fbpx

MEDIA RELATIONS STRATEGY FOR EFFECTIVE PROMOTION

Training Syllabus:
MEDIA RELATIONS STRATEGY FOR EFFECTIVE PROMOTION

TRAINING BACKGROUND:
1. Promosi merupakan satu variabel dalam bauran pemasaran yang sangat penting dilaksanakan perusahaan dalam memasarkan produk.
2. Promosi secara umum (pemasaran) di artikan sebagai bentuk komunikasi ialah promosi itu menyangkut komunikasi, yakni bagian yang tajam dari instrumen marketing adalah pesan (messege) yang di komunikasikan kepada calon konsumen melalui berbagai unsur yang terdapat dalam program promosi.
3. Promosi public relations atau lebih khusus melalui Media Relations merupakan kegiatan penelitian, perencanaan, pemberian motif, dan pengevaluasian program – program yang merangsang pembelian produk untuk kepuasan konsumen melalui komunikasi informatif, edukatif dan persuasif sehingga dapat menimbulkan kepercayaan, simpatik dengan menggunakan media yang menimbulkan kesan produk sesuai dengan kebutuhan, keinginan, dan kepentingan konsumen.
4. Terkait dengan Media Relations Program for Effective Promotions dikenal juga dengan istilah Marketing Public Relations sebagai suatu proses perencanaan, pelakasanaan dan pengevaluasian program-program yang memungkinkan terjadinya pembelian dan pemuasan konsumen melalui komunikasi yang baik mengenai informasi dari perusahaan terhadap citra merek (Brand Image )terhadap suatu produk tertentu.

TRAINING OBJECTIVE:
1. Peserta diajak berdiskusi terkait dengan trend dalam public relations yang akhirnya terfokus pada kegiatan Media Relations / dibuat dalam istilah baru Marketing Media Relations
2. Peserta diberikan peta perkembangan media termutakhir mulai dari media konvensional sampai dengan media trend (blog, social media, microbloging, dll)
3. Mengajak peserta untuk mempelajari dan diskusi secara mendalam terkait dengan hubungan media dan menyukseskan program promosi perusahaan
4. Mengajak peserta untuk dapat membuat sebuah perencanaan media terkait kegiatan promosi produk, service maupun corporate
5. Peserta akan memahami seluk beluk dapur redaksi, prilaku wartawan, kebutuhan redaksi dan pola pikir redaksi sehingga peserta akan tahu bagaimana menyisipkan pesan promosi melalui kegiatan publisitas / media relations

CAKUPAN MATERI TRAINING:
1. Definisi PR, Marketing PR/Media Relations & Promosi
• Pengertian Public Relations
• Pengertian Marketing Public Relations / Media Relations Vs Promosi
2. Integrated Marketing Communications
• Pengertian Integrated Marketing Communications
• Konsep 360° (360 Degree)
• Posisi PR / Media Relations dalam 360 Degree
3. Media Relations: Theory Vs Fact
• Jenis dan cakupan kegiatan media relations dalam mendukung promosi
• Program Media Relations (Konvensional vs Media Baru)
• Mengemas Pesan Promosi dalam press Statement (release, factsheet, backgrounder, biography)
4. How to create effective media relations program for Effective Promotions
• Program ‘media relations’ untuk promosi yg efektif
• Pemetaan media sesuai kebutuhan ‘promosi’
• Jenis publisitas dan pengaruhnya pada promosi
• Study Case: Media Relations Vs Promotions

SIAPA SEBAIKNYA MENGIKUTI TRAINING INI?:
1. Marketing n communications staff / manager
2. Corporate secretary
3. PR Officer
4. Media Relations staff / manager

TRAINING MATERIAL CONTENT COMPOSITIONS: 40% theory and 60% practice/ Discuss

VENUE : Jakarta (Maxone Hotel Menteng, Balairung Hotel Matraman, Sentral Hotel, Haris Tebet, Gd Muamalat Institute, Ibis Manggadua, Little Amaroossa Residence, Cosmo Amaroossa, Zodiak MT. Haryono, Grand Tjokro)

TRAINING DURATION : 2 days

WAKTU TRAINING :

Januari 2024Februari 2024Maret 2024April 2024
3 – 4 Jan 20245 – 6 Feb 20244 – 5 Mar 20241 – 2 Apr 2024
8 – 9 Jan 202412 – 13 Feb 202412 – 13 Mar 202422 – 23 Apr 2024
15 – 16 Jan 202419 – 20 Feb 202418 – 19 Mar 202429 – 30 Apr 2024
22 – 23 Jan 202426 – 27 Feb 202425 – 26 Mar 2024
29 – 30 Jan 2024
Mei 2024Juni 2024Juli 2024Agustus 2024
6 – 7 Mei 20243 – 4 Juni 20241 – 2 Juli 20245 – 6 Agus 2024
13 – 14 Mei 202410 – 11 Juni 20248 – 9 Juli 202412 – 13 Agus 2024
20 – 21 Mei 202419 – 20 Juni 202415 – 16 Juli 202419 – 20 Agus 2024
27 – 28 Mei 202424 – 25 Juni 202422 – 23 Juli 202426 – 27 Agus 2024
29 – 30 Juli 2024
September 2024Oktober 2024November 2024Desember 2024
2 – 3 Sep 20241 – 2 Okt 20244 – 5 Nov 20242 – 3 Des 2024
9 – 10 Sep 20247 – 8 Okt 202411 – 12 Nov 20249 – 10 Des 2024
16 – 17 Sep 202414 – 15 Okt 202418 – 19 Nov 202416 – 17 Des 2024
23 – 24 Sep 202421 – 22 Okt 202425 – 26 Nov 202423 – 24 Des 2024
28 – 29 Okt 202430 – 31 Des 2024

HARGA INVESTASI/PESERTA :
1. Rp. 4.500.000/peserta (bayar penuh) atau
2. Rp. 4.250.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
3. Rp. 3.950.000/peserta (peserta bergroup yang terdiri dari 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS:
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with Full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
10. Qualified Instructor