MEMBANGUN ALIANSI STRATEGIS ANTAR PELAKU UMKM MELALUI PENYADARAN DAN PENGORGANISASIAN MODAL SOSIAL

Training Syllabus:
MEMBANGUN ALIANSI STRATEGIS ANTAR PELAKU UMKM MELALUI PENYADARAN DAN PENGORGANISASIAN MODAL SOSIAL

PENDAHULUAN
Pada saat ini kecenderungan UMKM dalam meningkatkan keunggulan kompetitifnya adalah secara bersama-sama mencari sumber-sumber baru pengetahuan, teknologi, dan keterampilan yang dapat membawa pada pembentukan struktur baru terhadap usahanya. Salah satu strategi dalam meningkatkan keunggulan kompetitif adalah membentuk aliansi antara UMKM, kompetitor atau dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki karakteristik dan tujuan yang sama, dan/atau memiliki kemiripan-kemiripan lainnya. Untuk memenangi persaingan global, UMKM dapat berkolaborasi dengan kompetitornya dalam memperkuat posisi pasar. Aliansi strategis memerlukan masing-masing UMKM membangun Modal sosial. Modal sosial sangat diperlukan dalam meningkatkan kinerja aliansi strategis. Modal sosial merupakan faktor yang signifikan untuk pengembangan UMKM karena dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas perusahaan, berdasarkan kepercayaan, kredibilitas, reputasi dan pertukaran informasi secara pribadi yang dapat berkontribusi bagi UMKM. Modal sosial pada dasarnya terkait erat dengan hubungan antara individu, norma dan kepercayaan yang memudahkan koordinasi dan kerjasama yang saling menguntungkan. Bentuk dari keberadaan modal sosial tersebut adalah adanya kepercayaan, networking, relasi sosial dan relasi ekonomi. Relasi sosial akan memungkinkan para wirausaha dapat melakukan, memelihara dan memperluas akses terhadap sumber-sumber ekonomi serta menggunakan sumber ekonomi tersebut untuk meningkatkan produktivitasnya. Pengembangan modal sosial merupakan salah satu alternatif dalam menyiasati pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu untuk pengembangan UMKM diperlukan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kemampuan modal sosial UMKM.

CAKUPAN MATERI TRAINING
1. Test, Mengukur Pemahaman Modal Sosial pada Peserta.
2. Peran Penting Modal Sosial Bagi Kesejahteraan UMKM
3. Pembentukan Sikap Dalam Beraliansi Strategis melalui Modal Sosial
4. Memahami Pengertian “Norma Beraliansi”
5. Merumuskan Norma Beraliansi.
6. Jejaring Sosial
7. Merumuskan Komitmen Aliansi.

VENUE : Yogyakarta (Ibis Styles Hotel/ Ibis Malioboro Hotel/ Jambuluwuk Hotel/ Cavinton Hotel/ Grand Zuri Hotel, dll)

TRAINING DURATION : 2 days

TRAINING TIME :

Januari 2024 Februari 2024 Maret 2024 April 2024
3 – 4 Januari 2024 5 – 6 Februari 2024 4 – 5 Maret 2024 1 – 2 April 2024
8 – 9 Januari 2024 12 – 13 Februari 2024 12 – 13 Maret 2024 22 – 23 April 2024
15 – 16 Januari 2024 19 – 20 Februari 2024 18 – 19 Maret 2024 29 – 30 April 2024
22 – 23 Januari 2024 26 – 27 Februari 2024 25 – 26 Maret 2024
29 – 30 Januari 2024
Mei 2024 Juni 2024 Juli 2024 Agustus 2024
6 – 7 Mei 2024 3 – 4 Juni 2024 1 – 2 Juli 2024 5 – 6 Agustus 2024
13 – 14 Mei 2024 10 – 11 Juni 2024 8 – 9 Juli 2024 12 – 13 Agustus 2024
20 – 21 Mei 2024 19 – 20 Juni 2024 15 – 16 Juli 2024 19 – 20 Agustus 2024
27 – 28 Mei 2024 24 – 25 Juni 2024 22 – 23 Juli 2024 26 – 27 Agustus 2024
29 – 30 Juli 2024
September 2024 Oktober 2024 November 2024 Desember 2024
2 – 3 September 2024 1 – 2 Oktober 2024 4 – 5 November 2024 2 – 3 Desember 2024
9 – 10 September 2024 7 – 8 Oktober 2024 11 – 12 November 2024 9 – 10 Desember 2024
16 – 17 September 2024 14 – 15 Oktober 2024 18 – 19 November 2024 16 – 17 Desember 2024
23 – 24 September 2024 21 – 22 Oktober 2024 25 – 26 November 2024 23 – 24 Desember 2024
28 – 29 Oktober 2024 30 – 31 Desember 2024

INVESTMENT PRICE/PERSON :
1. Rp. 4.500.000/person (full fare) or
2. Rp. 4.250.000/person (early bird, payment 1 week before training) or
3. Rp. 3.950.000/person (if there are 3 persons or more from the same company)

FACILITIES FOR PARTICIPANTS:
1. Training Module
2. Flash Disk contains training material
3. Certificate
4. Stationeries: NoteBook and Ballpoint
5. T-Shirt
6. Backpack
7. Training Photo
8. Training room with Full AC facilities and multimedia
9. Lunch and twice coffeebreak every day of training
10. Qualified Instructor