fbpx

ISO 26000 UNDERSTANDING AND IMPLEMENTING CSR

Training Syllabus:
ISO 26000 UNDERSTANDING AND IMPLEMENTING CSR

INTRODUCTION :
Training CSR berdasarkan ISO 26000 ini adalah program pelatihan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan perusahaan/organisasi dalam memahami, merencanakan program dan mengimplementasikan corporate social responsibility berdasarkan ISO 26000. Program yang telah memikat banyak organisasi untuk mengikutinya ini sangat mendukung jenis organisasi baik sektor swasta, pemerintahan, lembaga swadaya masyarakat dan lembaga pelayanan masyarakat lainnya agar bisa membangung CSR di organisasinya yang tepat guna dan sesuai dengan harapan yang diinginkan. Hal ini penting dilakukan, dikarenakan penerapan CSR saat ini di dunia internasional dipandang sebagai satu langkah maju dalam peningkatan sistem manjemen mutu di perusahaan dan juga dalam rangka meningkatkan image dan produktifitas perusahaan di mata masyarakat social serta stakeholder.
Di Indonesia sendiri corporate social responcibility merupakan salah satu kewajiban yang harus di laksanakan oleh perusahaan. Hal ini sesuai dengan peraturan pemerintah yang termaktub pada pasal 74 UU Perseroan Terbatas (UUPT). Hal ini menuntut wajib bagi para perusahaan, kelembagaan maupun institusi untuk melaksanakan CSR dimana semua organisasi tersebut juga dituntut untuk memperhatikan aspek social, dan lingkungan selain daripada aspek keuangannya. Meskipun program ini belum seluruhnya di terapkan oleh organisasi-organisasi karena CSR dianggap tidak mampu memberikan dampak keuntungan keuangan dalam jangka pendek, dan karena ketidaktahuan dalam mengelolah CSR dengan baik.
Untuk memaksimalkan manfaat yang di peroleh dari penerapan CSR berdasarkan ISO 26000 bagi organisasi, maka diperlukan adanya proses pembelajaran yang optimal dan komprehensif bagi semua pihak yang terlibat dalam penanganan program CSR di perusahaan.

TUJUAN TRAINING :

1. Memberikan pemahaman dan motivasi kepada para pejabat/eksekutif di organisasi perusahaan, terkait dengan pentingnya membangun program CSR di perusahaan untuk keberlangsungan hidup perusahaan.
2. Memberikan pemahaman dan pengetahuan terhadap konsep dasar ISO 26000 sebagai panduan penerapan corporate social responcibility (CSR) dunia Internasional.
3. Memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada peserta pelatihan agar mampu melihat manfaat yang banyak dalam menerapkan CSR baik dari sisi pekerja dan perusahaan.
4. Memberikan arahan dan petunjuk kepada peserta yang terlibat dalam pelatihan agar mampu merencanakan program, mengimplementasikan, melaporkan program CSR kepada seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) dan juga mengevaluasi setiap program CSR yang telah di jalankan.
5. Memberikan tips dan trik yang efektif dalam membangun program CSR yang sukses

CAKUPAN MATERI TRAINING :
1. Mengapa organisasi harus membangun program CSR dan apa manfaat yang akan di peroleh.
2. Pemahaman dan persyaratan CSR berdasarkan standar internasional ISO 26000
3. Prinsip dan konsep dasar dalam membangun program CSR ISO 26000 terintegrasi dengan PP 74 UU Perseroan Terbatas.
4. Overview and Scope ISO 26000 content of ISO 26000
5. CSR Knowledge: definisi CSR, regulasi CSR, implementasi CSR, pelaporan CSR
6. Proses perencanaan, membangun program, mengimplementasikan, membuat laporan dan mengevaluasi kesuksesan serta keefektifan program CSR.
7. Isu-isu CSR di asia (perubahan iklim, tata kelola perusahaan, pekerja dan sumber daya manusia, isu lingkungan, kemitraan dengan pemangku kepentingan, akuntabilitas, transparansi, perilaku etis, penghormatan pada kepentingan stakeholder, kepatuhan terhadap hukum, penghormatan terhadap norma perilaku internasional, penghormatan terhadap HAM
8. Pelaporan kinerja program corporate social responsibility (CSR) keseluruh pemangku kepentingan (stakeholder)
9. Kiat sukses membangun, mempromosikan dan mendorong implementasi CSR berdasarkan ISO 26000

SASARAN PESERTA TRAINING :
Para eksekutif perusahaan: Direktur, Komisaris dan para perwakilan manajemen yang menjabat sebagai: CSR Manager, Community and Corporate Manager, GA Manager, Production Manager, dan seluruh pihak yang bertanggung jawab terhadap hubungan eksternal organisasi kepada seluruh pemangku kepentingan

VENUE : Kagum Group Hotel Bandung (Golden Flower, Banana Inn, Serela, Gino Feruci), Amaroossa Hotel, Noor Hotel, Grand Setiabudi Hotel, dll

TRAINING DURATION : 3 days

TRAINING TIME :

Januari 2024Februari 2024Maret 2024April 2024
3 – 5 Januari 20245 – 7 Februari 20244 – 6 Maret 20241 – 3 April 2024
8 – 10 Januari 202412 – 14 Februari 202412 – 14 Maret 202422 – 24 April 2024
15 – 17 Januari 202419 – 21 Februari 202418 – 20 Maret 202429 April – 1 Mei 2024
22 – 24 Januari 202426 – 28 Februari 202425 – 27 Maret 2024
29 – 31 Januari 2024
Mei 2024Juni 2024Juli 2024Agustus 2024
6 – 8 Mei 20243 – 5 Juni 20241 – 3 Juli 20245 – 7 Agustus 2024
13 – 15 Mei 202410 – 12 Juni 20248 – 10 Juli 202412 – 14 Agustus 2024
20 – 22 Mei 202419 – 21 Juni 202415 – 17 Juli 202419 – 21 Agustus 2024
27 – 29 Mei 202424 – 26 Juni 202422 – 24 Juli 202426 – 28 Agustus 2024
29 – 31 Juli 2024
September 2024Oktober 2024November 2024Desember 2024
2 – 4 September 20241 – 3 Oktober 20244 – 6 November 20242 – 4 Desember 2024
9 – 11 September 20247 – 9 Oktober 202411 – 13 November 20249 – 11 Desember 2024
16 – 18 September 202414 – 16 Oktober 202418 – 20 November 202416 – 18 Desember 2024
23 – 25 September 202421 – 23 Oktober 202425 – 27 November 202426 – 28 Desember 2024
28 – 30 Oktober 2024

INVESTATION PRICE/PERSON :
1. Rp. 6.500.000/peserta (bayar penuh) atau
2. Rp. 6.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
3. Rp. 5.950.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS:
1. Modul Training
2. Flash Disk berisi materi training
3. Sertifikat
4. ATK: Blocknote dan Ballpoint
5. T-Shirt
6. Ransel
7. Foto Training
8. Ruang Training dengan fasilitas Full AC dan multimedia
9. Makan siang dan 2 kali coffeebreak
10. Instruktur yang Qualified