kondisi dengan konsumen
• Menawarkan lebih pada konsumen
7. Mengatasi Penolakan
• Mengambil sudut pandang positif
• “Sparring” dalam penolakan
• Menyediakan jawaban
• Menangani harga
• Mengatasi kenaikan dan penurunan harga
• Bagaimana menghindari perbandingan
8. Mendapatkan komitmen
• Komitmen Anda untuk menutup
• Perhatikan sinyal konsumen
• Mendapat umpan balik dari penutupan transaksi
• Cara menutup transaksi (closing)
9. Mengelola hubungan dengan konsumen
• Mengontrol “percakapan” dengan konsumen
• Pengiriman tepat waktu dan tepat janji
• Belajar dari pengalaman
• Membuat rencana ke depan
• Evaluasi

PESERTA
Training ini sangat disarankan untuk :
• Staf penjualan
• Sales distribusi
• Sales otomotif
• Sales teknik dan elektronik
• Sales media
• SPG / SPB

METODE TRAINING
Lekture, Presentasi, Simulasi, Role Play, Games, Sharing, Insight

VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)

DURATION : 2 days

TRAINING TIME :

Januari 2024Februari 2024Maret 2024April 2024
3 – 4 Januari 20245 – 6 Februari 20244 – 5 Maret 20241 – 2 April 2024
8 – 9 Januari 202412 – 13 Februari 202412 – 13 Maret 202422 – 23 April 2024
15 – 16 Januari 202419 – 20 Februari 202418 – 19 Maret 202429 – 30 April 2024
22 – 23 Januari 202426 – 27 Februari 202425 – 26 Maret 2024
29 – 30 Januari 2024
Mei 2024Juni 2024Juli 2024Agustus 2024
6 – 7 Mei 20243 – 4 Juni 20241 – 2 Juli 20245 – 6 Agustus 2024
13 – 14 Mei 202410 – 11 Juni 20248 – 9 Juli 202412 – 13 Agustus 2024
20 – 21 Mei 202419 – 20 Juni 202415 – 16 Juli 202419 – 20 Agustus 2024
27 – 28 Mei 202424 – 25 Juni 202422 – 23 Juli 202426 – 27 Agustus 2024
29 – 30 Juli 2024
September 2024Oktober 2024November 2024Desember 2024
2 – 3 September 20241 – 2 Oktober 20244 – 5 November 20242 – 3 Desember 2024
9 – 10 September 20247 – 8 Oktober 202411 – 12 November 20249 – 10 Desember 2024
16 – 17 September 202414 – 15 Oktober 202418 – 19 November 202416 – 17 Desember 2024
23 – 24 September 202421 – 22 Oktober 202425 – 26 November 202423 – 24 Desember 2024
28 – 29 Oktober 202430 – 31 Desember 2024

INVESTMENT/PERSON :
1. Rp. 4.500.000/person (full fare) or
2. Rp. 4.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
3. Rp. 3.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS :
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak everyday of training
10. Qualified instructor