MEMBUAT MODEL CUSTOMER DEVELOPMENT (MCD) (MODEL PENGEMBANGAN PELANGGAN)

Training Syllabus:
MEMBUAT MODEL CUSTOMER DEVELOPMENT (MCD) (MODEL PENGEMBANGAN PELANGGAN)

PENDAHULUAN
Training ini adalah pengembangan dari training Business Plan dan training Business Model Canvas (BMC), yang di tahun 2107 menjadi training yang paling sering dilakukan pada banyak lembaga. Selama ini memang paradigma dalam membangun perusahaan baru selalu dengan membuat Business Plan lalu segera dieksekusi. Ini adalah hal yang keliru. Steve Blank, Professor dari UC Berkeley mengatakan “no business plan survive when first contact with customer”. Hal ini karena Business Plan untuk memulai perusahaan baru hanya berisi asumsi-asumsi yang belum tentu sesuai di lapangan. Pembuat Business Plan berpikir bahwa secara ajaib Business Plan akan terwujud bila dieksekusi, namun kenyataannya perusahaan rintisan dan perusahan kecil menengah (UKM), dan UKM rintisan kebanyakan tidak berhasil. Apa sebabnya? Sebabnya adalah para entrepreneur pemula bahkan entrepreneur yang sudah berjalanpun salah dalam menggunakannya. Pelatihan Business Plan sebenarnya lebih tepat digunakan saat perusahaan UKM memerlukan dana dari investor ketika akan melakukan perluasan pasar atau pengembangan produk, dan untuk menyusun target dan strategi operasional dan finansial dalam periode waktu tertentu atau sering disebut dengan “Training UKM Bankable”. Tetapi untuk pengembangan Kinerja UKM adalah dengan pendekatan bahwa entrepreneur harus “mencari” (business model-nya), bukan “mengeksekusi” (business plan-nya), artinya bagaimana caranya para entrepreneur UKM belajar agar customer (Pelanggan) tetap membeli atau menggunakan produknya, meskipun saat promosi berakhir dan model bisnisnya dapat diluaskan cakupan operasionalnya. Membuat dan menjalankan perusahaan (UKM ) itu seperti mengarungi hutan rimba. Untuk memudahkan dalam mengarunginya, seseorang membutuhkan alat bantu seperti kompas, peta, tenda, parang, dan sebagainya. Analogi ini cocok juga untuk seorang entrepreneur UKM dalam membuat dan menjalankan usaha pengembangan perusahaannya. Elemen dan alat-alat bantu entrepreneur ini dapat merubah pola pikir yang tidak percaya dengan rumus klasik “Pokoknya lakukan saja” dan rumus pasti entrepreneur sukses yaitu tekat kuat, panjang akal, waktu tepat, produk hebat, kerja keras, dan kegigihan saja tidak cukup dan tidak serta merta membuahkan keberhasilan. Tetapi juga paham dan termpil menggunakan elemen beserta alat bantunya untuk mendorong agar bisa berhasil dengan cepat. Alat bantunya selain:
1) Business Model Design yaitu aktivitas menggali berbagai kemungkinan pola atau revenue model yang unik dari model bisnis;
2) Customer Development yaitu serangkaian proses validasi untuk membuktikan atau merubah asumsi menjadi fakta. Proses validasi ini ada validasi asumsi masalah-solusi, validasi customer, hingga pivot (banting setir). Customer Development adalah tentang mempertanyakan asumsi bisnis inti UKM. Customer Development adalah suatu kerangka kerja empat langkah untuk menemukan dan memvalidasi bahwa UKM telah mengidentifikasi pasar untuk produk UKM, membangun fitur produk yang tepat yang memecahkan kebutuhan pelanggan, menguji metode yang benar untuk memperoleh dan mengkonversi pelanggan, dan menggunakan sumber daya yang tepat untuk memperbesar skala bisnis.

CAKUPAN MATERI TRAINING:
1. Business Model Design (BMD)
2. Customer Development Model (CDM)

VENUE : Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)

TRAINING DURATION : 2 days

TRAINING TIME :

Januari 2024Februari 2024Maret 2024April 2024
3 – 4 Januari 20245 – 6 Februari 20244 – 5 Maret 20241 – 2 April 2024
8 – 9 Januari 202412 – 13 Februari 202412 – 13 Maret 202422 – 23 April 2024
15 – 16 Januari 202419 – 20 Februari 202418 – 19 Maret 202429 – 30 April 2024
22 – 23 Januari 202426 – 27 Februari 202425 – 26 Maret 2024
29 – 30 Januari 2024
Mei 2024Juni 2024Juli 2024Agustus 2024
6 – 7 Mei 20243 – 4 Juni 20241 – 2 Juli 20245 – 6 Agustus 2024
13 – 14 Mei 202410 – 11 Juni 20248 – 9 Juli 202412 – 13 Agustus 2024
20 – 21 Mei 202419 – 20 Juni 202415 – 16 Juli 202419 – 20 Agustus 2024
27 – 28 Mei 202424 – 25 Juni 202422 – 23 Juli 202426 – 27 Agustus 2024
29 – 30 Juli 2024
September 2024Oktober 2024November 2024Desember 2024
2 – 3 September 20241 – 2 Oktober 20244 – 5 November 20242 – 3 Desember 2024
9 – 10 September 20247 – 8 Oktober 202411 – 12 November 20249 – 10 Desember 2024
16 – 17 September 202414 – 15 Oktober 202418 – 19 November 202416 – 17 Desember 2024
23 – 24 September 202421 – 22 Oktober 202425 – 26 November 202423 – 24 Desember 2024
28 – 29 Oktober 202430 – 31 Desember 2024

INVESTMENT PRICE/PERSON :
1. Rp. 4.500.000/person (full fare) or
2. Rp. 4.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
3. Rp. 3.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS:
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with Full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
10. Qualified Instructor